Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu konsorsium? Berikut Pengertian konsorsium dan Arti konsorsium


Apa itu konsorsium? Berikut Pengertian konsorsium dan Arti konsorsium


Mungkin kita sering mendengar kata ini, baik dari obrolan sehari hari atau diucapkan dari orang lain, tetapi apa sebenarnya arti kata konsorsium dan pengertiannya? Maka dari itu Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian konsorsium dan berbagai macam kata yang melingkupinya, dan arti kata konsorsium.


Pengertian konsorsium


Menurut kamus besar bahasa indonesia daring, atau KBBI kemendikbud, Pengertian konsorsium adalah yang pertama “himpunan beberapa pengusaha yang mengadakan usaha bersama; kumpulan pedagang dan industriawan; perkongsian” 


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian konsorsium diatas adalah “Para pengusaha karet sepakat membentuk konsorsium dengan tujuan untuk menekan biaya produksi menggunakan teknologi terbaru”


Arti dari kalimat diatas adalah para pengusaha yang bergerak dibidang produksi karet sepakat membentuk usaha bersama untuk menekan biaya produksi dengan menggunakan teknologi terbaru.


Perkongsian sendiri memiliki arti “persekutuan dagang atau perseroan” dan “perihal berkongsi. Berasal dari kata kongsi yang memiliki arti “persekutuan dagang; perseroan, perkumpulan, kantor tuan tanah”


Arti yang kedua pengertian konsorsium adalah “himpunan sarjana sebidang yang mengurus kepentingan bersama”


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian konsorsium diatas adalah “Himpunan Sarjana Hukum seluruh indonesia sepakan mengadakan konsorsium untuk membahas berbagai hal terkait hukum di Indonesia”


Konsorsium sendiri merupakan kata benda. Dan jika dilakukan pemenggalan kata akan menjadi Kon. Sor. Si. Um. Kata konsorsium ini memiliki bentuk yang tidak baku yaitu “konsortium” menggunakan huruf “t”. Kata Konsortium sendiri tidak memiliki arti apa apa karena tidak terdapat pada kamus besar bahasa indonesia


Penutup


Demikianlah pembahasan kami dalam artikel tentang Apa itu konsorsium, Pengertian konsorsium dan Arti konsorsium. Semoga artikel diatas dapat menjadi sumber pemahaman atau sumber referensi yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami, kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.


Referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/konsorsium




Posting Komentar untuk "Apa itu konsorsium? Berikut Pengertian konsorsium dan Arti konsorsium"