Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Interpretasi? Berikut Pengertian Interpretasi Menurut Kamus


Apa itu Interpretasi? Berikut Pengertian Interpretasi Menurut Kamus


Mungkin kita sering mendengar kata Interpretasi, baik dalam keseharian berkomunikasi atau dari media lainnya. Tetapi tahukah kita apa arti Interpretasi itu sendiri? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian Interpretasi , Arti Interpretasi dan penjelasan berbagai istilahnya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini


Pengertian Interpretasi 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Pengertian Interpretasi adalah “pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu; tafsiran”


Kata ini merupakan kata benda. Kata yang tidak baku dari kata ini adalah “interprestasi” berbeda pada penempatan huruf s. jika dilakukan pemenggalan kata, interpretasi akan menjadi In. Ter. Pre. Ta. Si.


Pengertian menginterpretasikan memiliki makna “menafsirkan”

Contoh kalimat yang menggunakan makna dan kata diatas adalah :” Menginterpretasikan pancasila harus sesuai dengan pandangan luhur seluruh pendiri bangsa, tidak hanya salah satu pandangan saja”. Arti dari kalimat tersebut adalah dalam menafsirkan pancasila haruslah sesuai dengan pandangan luhur setiap pendiri bangsa pada waktu itu, tidak hanya terbatas dari satu pandangan saja.


Pengertian Pengiterpretasi memiliki makna “orang yang melakukan interpretasi atau menginterpretasikan”

Contoh kalimat yang menggunakan makna dan kata diatas adalah :”Penginterpretasi pancasila sebagai dasar negara tidak bisa dilakukan oleh orang orang yang tidak adil dan memiliki kepentingan kelompok”. Arti dari kalimat tersebut adalah orang yang menginterpretasikan atau menafsirkan pancasila sebagai dasar negara haruslah orang yang adil dan tidak memihak untuk kepentingan kelompok.


Pengertian penginterpretasian memiliki makna “proses, cara, perbuatan menginterpretasikan”.

Contoh kalimat dengan menggunakan makna dan kata diatas adalah “ Penginterpretasian nilai nilai pancasila harus tepat dan benar, tidak dipelintir untuk kepentingan segolongan partai tertentu”. Arti dari kalimat tersebut adalah bahwa pancasila proses atau cara menafsirkannya harus tepat dan benar sehingga tidak dipelintir untuk kepentingan segolongan partai tertentu.


Penutup


Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pengertian objek, dan apa objek itu menurut kamus besar bahasa Indonesia. Mudah mudahan informasi diatas dapat menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua dan menambah wawasan serta pemahaman kita terkait kata ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.


Referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/interpretasi


Posting Komentar untuk "Apa itu Interpretasi? Berikut Pengertian Interpretasi Menurut Kamus"