Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa itu substansi? Berikut Pengertian substansi dan Arti substansi


Apa itu substansi? Berikut Pengertian substansi dan Arti substansi


Mungkin kita sering mendengar kata ini, baik dari obrolan sehari hari atau diucapkan dari orang lain, tetapi apa sebenarnya arti kata substansi dan pengertiannya? Maka dari itu Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian substansi dan berbagai macam kata yang melingkupinya, dan arti kata substansi dengan contoh penggunaan kata substansi dalam kalimat.


Pengertian substansi


Menurut kamus besar bahasa indonesia daring, atau KBBI kemendikbud, kata ini memiliki beberapa arti. 


Yang pertama pengertian substansi adalah “watak yang sebenarnya dari sesuatu atau Isi, pokok, inti dari sesuatu ”. 

contoh penggunaan makna diatas adalah sebagai berikut: ”… dalam rapat korrdinasi ini kita akan membahas substansi permasalahan perusahaan yang akan kita bicarakan saat rapat umum minggu depan”. Arti dari kalimat diatas adalah Rapat kordinasi yang diselenggarakan akan membahas watak sebenarnya atau pokok permasalahan yang ada pada di perusahaan dan akan dibicarakan pada rapat umum minggu depan.


Yang kedua pengertian substansi adalah “unsur; zat”

Contoh kalimat yang menggunakan makna ini adalah sebagai berikut :” Proses pembakaran terjadi karena hasil persenyawaan sebuah substansi dengan oksigen”. Arti dari kalimat diatas adalah proses pembakaran akan terjadi karena hasil dari proses persenyawaan antara sebuah unsur atau zat dengan oksigen.


Yang ketiga pengertian substansi adalah “kekayaan; harta”. 

Contoh kalimat yang menggunakan makna ini adalah sebagai berikut :” Pemikiran seseorang merupakan substansi yang tidak bisa terlihat kasat mata”. Arti dari kalimat tersebut adalah pemikiran seseorang merupakan suatu kekayaan atau harta yang tidak bisa terlihat secara kasat mata.


Yang keempat pengertian substansi adalah “Medium yang dipakai untuk mengungkapkan bahasa”. biasanya makna yang keempat ini dipakai dalam bidang linguistik dan merupakan kata benda.


Penutup

Demikianlah pembahasan kami dalam artikel tentang Apa itu substansi, Pengertian substansi dan Arti substansi. Semoga artikel diatas dapat menjadi sumber pemahaman atau sumber referensi yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami, kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.


Referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/substansi


Posting Komentar untuk "Apa itu substansi? Berikut Pengertian substansi dan Arti substansi"