Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu orientasi? Berikut Pengertian orientasi dan Arti orientasi


Apa itu orientasi? Berikut Pengertian orientasi dan Arti orientasi


Mungkin kita sering mendengar kata ini, baik dari obrolan sehari hari atau diucapkan dari orang lain, tetapi apa sebenarnya arti kata orientasi dan pengertiannya? Maka dari itu Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian orientasi dan berbagai macam kata yang melingkupinya, dan arti kata orientasi.


Pengertian orientasi


Menurut kamus besar bahasa indonesia daring, atau KBBI kemendikbud, Pengertian orientasi adalah yang pertama “peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar”


Contoh kalimat yang menggunakan kata orientasi adalah “Para santri yang menjadi tokoh masyarakat haruslah memiliki orientasi kehidupan akhirat dan juga orientasi kehidupan dunia”


Arti yang kedua dari pengertian orientasi adalah “pandangan yang mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan”


Kata turunan untuk kata orientasi adalah berorientasi yang memiliki arti yang pertama “melihat-lihat atau meninjau (supaya lebih kenal atau lebih tahu)” dan yang kedua “mempunyai kecenderungan pandangan atau menitikberatkan pandangan; berkiblat”

Contoh kalimat yang menggunakan kata berorientasi adalah “Beberapa Presiden Negara Ini ada yang berorientasi ke blok barat dan ada yang berorientasi ke blok timur, bahkan keduanya saling menggantikan satu dengan yang lainnya dalam beberapa kali pemilu”


Gabungan kata atau istilah kata orientasi ada beberapa, misalnya 

Orientasi pasar memiliki arti “kegiatan usaha yang berdasarkan atas permintaan pasar” 

Kemudian terdapat juga istilah orientasi realitas dalam bidang psikologi yang berarti ”penyediaan pengingat rutin untuk lansia tentang keberadaan mereka dan situasi yang mereka alami saat ini”. 

Terdapat juga istilah orientasi terhubung dalam bidang komputer yang berarti “keadaan membutuhkan koneksi langsung antara dua simpul pada satu atau beberapa jaringan”



Penutup

Demikianlah pembahasan kami dalam artikel tentang Apa itu orientasi, Pengertian orientasi dan Arti orientasi. Semoga artikel diatas dapat menjadi sumber pemahaman atau sumber referensi yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami, kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.


Referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/orientasi





Posting Komentar untuk " Apa itu orientasi? Berikut Pengertian orientasi dan Arti orientasi"