Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa itu Anjir? Berikut Pengertian Anjir dan Arti Anjir



Apa itu Anjir? Berikut Pengertian Anjir dan Arti Anjir


Mungkin kita sering mendengar beberapa orang menyebut kata ini. Baik dalam percakapan kita sehari hari dengan teman atau dengan saudara. Biasanya kata ini digunakan oleh beberapa anak muda sebagai bentuk kata ekspresi atas sesuatu yang terjadi. Tetapi benarkah seperti itu? Apa itu anjir menurut kamus dan apa maknanya? Apa penggunaan kata anjir pada zaman ini telah membuat kata ini memiliki pergeseran makna?


Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan mencoba menggali pengertian anjir dan arti anjir menurut kamus besar bahasa. Yuk kita simak penjelasan berikut ini:


Pengertian Anjir


Menurut kamus besar bahasa indonesia, kata ini memiliki 2 makna.


Yang pertama pengertian anjir adalah “terusan; saluran (air); kanal”


Dalam contoh kalimatnya berikut penggunaan katanya. “Anjir yang dibangun tahun lalu itu tidak dapat digunakan lagi karena rusak akibat gempa”. Arti dari kalimat tersebut adalah terusan atau saluran air yang dibangun tahun lalu itu tidak dapat digunakan lagi karena rusak akibat gempa


Yang kedua pengertian anjir adalah “Pohon (Facus carica)”. Kata ini merupakan kata benda parsi.


Perubahan Makna


Mungkin kita semua tidak menyangka ternyata pengertian anjir adalah sebagaimana dijelaskan diatas. Terlebih lagi beberapa oang memang menggunakan kata ini tetapi menggunakan makna yang berbeda.


Salah satu teori yang ada mengenai asal mula kata ini adalah sebagai  “bentuk halus” untuk penyebutan (maaf) Anjing. Kata anjing disini digunakan sebagai salah satu kata yang terucap saat seseorang kaget, tidak percaya atau merasa sial dan sebagainya. Seperti contoh kalimatnya “ (maaf) Anjing, semalam gue tidak ngerjakan PR”


Penggunaan kata Anjing yang terlalu kasar untuk sebagian orang sehingga kata ini berubah atau dikurangi beberapa hurufnya agar tidak terkesan kasar saat diucapkan secara keras didepan umum. Mungkin karena norma adat setempat atau budaya masyarakat Indonesia yang cenderung menempatkan moral atau akhlak pada tingkat yang tinggi. Untuk itu kata Anjing menjadi kata Anjir. 


Perubahan kata tersebut juga bisa menjadi Anjrit, Anjay, Anjas dan sebagainya.


Penutup


Demikian lah artikel tentang pengertian anjir dan arti kata anjir, bedasarkan kbbi atau kamus besar bahasa indonesia, contoh kalimatnya, serta berbagai istilah lainnya yang melingkupi kata Anjir. Semoga artikel ini bisa memberikan pemahaman dan informasi yang berguna bagi teman teman semua. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.


Sumber referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Posting Komentar untuk " Apa itu Anjir? Berikut Pengertian Anjir dan Arti Anjir"