Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu kohesif? Berikut Pengertian kohesif dan Arti kohesif


Apa itu kohesif? Berikut Pengertian kohesif dan Arti kohesif


Mungkin kita sering mendengar kata ini, baik dari obrolan sehari hari atau diucapkan dari orang lain, tetapi apa sebenarnya arti kata kohesif dan pengertiannya? Maka dari itu Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian kohesif dan berbagai macam kata yang melingkupinya, dan arti kata kohesif.


Pengertian kohesif


Menurut kamus besar bahasa indonesia daring, atau KBBI kemendikbud, pengertian kohesif adalah “Melekat satu dengan yang lain, padu atau berlekatan”


Kata ini merupakan kata keterangan atau adjektiva merupakan kata yang menjelaskan nomina (kata benda) atau pronomina. Jika dilakukan pemenggalan kata maka kata ini akan menjadi tiga pemenggalan, Ko. He. Sif.


Kekohesifan merupakan kata turunan dari kata kohesif yang memiliki pengertian “perihal kohesif” atau “keadaan, hal, kejadian, tentang, mengenai, peristiwa melekat satu dengan yang lain, padu atau berlekatan”


Pembahasan Lanjutan


Berbeda penggunaanya pada kalimat, kohesi (tanpa huruf F) memiliki arti yang pertama “gaya (kakas) tarik-menarik di antara molekul sejenis dalam suatu benda” biasanya pengertian pertama ini ditemukan dalam pembahasan bidang ilmu fisika.


Arti yang kedua “hubungan yang erat; perpaduan yang kokoh”


Arti yang ketiga “keterikatan antarunsur dalam struktur sintaksis atau struktur wacana yang ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, penyulihan, dan pelesapan, seperti dia tetap belajar meskipun sudah mengantuk”. Arti yang ketiga ini biasanya digunakan dalam bidang linguistik


Kata turunan kohesi yaitu berkohesi memiliki arti “mempunyai kohesi”


Gabungan kata kohesi diantaranya adalah kohesi cair yang berarti “tarik-menarik antarmolekul cairan sejenis” (dalam bidang kimia) dan kohesi sosial yang berarti “keterikatan antaranggota suatu kelompok” (dalam bidang psikologi)


Penutup


Demikianlah pembahasan kami dalam artikel tentang Apa itu kohesif, Pengertian kohesif dan Arti kohesif. Semoga artikel diatas dapat menjadi sumber pemahaman atau sumber referensi yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami, kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.


Referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kohesif




Posting Komentar untuk "Apa itu kohesif? Berikut Pengertian kohesif dan Arti kohesif"