Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa itu Pulp? Berikut Pengertian Pulp dan Arti Pulp



Apa itu Pulp? Berikut Pengertian Pulp dan Arti Pulp


Mungkin kita sering mendengar kata ini dalam keseharian kita. Baik itu dalam kegiatan formal maupun informal. Mungkin bahkan kita sendiri juga sering menggunakannya. Tetapi apakah kita mengetahui pengertian Pulp itu sendiri? Dan apa arti Pulp? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan mencoba membahas apa itu Pulp dan berbagai penjelasan yang berkaitan dengan kata tersebut. Yuk kita simak pembahasan berikut ini sampai habis.


Pengertian


Menurut Kamus Bahasa Indonesia, kata ini memiliki beberapa makna.


Yang pertama pengertian Pulp adalah “Daging buah biji”.


Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah “saya diberi nasehat oleh teman bahwa lebih baik kita membuat jus beserta pulp dari buahnya secara keseluruhan”. Arti dari kalimat tersebut adalah “saya” dalam kalimat tersebut mendapat nasehat dari temannya bahwa lebih baik membuat jus beserta daging buah biji dari buahnya secara keseluruhan


Yang kedua pengertian pulp adalah “ campuran bahan selulosa, seperti kayu, kertas, kain bekas yang dilumatkan dan dimasukkan ke dalam air untuk membuat kertas; bubur kertas;”


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian pulp yang kedua diatas adalah sebagai berikut “Perusahaan kertas di Indonesia harus berani membuat formula pulp secara mandiri yang memiliki kualitas yang berstandar International”. Arti dari kalimat tersebut adalah perusahan kertas di Indonesia harus berani membuat formula campuran bahan selulosa sebagai bahan pembuatan kertas secara mandiri yang memiliki kualitas yang berstandar International.


Selain pengertian yang sesuai Kamus bahasa indonesia diatas, terdapat istilah dalam dunia kedokteran yang dinamakan Pulp dentis, pengertian pulp dentis ini adalah “bagian tengah yang lunak dan mengandung darah pada gigi” atau dalam ragam cakapan lain yaitu “saraf gigi”.


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian pulp dentis adalah “Para dokter gigi pada abad 21 ini memiliki peralatan yang lebih baik dalam menangani masalah pulp dentis ada pasien dibandingkan beberapa abad yang lalu”


Pembahasan Lanjutan


Terdapat beberapa istilah lain terkait pengertian pulp tergantung dari penggunaannya dalam kalimat dan konteks kalimatnya.


Dissolving Pulp (dissolving cellulose) atau pulp yang dilarutkan adalah suatu proses kimiawi dari pulp kayu untuk memutihkan/mencerahkan warnanya atau dari katun yang memiliki kadar selulosa tinggi diatas 90 persen. Pulp ini memiliki kandungan yang spesial termasuk kadar kecerahan yang tinggi serta distribusi berat molekul yang seragam


Molded pulp atau cetakan pulp adalah material yang digunakan untuk mengemas biasanya berbahan kardus daur ulang atau koran daur ulang yang setelah dicetak digunakan sebagai pelindung barang didalam yang dikemas atau sebagai tempat pengemasan dalam industri jasa makanan.


Pulp ore adalah suatu campuran bijih yang ditumbuk halus, air, dan bahan kimia yang digunakan dalam proses flotasi buih untuk pemrosesan mineral.


Beet pulp merupakan hasil samping dari pengolahan gula bit yang digunakan sebagai pakan kuda dan ternak lainnya. Daging bit adalah bahan berserat yang tersisa setelah gula diekstraksi dari gula bit. Ini diberikan baik sebagai serpihan kering atau sebagai pelet terkompresi, tetapi ketika diumpankan ke kuda itu harus selalu direndam dalam air terlebih dahulu.


Industri Pulp adalah Industri terdiri dari perusahaan yang menggunakan kayu sebagai bahan baku dan memproduksi pulp, kertas, kertas karton dan produk berbahan dasar selulosa lainnya. Pulp diumpankan ke mesin kertas yang kemudian dibentuk sebagai jaring kertas dan air dikeluarkan darinya dengan menekan dan mengeringkan. Menekan lembaran menghilangkan air dengan paksa. Setelah air dipaksa keluar dari seprai, jenis kain kempa khusus, yang jangan disamakan dengan yang tradisional, digunakan untuk mengumpulkan air. Sedangkan saat membuat kertas dengan tangan, digunakan lembaran blotter.


Penutup


Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pengertian Pulp dan apa itu Pulp menurut kamus besar bahasa indonesia. Mudah mudahan artikel diatas dapat menjadi referensi ilmu yang bermanfaat, berguna dan dapat menambah wawasan kita. Jangan lupa untuk membagikan artikel diatas jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih. 


Sumber : 


KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia)

https://en.wikipedia.org/wiki/Pulp


Posting Komentar untuk "Apa itu Pulp? Berikut Pengertian Pulp dan Arti Pulp"