Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Keuntungan Usaha Patungan


Keuntungan Usaha Patungan


Apa itu usaha patungan atau Joint Venture (JV)?

Salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan Anda dalam bisnis Anda adalah dengan mengadakan usaha patungan strategis dengan satu atau lebih pemilik bisnis untuk proyek atau aktivitas bisnis tertentu. Biasanya, usaha patungan bukanlah bisnis permanen jangka panjang, meski bisa jadi. Sering kali, ini adalah waktu singkat untuk bekerja sama menuju pencapaian tujuan bersama.


1. Beberapa ide usaha patungan yang umum meliputi:

1) Proyek - Ini adalah jenis JV yang paling dikenal orang. Menyatukan individu yang berpikiran sama untuk mempresentasikan satu topik kepada audiens bersama yang diundang masing-masing dari daftar mereka sendiri adalah contoh yang sangat baik dari jenis usaha patungan ini. Ini didasarkan pada satu proyek pada satu waktu dan tidak sedang berlangsung.


2) Fungsional - Dalam jenis usaha patungan ini, Anda setuju untuk bekerja sama berdasarkan keahlian Anda. Misalnya, Anda memiliki plugin yang telah Anda buat untuk pasar tertentu. Anda tidak memiliki dana untuk menyebarkan berita, tetapi Anda mengenal seseorang yang bekerja dengan audiens tersebut yang dapat Anda ajak kerja sama untuk menyebarkan berita, karena mereka memiliki modal dan koneksi.


3) Vertikal - JV jenis ini adalah perjanjian di mana mitra JV hanya setuju untuk membeli dan menjual satu sama lain. Misalnya, beberapa asisten virtual membentuk JV bersama-sama untuk melayani klien berdasarkan masing-masing rangkaian keahlian induvial. Satu membangun situs web, satu membuat grafik, satu membuat konten, dan satu menangani masalah teknologi terkait hosting. Tetapi mereka semua mempertahankan entitas bisnis mereka sendiri dan menagih klien secara terpisah.


4) Horizontal - Afiliasi sering kali cocok dengan jenis JV ini. Setiap mitra JV setuju untuk menjual produk dan layanan JV lainnya, biasanya dengan potongan harga. Jenis JV ini biasanya lebih berkelanjutan; JV yang terlibat tidak saling mengenal dan bisnis pusat mungkin bahkan tidak mengenal afiliasi tersebut secara pribadi, tetapi ada kontrak saat afiliasi mendaftar. Menggunakan influencer juga bisa dikategorikan di sini.


Terkadang JV dapat dihasilkan dari tujuan yang sama dan keinginan untuk bekerja sama untuk berkontribusi pada tujuan bersama tersebut, seperti acara penggalangan dana atau konferensi (online atau offline) yang memiliki banyak pembicara dan presenter yang bekerja bersama untuk berbicara dengan audiens yang sama tentang solusi mereka.


Meskipun sebagian besar JV bersifat jangka pendek, mereka dapat bekerja terus menerus. Dalam hal ini, Anda pasti menginginkan kontrak yang menjelaskan tanggung jawab dan tugas semua orang untuk membuat JV berhasil bagi semua pihak yang terlibat. Baik untuk proyek jangka panjang atau pendek, kedua bisnis tetap menjadi entitas yang terpisah selain dari satu proyek atau tujuan di mana mereka berbagi pengeluaran dan pendapatan.


Alasan utama memulai usaha patungan adalah untuk berbagi sumber daya. Saat Anda bekerja sama, Anda masing-masing membawa sumber daya Anda sendiri ke meja. Sumber daya termasuk audiens Anda, daftar email, keterampilan, keahlian, uang, dan banyak lagi. Ada kasus-kasus di mana seseorang mungkin memiliki lebih dari sesuatu yang lain, tetapi semuanya seimbang pada akhirnya.


Ketika Anda memulai usaha patungan, Anda berdua mendapatkan sumber daya dan keahlian, dan uang Anda akan bertambah karena itu. Plus, Anda akhirnya akan menghasilkan lebih banyak uang. Saat membentuk usaha patungan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memunculkan ide Anda sendiri, lalu mendekati mereka yang mungkin ingin bekerja sama dengan Anda. Jadikan mengatakan ya tidak perlu dipikirkan dengan melakukan sebagian besar persiapan dan bekerja untuk mereka.


Selalu buat kontrak. Tidak harus rumit. Anda cukup membuat kontrak satu halaman yang menjelaskan pembagian kerja, pembayaran, dan semua yang ingin Anda capai dengan JV. Semakin spesifik persetujuan Anda, semakin baik.


Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa usaha patungan, meskipun kadang-kadang disebut kemitraan JV atau mitra JV, sebenarnya bukan "kemitraan" dalam pengertian bisnis. Anda memisahkan bisnis Anda, membayar pajak hanya pada bagian keuntungan Anda, dan melacak pengeluaran Anda sendiri.


Jadi, bagaimana Anda menemukan mitra usaha patungan? Berikut Penjelasannya

2. Pencarian mitra usaha patungan: Menemukan yang tepat


Jika Anda ingin menemukan mitra yang benar-benar cocok dengan Anda, itu tergantung pada jaringan koneksi yang telah Anda bangun. Seringkali yang terbaik adalah menemukan seseorang untuk bekerja yang Anda tahu memiliki etika yang baik, daftar email yang luar biasa, dan yang melayani audiens yang sama atau serupa dengan Anda dengan cara yang saling melengkapi.


Artinya, mereka sebenarnya bukan pesaing langsung Anda, tetapi mereka menawarkan sesuatu kepada pemirsa yang sama seperti Anda. Itu akan membuat JV berfungsi lebih baik dan memudahkan Anda untuk menemukannya.


Untuk menemukan partner JV yang tepat, ikuti tips berikut.


Jaringan dengan Benar


Ketika Anda berjejaring untuk menemukan lebih banyak anggota audiens, itu berbeda dari berjejaring untuk menemukan kolega. Dalam kasus ini, Anda perlu membangun jaringan dengan orang-orang yang mungkin tampak seperti pesaing Anda. Misalnya, jika Anda seorang pelatih kehidupan dan Anda ingin menemukan beberapa pelatih kehidupan yang melayani audiens serupa seperti yang Anda lakukan untuk mengadakan konferensi beberapa hari untuk audiens tersebut, Anda harus menemukan tempat-tempat di mana para pelatih ini bergaul.


Siapkan Ide Anda


Akan sangat membantu jika Anda sudah menyiapkan kemitraan JV - termasuk kontrak Anda, apa yang ingin Anda capai, dan semua aspek lainnya sebelum meminta seseorang untuk bekerja dengan Anda sebagai mitra JV. Alasan utamanya adalah jika Anda menyiapkannya, lebih banyak orang berkekuatan tinggi dengan daftar besar ingin bekerja sama dengan Anda karena itu lebih sedikit pekerjaan yang mereka lakukan.


Jadilah Sebagus yang Anda Inginkan


Berikan contoh yang baik dengan memastikan akun media sosial Anda sendiri, situs web, dan sebagainya benar-benar mewakili merek Anda dengan baik. Anda ingin tampil menjadi mitra bisnis yang baik, jujur, transparan, dan disukai oleh audiens mereka.


Coba Proyek Kecil Dulu


Misalnya, jika Anda berharap suatu hari nanti akan ada konferensi multi-hari online dengan dua belas pembicara pelatih kehidupan dan mitra JV yang berpartisipasi, mintalah orang yang ingin Anda ajak bekerja sama untuk berkontribusi pada buku JV bersama. Kemudian Anda dapat mengetahui apakah mereka semua melakukan apa yang mereka katakan dalam hal berbagi dengan daftar mereka dan mempromosikannya.


Ini membantu untuk memikirkan keseluruhan proyek JV terlebih dahulu sehingga Anda dapat menarik orang yang tepat. Selain itu, jadilah anggota komunitas yang baik di semua grup kolega Anda sehingga jika ada orang di sana yang ingin memulai kemitraan JV dan memiliki rencana, Anda mungkin akan diundang untuk berpartisipasi dalam salah satu yang telah dirancang orang lain.


Setelah Anda menemukan mitra JV, inilah saatnya membuat kesepakatan yang tepat di antara Anda.



3. Perjanjian mitra usaha patungan


Saat Anda akhirnya memutuskan untuk membuat Usaha Patungan dengan satu orang atau lebih, penting untuk membuat kontrak atau perjanjian tertulis dengan peserta lain. Perjanjian tersebut harus menjelaskan manfaat, hak, dan tanggung jawab masing-masing pihak sehingga semua orang tahu apa yang harus dilakukan, kapan, dan bagaimana.


Untuk membuat perjanjian Usaha Patungan, pertimbangkan semua hal berikut:


* Sertakan Nama Semua Orang dan Badan Usaha dalam Kontrak - Siapa pun yang berpartisipasi harus dicantumkan, termasuk semua info bisnis, info kontak, dan sebagainya.


* Identifikasi Tujuan Joint Venture - Apa gunanya semua ini, dan apa yang Anda harapkan darinya? Misalnya, jika Anda berpartisipasi dalam buku bersama, konferensi, penggalangan dana, pembuatan produk, dll., Sebutkan semuanya.


* Identifikasi Cakupan Usaha Patungan - Setelah Anda menemukan mitra Anda, sekarang saatnya menjelaskan ruang lingkup perjanjian. Pastikan Anda menjelaskan semua yang seharusnya terjadi.


* Identifikasi Aspek Keuangan Usaha Patungan - Siapa yang bertanggung jawab atas pengeluaran, bagaimana pendapatan akan ditangani, dan setiap aspek uang yang perlu ditambahkan? Jawab semua pertanyaan itu sehingga ketika Anda tidak yakin, Anda dapat melihat area perjanjian itu untuk mengetahuinya.


* Identifikasi Tugas, Hak, dan Tanggung Jawab Setiap Mitra Usaha Patungan - Jelaskan untuk setiap orang atau entitas yang mengambil bagian dalam Usaha Patungan apa yang seharusnya mereka lakukan, dengan jadwal dan tenggat waktu sehingga setiap orang dapat memulai dengan cepat.


* Sertakan Bagian Berikut dalam Perjanjian Usaha Patungan Anda - Pendahuluan, definisi, tujuan bisnis dari usaha, bagaimana Usaha Patungan diatur, bagaimana setiap orang akan berkontribusi, bagaimana keuntungan ditentukan, bagaimana perselisihan akan diselesaikan, dan bagaimana Anda keluar dari Usaha Patungan, dan lain sebagainya.


Pada dasarnya, perjanjian Usaha Patungan Anda akan merangkum setiap pertanyaan dan jawaban yang muncul di benak Anda tentang usaha patungan tersebut. Jika Anda mengajukan pertanyaan, taruh dalam perjanjian sehingga Anda semua memiliki dokumen panduan untuk mencari masalah atau isu apa pun. Meskipun Anda memilih untuk bekerja sama dengan sahabat Anda selama 40 tahun, Anda harus membuat kesepakatan secara tertulis. Ini akan menyelamatkan bisnis dan persahabatan Anda serta menjaga semuanya tetap teratur.


Lain kali, kita akan melihat masalah pajak yang terlibat dalam usaha patungan.


4. Usaha patungan dan pajak


Dalam hal membentuk usaha patungan, salah satu alasan orang melakukannya adalah karena mereka tidak ingin memulai entitas bisnis baru untuk proyek tersebut. Saat Anda membentuk kemitraan Usaha Patungan, Anda sebenarnya bukanlah mitra dalam arti kemitraan bisnis; Anda hanya mitra dalam hal satu proyek yang Anda kerjakan bersama.


Meskipun kemitraan dan usaha patungan tampaknya memiliki banyak kesamaan, ada juga perbedaan yang perlu dipertimbangkan yang dapat memengaruhi situasi perpajakan Anda. Pastikan Anda mengetahui hal ini sebelum melanjutkan dengan kemitraan usaha patungan. Secara umum, Usaha Patungan jauh lebih terbatas daripada kemitraan bisnis penuh, dan Usaha Patungan tidak dipandang sama dalam hal pajak dan kewajiban pribadi.


Masalah yang Perlu Dipertimbangkan


Dalam kemitraan nyata di mana kemitraan merupakan entitas bisnis yang terpisah, terdapat perlindungan dari kewajiban yang mungkin tidak Anda sadari. Misalnya, jika Anda membentuk LLC atau INC untuk usaha patungan, sekarang bisnis tersebut terpisah dan akan diperlakukan seperti itu.


Setiap mitra akan mengklaim pendapatan mereka atas pajak pribadi mereka, dan perusahaan akan membayar pajak secara terpisah atas keuntungan mereka. Jika mereka digugat, korporasi adalah satu-satunya yang akan menerima pukulan karena melindungi keuangan pribadi.


Dengan perjanjian usaha patungan di mana tidak ada entitas bisnis terpisah yang dibentuk untuk tujuan Usaha Patungan, Anda dapat membuka diri untuk tanggung jawab dari tuntutan hukum kecuali jika entitas bisnis Anda adalah penandatangan perjanjian Usaha Patungan dan juga merupakan perusahaan atau LLC dengan perlindungan tersebut.


Menurut IRS, usaha patungan dapat dianggap sebagai kemitraan karena alasan pajak, tetapi jika ada pertanyaan, mereka akan melihat persetujuan Anda untuk menentukan cara kerja yang sebenarnya. Inilah alasan lain mengapa kesepakatan tertulis sangat diperlukan.


Salah satu cara untuk menghindari masalah adalah dengan memastikan bahwa Anda telah menjelaskan masalah keuangan dengan sangat jelas dalam perjanjian Anda. Misalnya, jika Anda membayar karyawan atau kontraktor untuk pekerjaan di Usaha Patungan, kemungkinan besar IRS akan menentukan bahwa Anda adalah kemitraan jika muncul pertanyaan. Jika Anda melakukan pekerjaan itu sendiri, mereka akan menganggapnya sebagai kontribusi modal ke Usaha Patungan. Jika perjanjian Usaha Patungan Anda secara khusus menyebutkan kontribusi modal, pengeluaran Usaha Patungan, dan berapa banyak tanggung jawab masing-masing, itu akan berjalan lebih lancar jika Anda berakhir di pengadilan pajak.


Faktor-faktor yang dapat membuat perbedaan dalam pajak adalah:


* Kesepakatan yang Anda buat dan apa yang Anda sebutkan dalam hal tugas, hak, dan tanggung jawab.

* Kontribusi yang diberikan masing-masing pihak pada usaha patungan dalam hal uang, waktu, sumber daya, dan keterampilan.

* Kontrol atas modal, pendapatan, dan biaya ditunjukkan. Siapa yang mengontrol uang dan siapa yang dapat melakukan penarikan?

* Bagaimana dan siapa yang menyimpan buku dan apakah uang tercampur atau tidak.

* Bagaimana Anda menampilkan diri Anda kepada orang lain dan otoritas perpajakan.


Jika Anda memisahkan semuanya, memiliki perusahaan sendiri untuk bisnis pribadi Anda, dan mengembangkan serta menandatangani perjanjian Usaha Patungan yang menjelaskan semua hal ini, Anda cenderung tidak akan mengalami masalah dengan otoritas perpajakan terkait pendapatan Anda. Intinya, jangan mencampurkan dana, dan pastikan Anda tidak melewati batas menjadi entitas yang terpisah. Dengan cara ini, Anda cukup menyatakan penghasilan pribadi Anda dan mitra Usaha Patungan Anda akan mengklaim penghasilan mereka.


Lain kali, lihat tips tentang cara meminimalkan pengeluaran Anda dalam kemitraan Usaha Patungan.


5. Kemitraan usaha patungan: Minimalkan pengeluaran Anda


Meminimalkan pengeluaran Anda harus menjadi tujuan dari setiap bisnis di luar sana. Tidak ada alasan untuk menghabiskan banyak uang saat Anda tidak perlu melakukannya. Untuk pemilik bisnis yang memiliki modal terbatas, usaha patungan dapat menghemat uang dan membantu Anda membangun bisnis lebih cepat dengan memberi Anda akses ke sumber daya orang lain.


Ada banyak cara untuk meminimalkan pengeluaran dalam kemitraan usaha patungan yang mungkin belum Anda pertimbangkan.


Temukan Mitra Teknologi


Apakah Anda ingin memulai situs keanggotaan yang memberi anggota akses ke sumber daya yang dibuat oleh beberapa mitra Usaha Patungan yang melayani pemirsa yang sama? Namun, Anda kekurangan dana, dan tidak punya uang untuk membayar pengembangan situs keanggotaan dari sudut pandang teknologi, Anda juga tidak memiliki keterampilan teknis untuk melakukannya sendiri.


Jangan khawatir, karena jika Anda memiliki hal lain untuk ditawarkan seperti waktu dan keterampilan Anda, Anda dapat menemukan mitra teknologi yang sudah memiliki teknologi yang tepat untuk digunakan dan sudah memiliki keterampilan (baik dari mereka atau dari kontraktor atau karyawan) yang mereka dapat berkontribusi pada gagasan tersebut. Anda hanya perlu menyajikan apa yang ada di dalamnya untuk mereka, sehingga mereka merasa perdagangan itu adil.

 

Temukan Mitra Uang


Dengan cara yang sama Anda dapat menemukan mitra yang akan menyumbangkan teknologi atau keterampilan teknologi untuk sebuah proyek, Anda juga dapat menemukan mereka yang memiliki uang untuk diinvestasikan tetapi tidak ingin menghabiskan waktu mereka.


Jika Anda dapat membuktikan kepada money partner bahwa Usaha Patungan Anda akan menghasilkan imbalan uang, sering kali orang yang memiliki uang dengan senang hati akan berkontribusi selama Anda membuatnya mudah bagi mereka untuk melakukannya dan penawaran Anda terus naik. Anda memang membutuhkan kredibilitas jalanan dan reputasi yang baik untuk dapat membujuk seseorang untuk melakukan ini, tetapi itu sangat mungkin.


Temukan Lebih Banyak Mitra


Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah mendapatkan lebih banyak mitra dengan berbagai kontribusi. Misalnya, mungkin Anda memiliki orang uang, teknisi, dan asisten virtual yang dapat melakukan semua hal kesekretariatan atau administrasi untuk menjaga Usaha Patungan tetap berjalan. Masing-masing menyumbangkan keahlian, sumber daya, dan daftar mereka untuk upaya bersama, yang mengurangi kontribusi individu Anda dalam segala hal, termasuk secara moneter.


Kontribusi Grup


Salah satu cara untuk membentuk usaha patungan adalah dengan menawarkan kesempatan kontribusi modal kepada setiap peserta. Ini adalah investasi awal untuk layanan atau uang yang tidak dapat dilampaui, berdasarkan persentase pembayaran yang diterima masing-masing dari usaha tersebut. Jika sebuah ide akan menelan biaya $ 10.000 untuk diterapkan dan Anda dapat menemukan lima mitra untuk berkontribusi secara setara, itu akan menghasilkan uang yang jauh lebih sedikit untuk setiap orang, tetapi Anda mungkin ingin membatasi apa yang dapat diinvestasikan masing-masing dalam uang dan meningkatkan apa yang masing-masing dapat lakukan. berinvestasi dalam waktu dan layanan.


Dapatkan Perjanjian Ditandatangani


Jelaskan semuanya dalam perjanjian. Buat daftar semua orang yang terlibat, info kontak mereka, kontribusinya, ekspektasi pembayaran, dan sebagainya. Buat daftar semua tugas untuk masing-masing, dengan sangat spesifik sehingga ketika ada masalah, Anda dapat melihat kesepakatannya. Semakin detail Anda, semakin baik. Kemudian, pastikan setiap mitra Usaha Patungan menandatangani perjanjian tersebut.


Setelah Anda memiliki kesepakatan, patuhi itu. Jika Anda telah membuat rencana yang baik, biasanya Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang jika Anda telah memenuhi setiap kebutuhan dalam perjanjian dan rencana Anda. Selalu perhatikan buku-bukunya juga; dengan begitu Anda selalu menyadari apa yang terjadi dengan uang itu dan bagaimana kontrak Anda bertahan.


Lain kali, kita akan membahas tentang cara berbagi data dengan mitra Usaha Patungan Anda.


6. Mengatur dan berbagi data bermanfaat dengan mitra usaha patungan Anda


Setelah Anda memulai usaha patungan, berbagi data yang dihasilkan dari upaya Anda sangat penting untuk memastikan kesuksesan - sama seperti bisnis lainnya. Ini paling baik diatur sebagai bagian dari kontrak Anda di bawah tata kelola kontrak. Penting untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas titik data mana, dan titik data mana yang akan Anda pantau untuk Usaha Patungan.


Seperti yang Anda ketahui, Anda tidak dapat mengelola semua jenis data yang tidak dapat Anda miliki. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan anggota metrik tim Usaha Patungan untuk mengikuti dengan akses untuk menganalisis data tersebut. Saat menggunakan aset bersama, Anda mungkin ingin membuat laporan secara teratur untuk semua poin kontak yang ingin Anda lacak, atau Anda mungkin ingin memastikan bahwa orang yang tepat dalam tim memiliki akses ke nomor yang dipermasalahkan jika Anda tidak dapat memberikannya untuk semua orang.


Misalnya, jika Anda menggunakan Google Analytics untuk memeriksa nomor di situs Anda dan menguji halaman arahan, Anda mungkin telah memulai akun baru dengan alamat baru, tetapi Anda mungkin telah memutuskan untuk menggunakan akun mapan yang dimiliki oleh salah satu mitra Usaha Patungan. Orang yang bertanggung jawab dapat membuat laporan, atau mereka dapat memberikan akses kepada orang lain untuk melakukannya. Terserah Anda, tetapi setiap orang perlu mengetahui angka-angka ini secara teratur untuk menyesuaikan dan terus berjalan dalam mencapai sasaran dan sasaran yang Anda tetapkan bersama.


Salah satu cara untuk mengatur semuanya adalah dengan menggunakan sistem berbagi file seperti Dropbox atau Google Drive. Jika Anda memang memilih untuk menggunakan sistem ini (atau sistem lain yang muncul), penting bagi Anda untuk meningkatkan ke versi berbayar sehingga Anda memiliki lebih sedikit peluang kehilangan data.


Siapkan satu atau dua spreadsheet yang akan membantu Anda melacak data - apakah itu pendapatan, pengeluaran, pendaftaran buletin, penjualan, dan sebagainya. Setiap titik data yang telah Anda putuskan bersama untuk dilacak harus ada di file ini, sehingga setiap anggota tim Anda yang membutuhkan informasi dapat melihatnya, dan mereka yang bertanggung jawab untuk dapat terus memperbaruinya.


Selain berbagi data, Anda juga ingin berbagi sumber daya dengan mitra Usaha Patungan Anda. Kami akan memberikan beberapa tip tentang itu di lain waktu, termasuk bagaimana membuatnya menjadi kesepakatan Anda.


7. Mitra usaha patungan: Berbagi sumber daya yang bermanfaat


Salah satu manfaat utama memiliki kemitraan usaha patungan adalah kemampuan untuk berbagi sumber daya. Ini akan bekerja lebih baik jika Anda memiliki sumber daya pelengkap untuk dibagikan. Sumber daya termasuk uang, peralatan, ruang, teknologi, dan keterampilan. Sungguh apa pun yang dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan adalah sumber daya yang dapat Anda bagikan, termasuk keahlian dan keahlian Anda.


Beberapa orang akan memiliki lebih dari satu hal dan lebih sedikit dari yang lain, dan itulah yang membuat proses ini berhasil. Jika Anda memiliki sesuatu yang dapat Anda lakukan yang tidak dapat dilakukan orang lain, dan mereka memiliki sesuatu yang dapat mereka lakukan yang tidak dapat Anda lakukan, dan mereka bermanfaat untuk proyek, ini adalah situasi yang saling menguntungkan. Namun, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda berbagi memberi dan menerima yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam kemitraan Usaha Patungan. Kiat-kiat ini akan membantu memastikan bahwa Anda berdua akan mendapat manfaat dari kemitraan ini.


1) Buat Perjanjian Usaha Patungan


Anda tidak hanya harus membuat kesepakatan yang sangat rinci, tetapi Anda juga harus mengatur pertemuan rutin untuk menyesuaikan kesepakatan sesuai kebutuhan saat Anda berdua mengetahui lebih banyak tentang siapa yang melakukan yang terbaik. Kesepakatan awal harus tetap ada jika memungkinkan, sementara Anda mengatasi masalah dan memutuskan siapa yang terbaik di setiap area.


2) Eja Semuanya


Dalam perjanjian tersebut, Anda harus menjelaskan semuanya, termasuk secara tepat apa yang seharusnya disumbangkan oleh setiap orang dari sumber dayanya - apakah itu waktu, teknologi, atau yang lainnya. Ini harus jelas dalam hal kapan, di mana, dan bagaimana semuanya akan bersatu.


3) Bersikaplah Terbuka dan Transparan


Salah satu masalah yang dihadapi banyak mitra Usaha Patungan adalah bersikap terbuka dan transparan sebanyak yang Anda bisa. Alasan utamanya adalah Anda tidak ingin melakukan sesuatu tanpa membiarkan pasangan melakukannya, meskipun Anda sedang melakukan sesuatu yang seharusnya Anda lakukan. Selalu perbarui mereka. Menggunakan sistem seperti Trello atau Basecamp untuk mencatat apa yang telah Anda lakukan, apa yang akan Anda lakukan, dan hasil adalah cara terbaik untuk menyimpan semuanya di atas meja.


4) Berkomunikasi secara Efisien


Komunikasi adalah kunci untuk hubungan Anda, bisnis Anda, dan untuk pelanggan Anda. Branding tidak dapat dilakukan secara memadai jika semua orang tidak berada di halaman yang sama. Bahkan desain dan pengembangan produk bisa terganggu jika Anda tidak berkomunikasi. Siapkan pedoman komunikasi di awal dan taruh dalam kesepakatan.


5) Menetapkan Indikator Kinerja


Salah satu cara untuk memastikan semua orang melakukan apa yang diputuskan saat Anda menyiapkannya adalah dengan menetapkan indikator kinerja yang menunjukkan bahwa masing-masing pihak melakukan uji tuntas dan mengikuti perjanjian Usaha Patungan. Misalnya, jika salah satu mitra setuju untuk menerbitkan postingan blog setiap minggu, bukan? Jika ya, hasil apa yang diperoleh? Bagaimana cara memperbaikinya?


6) Bersikaplah Fleksibel


Jika persetujuan Anda akan berjangka panjang, penting untuk selalu menjaga fleksibilitas jika angkanya berbeda secara signifikan dari asumsi Anda. Misalnya, Anda mungkin telah menetapkan hal-hal dalam perjanjian pertama Anda yang tidak berhasil menargetkan audiens yang ideal. Anda harus bisa mengubah banyak hal saat Anda pergi.


7) Mengatur Tata Kelola Kontrak


Satu hal yang sering diabaikan orang dari perjanjian Usaha Patungan mereka adalah masalah seputar tata kelola kontrak. Ini adalah kesalahan, tidak peduli seberapa dekat Anda. Anda memerlukan pemecah tiebreak definitif terakhir untuk setiap ketidaksepakatan, dan begitulah cara kontrak diatur dan siapa yang memiliki keputusan akhir untuk hal seperti itu yang muncul.


8) Buat Perjanjian Keluar


Hal lain untuk dimasukkan ke dalam perjanjian Anda adalah metode di mana salah satu pihak dapat keluar dari perjanjian. Itu tergantung pada apa yang Anda lakukan, tetapi untuk beberapa bisnis, jika satu mitra keluar atau keluar, maka usaha itu berakhir; bagi yang lain, mereka dapat diganti jika Anda menyusun jenis kesepakatan yang tepat.


Hal utama adalah sangat jelas tentang apa, kapan, mengapa, di mana, dan bagaimana segala sesuatu yang harus dilakukan dengan kemitraan Usaha Patungan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana melakukan sesuatu, Anda harus dapat melihat persetujuan Anda. Misalnya, bagaimana Anda akan membagikan file data? Apakah Anda akan menggunakan Dropbox atau metode lain? Dengan begitu, setiap orang berada di halaman yang sama, menggunakan informasi yang sama untuk membuat keputusan.


Lain kali, kita akan melihat hal-hal penting untuk dipertimbangkan saat membuat produk bersama dalam usaha patungan.


8. Ide pembuatan produk untuk usaha patungan


Produk yang Anda buat di Usaha Patungan Anda sepenuhnya bergantung pada audiens yang Anda layani, keterampilan dan sumber daya yang masing-masing Anda bawa ke dalam kemitraan, serta sasaran dan sasaran Anda untuk Usaha Patungan. Jika Anda berpikir itu terdengar seperti apa yang Anda alami untuk mengembangkan produk untuk audiens Anda sendiri, Anda benar.


* Pelajari tentang Perusahaan Mitra Anda - Penting bagi Anda untuk melakukan ini sebanyak mungkin sebelum bekerja sama. Mulailah mempelajari semua yang Anda bisa tentang perusahaan satu sama lain sehingga Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi perbedaan dan di mana Anda berkumpul.


* Mengenal Audiens Gabungan - Anda mungkin ingin mempelajari demografi audiens gabungan, mengetahui poin kendala, masalah, dan jenis solusi yang mereka cari. Ini akan membantu membuat avatar pelanggan untuk segmen spesifik dari setiap audiens yang ingin Anda layani dengan usaha patungan ini.


* Ketahui Visi Bersama Anda untuk Kemitraan Usaha Patungan Anda - Anda masing-masing memiliki visi atau misi untuk bisnis Anda sendiri yang Anda sebarkan dengan branding Anda. Tetapi ketika Anda menggabungkan keduanya, jenis pernyataan visi atau misi bersama apa yang dapat Anda kembangkan untuk membantu memandu pembuatan produk kolektif ke dalam cakupan yang sangat sempit?


* Tetapkan Tujuan dan Sasaran Anda untuk Produk - Apa yang Anda ingin produk ini lakukan dan capai? Coba tulis dari perspektif target audiens ideal Anda berdasarkan avatar pelanggan yang Anda buat tentang audiens gabungan.


* Temukan Masalah dan Solusi - Sekarang setelah Anda memiliki semua informasi itu, masalah apa yang dimiliki audiens target ideal Anda yang dapat Anda selesaikan? Masalah apa yang akan Anda putuskan untuk membuat produk sekarang?


* Tentukan Seperti Apa Sukses itu - Ingatlah untuk mendefinisikan seperti apa kesuksesan itu berdasarkan semua sisi usaha patungan. Biarkan semua orang maju dan mengembangkan tujuan bersama sehingga ketika kesuksesan menghantam Anda, keduanya setuju.

 

* Tetapkan Jadwal dan Tanggal yang Ketat - Salah satu cara untuk memastikan produk dibuat tepat waktu adalah dengan menetapkan definisi yang jelas tentang tanggung jawab setiap orang. Misalnya, jika Anda bermitra dengan seseorang untuk membangun situs keanggotaan, siapa yang akan menyumbangkan produk untuk keanggotaan, jenis produk apa, dan kapan? Jadwal sangat penting jika Anda ingin sukses.


* Dengarkan - Sama seperti Anda mendengarkan audiens Anda, dengarkan juga audiens bersama Anda. Anda berdua dapat memasarkan produk baru Anda ke audiens yang terpisah karena itu adalah sesuatu yang disukai oleh salah satu audiens, tetapi sweet spotnya adalah segmen tertentu. Juga, dengarkan satu sama lain untuk menjaga komunikasi tetap transparan dan konsisten.


* Market It - Tidak ada kreasi produk yang lengkap tanpa memasarkan apa yang Anda buat. Namun, salah satu cara untuk mendapatkan produk dengan benar adalah dengan memasarkannya terlebih dahulu sebelum Anda selesai membuatnya. Munculkan ide bersama mitra Anda, lalu uji dengan melakukan survei, polling, dan biarkan audiens membantu Anda memilih judul, karya seni, dan banyak lagi.


Pembuatan produk untuk usaha patungan bisa jadi tampak lebih rumit karena Anda berurusan dengan budaya perusahaan dari lebih dari satu bisnis, dan itu bukan milik Anda. Jawabannya adalah memperlakukan kemitraan Usaha Patungan Anda secara mental sebagai bisnis terpisah untuk pembuatan produk. Kaji ulang audiens gabungan Anda dan kumpulkan data yang menunjukkan masalah dan solusi yang dapat Anda kembangkan bersama, sambil juga menggunakan semua sumber daya gabungan secara strategis, dan Anda akan berhasil.


Lain kali, cari tahu cara menyelenggarakan webinar Usaha Patungan.


9. Bagaimana dan mengapa menyelenggarakan webinar Usaha Patungan


Salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan adalah dengan menyelenggarakan webinar. Namun, jika Anda belum memiliki cukup koneksi untuk membuat webinar berfungsi untuk Anda, salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengajak mitra usaha patungan dengan lebih banyak koneksi dan sumber daya untuk mempresentasikan atau berbicara di webinar Anda.


Pilih Topik Yang Melayani Penonton yang Ingin Anda Tarik


Anda sudah mengetahui audiens yang ingin Anda tarik, jadi lanjutkan dan tentukan topik yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Karena Anda menjadi tuan rumah, terserah Anda untuk merencanakan semua ini sehingga Anda dapat menarik mitra usaha patungan / pembicara / presenter yang Anda harap akan bekerja sama dengan Anda dalam proyek ini.


Pilih Teknologi yang Dikenal Audiens dan Potensi Pembicara


Jika Anda memiliki gagasan tertentu tentang dengan siapa Anda ingin bekerja sama di webinar, penting untuk mengetahui jenis teknologi apa yang mereka sukai untuk digunakan dan subjek serta topik yang ingin mereka tunjukkan kepada audiens mereka, sehingga Anda mendapatkan kreasi bagian kanan.


Misalnya, Anda mungkin sangat suka menggunakan Zoom.us untuk menyampaikan webinar, tetapi para penggerak dan pelopor yang ingin Anda tunjukkan lebih suka menggunakan GoToMeeting.com atau yang lainnya. Kemungkinannya adalah jika mereka lebih berpengalaman daripada Anda, menawarkan daftar yang lebih besar dari yang Anda bisa, dan memiliki lebih banyak sumber daya daripada Anda, mereka hanya akan ingin menggunakan apa yang mereka suka.


Tetapkan Parameter Webinar untuk Mitra Usaha Patungan


Siapkan semua persyaratan untuk setiap mitra Usaha Patungan untuk bergabung dengan webinar Usaha Patungan Anda dengan menetapkan persyaratan partisipasi untuk semua mitra dan menentukan cakupan pekerjaan yang perlu mereka lakukan untuk berpartisipasi. Misalnya, jika Anda ingin mereka memiliki daftar dengan setidaknya 1000 pelanggan, atau situs web yang menghasilkan jumlah lalu lintas tertentu, atau pemirsa tertentu yang mereka layani, Anda perlu menjelaskan semuanya.


Buat Halaman Penjualan untuk Aplikasi Pembicara / Penyaji Webinar


Dengan menggunakan informasi yang Anda pelajari tentang penyaji ideal untuk webinar Usaha Patungan Anda, Anda sekarang dapat membuat halaman penjualan yang mengundang mereka untuk mendaftar ke webinar sebagai penyaji. Beri mereka semua keuntungan berpartisipasi, mulai dari mengembangkan daftar hingga menghasilkan lebih banyak penjualan, termasuk pekerjaan apa pun yang ingin Anda lakukan agar mereka berpartisipasi.


Buat Materi Pemasaran untuk Webinar


Selain itu, Anda mungkin ingin membuat materi pemasaran untuk webinar sehingga Anda siap untuk menampilkan gambar pembicara dan presenter dan apa yang mereka tawarkan kepada audiens yang hadir. Anda akan membutuhkan halaman penjualan, konten email, konten artikel, konten ikhtisar, konten blog, dan sebagainya untuk digunakan sebagai milik mereka setelah mengeditnya.


Siapkan Aturan dan Tanggung Jawab Pembicara / Presenter Webinar


Tulis perjanjian Usaha Patungan yang memungkinkan Anda mengisi kekosongan untuk setiap penyaji. Tidak harus satu kontrak yang ditandatangani semua orang. Anda dapat memiliki perjanjian baru untuk setiap orang yang dibuat khusus untuk mereka jika Anda mau. Tapi Anda memang perlu menuliskan semuanya dengan aturan, tanggung jawab, dan ekspektasi masing-masing.


Terakhir, Anda harus berlatih webinar dengan cara tertentu. Anda dapat memasukkannya ke dalam kontrak sehingga semua orang tahu bahwa mereka perlu datang untuk menguji suara mereka dan sebagainya. Selalu ingat tujuan Anda untuk webinar sehingga Anda tidak tergoda untuk memperluas cakupan atau menyertakan orang yang salah ke dalam campuran, tidak peduli seberapa populer mereka. Pertahankan perhatian penonton di depan Anda sehingga Anda tidak melupakan mereka.


Lain kali, kami akan memberikan beberapa kesalahan usaha patungan umum yang ingin Anda hindari.


10. Kesalahan usaha patungan umum yang harus dihindari


Tidak Menaruh "Segalanya" dalam Tulisan


Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan mitra Usaha Patungan adalah berpikir bahwa mereka dapat melakukan semuanya tanpa persetujuan tertulis apa pun. Demikian pula, beberapa orang akan membuat kesalahan dengan menuliskan sesuatu tetapi tidak membuatnya cukup lengkap. Perjanjian Anda harus benar-benar mencakup semua yang diharapkan dari setiap peserta - mulai dari cara Anda memulai hingga cara Anda mengakhiri kemitraan.


Tidak Memilih Mitra Anda dengan Bijak


Anda dan partner Usaha Patungan harus setidaknya memiliki kesamaan nilai dan misi. Jika Anda tidak sepakat tentang apa yang penting bagi audiens yang Anda bagikan, akan sulit untuk bekerja sama. Jika Anda tidak semua memiliki etos kerja universal, juga sulit untuk membuat kemitraan berhasil.


Tidak Membuat Kesepakatan Cukup Menarik


Jika Anda adalah orang yang mencoba menarik kemitraan Usaha Patungan dengan lebih banyak sumber daya daripada yang Anda miliki, penting untuk melakukan semua upaya agar kesepakatan cukup menarik bagi pemangku kepentingan yang ingin Anda tarik. Untuk mencapai ini, luangkan waktu untuk mempelajari orang-orang dan bisnis mereka yang ingin Anda ajak kerja sama.


Tidak Menjaga Privasi Info Pelanggan Anda


Saat Anda Usaha Patungan dengan seseorang, bukan untuk kepentingan terbaik Anda, atau pelanggan Anda, untuk memberi mereka kendali bebas atas informasi pelanggan Anda. Kecuali jika Anda membentuk badan usaha bersama, hal itu tidak perlu dilakukan. Namun, Anda dapat memasarkan ke pelanggan Anda, dan mereka dapat menjualnya secara terpisah, dan kemudian, tentu saja, situs gabungan Anda akan memasarkan sendiri kepada audiens target ideal Anda.


Tidak Cukup Spesifik dalam Cakupannya


Saat Anda membuat perjanjian kontrak, Anda harus menjelaskan ruang lingkup kemitraan, baik yang tercakup maupun yang tidak. Ini adalah perlindungan bagi Anda semua dalam hal pajak dan cara penanganannya. Plus, ini akan membantu Anda tetap melakukan hanya apa yang diperlukan untuk usaha patungan tanpa membuat diri Anda sendiri atau orang lain bekerja terlalu keras.


Tidak Mulai Dari Kecil


Jika Anda belum pernah bekerja dengan seseorang sebelumnya, coba kerjakan usaha bersama jangka pendek terlebih dahulu, seperti webinar satu kali atau hanya satu produk kecil yang ditujukan kepada audiens yang Anda berdua ingin layani dalam usaha patungan tersebut. Dengan cara ini, Anda dapat melihat bagaimana kelanjutannya sehingga Anda dapat menentukan apakah Anda dapat bekerja dengan orang tersebut atau tidak. Belum lagi apakah penonton benar-benar tertarik atau tidak.


Tidak Membuat Strategi Keluar


Meskipun kadang-kadang usaha patungan berkembang pesat sehingga akhirnya menciptakan entitas bisnis baru dengan sendirinya, ini sebenarnya bukan tujuan usaha patungan. Oleh karena itu, jika Anda ingin memastikan transisi lancar, jelaskan kapan Usaha Patungan berakhir dan apa yang terjadi jika Usaha Patungan berakhir. Misalnya, jika Anda membuat situs keanggotaan dengan lima orang yang melayani audiens Anda, apa yang terjadi jika seseorang keluar?


Menghindari kesalahan usaha patungan ini akan memastikan bahwa Anda sukses dengan kemitraan yang Anda buat, tanpa menambah banyak tekanan dalam hidup Anda. Usaha patungan sangat bagus untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan karena Anda berbagi sumber daya orang lain. Jika Anda ingin membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya, pertimbangkan semua peluang luar biasa yang ada dengan usaha patungan.


Posting Komentar untuk " Keuntungan Usaha Patungan"