Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa itu lunak? Berikut Pengertian lunak dan Arti lunak



Apa itu lunak? Berikut Pengertian lunak dan Arti lunak


Mungkin Kita sering mendengar kata ini baik dari pembicaraan sehari hari atau melalui kesempatan lainnya, tetapi apa arti dari kata ini? Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian lunak dan berbagai macam kata yang melingkupinya menurut kamus bahasa indonesia, dan arti kata lunak serta contoh penggunaan kata lunak dalam kalimat.


Pengertian 


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau disingkat KBBI, kata ini memiliki beberapa arti.


Yang pertama pengertian lunak adalah “lembut; empuk”


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian pertama ini adalah “Kata dokter saya hanya boleh memakan makanan yang lunak karena penyakit yang saya alami”. Arti dari kalimat tersebut adalah “saya” memberitahu bahwa kata dokter “saya” hanya boleh memakan makanan yang lembut atau empuk 


Yang Kedua pengertian lunak adalah “tidak lekas marah; sabar; tidak terlampau keras mempertahankan pendiriannya dan sebagainya”


Pengertian lunak yang kedua ini biasanya merupakan kata kiasan. Contoh kalimat yang menggunakan kata lunak yang kedua ini adalah “Para polisi diharapkan tidak bersikap lunak terhadap para pelanggar lalu lintas yang membahayakan”


Yang Ketiga pengertian lunak adalah “reda”


Kata Lunak sendiri merupakan kata adjektiva atau kata sifat yang menjelaskan kata benda/nomina atau pronomina.


Kata turunan


Beberapa kata turunan yang berasal dari kata lunak diantaranya adalah : Melunak, Melunakkan, Memperlunak, Pelunak, Pelunakan, Kelunakan


Pengertian Melunak adalah “menjadi lunak; menjadi lembut (hati, sikap, dan sebagainya”. Contoh kalimat nya adalah “Dara marah kepada Andi namun lambat laun mulai melunak setelah Andi meminta maaf”


Pengertian Melunaki adalah “memperlakukan dengan lunak (sabar, halus, dan sebagainya); membujuki”


Pengertian melunakkan adalah “melembutkan; mengempukkan (makanan dan sebagainya); atau melembutkan (hati, suara); meredakan atau menenangkan (perasaan);”


Pengertian Memperlunak adalah “Menjadikan Lebih lembut”


Pengertian Pelunak adalah “ resin dalam air kolam untuk mengurangi kesadahan air yang dialirkan ke dalam kolam itu” biasanya kata ini dipakai dalam konteks kimia


Pengertian pelunakan adalah “proses, cara, perbuatan melunakkan”


Pengertian Kelunakan adalah “kelembutan”



Penutup


Demikian lah artikel tentang pengertian arti lunak, bedasarkan kamus besar bahasa indonesia, contoh kalimatnya, serta berbagai istilah lainnya yang melingkupi kata Lunak. Semoga artikel ini bisa memberikan pemahaman dan informasi yang berguna bagi teman teman semua. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.


Sumber : 


KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) https://kbbi.web.id/


Posting Komentar untuk "Apa itu lunak? Berikut Pengertian lunak dan Arti lunak"