Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu oligarki? Berikut Pengertian oligarki dan Arti oligarki


Apa itu oligarki? Berikut Pengertian oligarki dan Arti oligarki


Mungkin kita sering mendengar kata ini, baik dari obrolan sehari hari atau diucapkan dari orang lain, tetapi apa sebenarnya arti kata oligarki dan pengertiannya? Maka dari itu Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian oligarki dan berbagai macam kata yang melingkupinya, dan arti kata oligarki.


Pengertian oligarki


Menurut kamus besar bahasa indonesia daring, atau KBBI kemendikbud, Pengertian Oligarki adalah “pemerintahan yang dijalankan oleh beberapa orang yang berkuasa dari golongan atau kelompok tertentu”


Jika dirunut dari bahasanya, oligarchy dalam bahasa inggris berasal dari bahasa yunani “ὀλιγαρχία” (oligarkhía) kata tersebut berasal dari  ὀλίγος (olígos), yang berarti “beberapa”, dan ἄρχω (arkho), yang berarti untuk memerintah atau untuk mengatur.


Pengertian oligarki secara lengkap berarti suatu bentuk struktur kekuasan yang kekuasaan tersebut terletak atau dipegang oleh sejumlah kecil orang. Orang orang ini tidak hanya politikus tetapi dalam arti luas termasuk bangsawan, orang orang kaya, orang orang terpelajar, perusahaan besar yang berpengaruh, pemimpin religius atau militer.


Beberapa negara oligarki biasanya sering diatur atau dikontrol oleh lingkup keluarga yang memberikan pengaruhnya dari satu generasi ke generasi yang lain atau lingkup kelompok yang memberikan kekuasaannya pada lingkup kelompok mereka sendiri.


Dalam sepanjang sejarah manusia, biasanya oligarki cenderung menjadi tirani, “bertahan hidup” dari ketaatan atau penindasan publik. Dan salah satu pemikir Aristoteles mengatakan untuk hal ini istilah “dikuasai oleh yang kaya”


Selain itu pada abad ke 20 seorang pemikir lainnya bernama Robert Michels mengemukakan teorinya bahwa demokrasi sebagai organisasi besar memiliki kemungkinan untuk menjadi oligarki


Sekelompok pengusaha bisa dikategorikan sebagai pemangku oligarki jika memiliki beberapa ciri berikut yaitu yang pertama, pembisnis memiliki usaha yang terbesar di suatu negara, yang kedua memiliki kekuatan politik untuk mempromosikan kepentingannya dan yang ketiga pengusaha tersebut memiliki beberapa cabang usaha yang secara intensif dapat dikordinasikan


Penutup


Demikianlah pembahasan kami dalam artikel tentang Apa itu oligarki, Pengertian oligarki dan Arti oligarki. Semoga artikel diatas dapat menjadi sumber pemahaman atau sumber referensi yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami, kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.


Referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/oligarki


Posting Komentar untuk "Apa itu oligarki? Berikut Pengertian oligarki dan Arti oligarki"