Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Survey? Pengertian Dan Jenis Survey


Apa Itu Survey? Pengertian Dan Jenis Survey

Apa itu survey? biasanya kata survey digunakan sebagai istilah observasi pada pengertian kita sehari-hari. Padahal kedua hal tersebut sangat berbeda. Lalu apa sebenarnya survey itu sendiri? nah bagi anda yang sedang bingung dan ingin tahu apa pengertian dari survey, anda datang di tempat yang tepat karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi menengenai apa itu survey. Silahkan anda simak artikel ini sampai selesai.


Apa Itu Survey?

Lalu apa itu survey? survey adalah penelitian kuantitatif menggunakan pertanyaan yang terstruktur yang sama dan akan diberikan pada semua orang, selanjutnya semua jawaban dari orang-orang tersebut akan dicatat oleh pelau survey untuk diolah, dianalisis. Survei sendiri juga merupakan suatu metode untuk menjaring data dari penduduk dalam suatu peristiwa ekonomi atau demografi dengan tidak menghitung smeua responden yang ada pada suatu daerah atau negara, biasanya hanya akan menggunakna cara penarikan sampel saja sebagai kawasan yang dapat mewakili karakteristik dari negara tersebut.

Jenis-Jenis Survey Demografi

Setelah kalian mengetahui apa itu survey, berikutnya saya akan memberikan informasi terkait apa saja jenis-jenis survey tersebut. Berikut adalah beberapa jenis survey demografi berdasarkan tipenya.

1.     Survey Bertahap Tunggal

Survey bertahap tunggal adalah survey yang dilakukan untuk menjaring data dari berbagai peristiwa demografi. Contoh dari survey bertahap tunggal ini adalah survey tentang angka kelahiran, angka kematian dan juga survey terkait migrasi dengan cara mengajukan pertanyaan untuk responden tentang kejadian demografi yang dialami pada masa lalu dalam periode tertentu.

2.     Survey Bertahap Ganda

Terakhir ada survey bertahap ganda yang dilakukan oleh petugas pencacah jiwa di lapangan. Survey ini dilakukan dengan cara melakukan kunjungan pada responden tertentu yang berulang-ulang untuk mendapatkan data tentang berbagai peristiwa demografi yang terjadi. Kunjungan tersebut dilakukan dalam kurun waktu tertentu, misalnya per tahun atau per dua tahun.

Tujuan Survey

Tujuan dari survey adalah untuk memaparkan data dari objek penelitian, dan juga menginterprestasikan serta menganalisis secara sistematis. Tujuan dilakukannya survey adalah:

· Untuk mendapatkan fakta dari gejala yang ada

· Untuk mencari keterangan faktual dari suatu kelompok tertentu

· Untuk pembuatna rencana dan pengambilan keputusan berdasarkan hasil survey

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Survey? Pengertian Dan Jenis Survey"