Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Arti Kata Keran Dari KBBI


Penjelasan Arti Kata Keran Dari KBBI


Setiap rumah kemungkinan besar memiliki benda satu ini, baik di halaman depan rumah, di kamar mandi ataupun di dapur. Hampir di setiap sudut rumah bisa dipasang keran tergantung pada tujuan penunjang aktivitas sang penghuni rumah. Tetapi tahukah kita apa sebenarnya arti kata keran? Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang arti kata keran beserta penjelasannya yang sesuai dengan kamus besar bahasa indonesia, yuk disimak sampai habis.

Pengertian Kata Keran


Menurut kamus besar bahasa indonesia, “keran” memiliki beberapa arti. Arti keran yang pertama adalah ”cerat pancuran air leding yang dapat dibuka dan ditutup dengan tutup berulir”. Contoh penggunaan kalimat nya adalah sebagai berikut:” Di rumah Pak Andi Keran air nya hanya ada satu”. Arti dari kalimat tersebut adalah Pak Andi hanya memiliki satu cerat pancuran air dirumahnya.

Arti kedua berhubungan dengan makna kiasan, yaitu “keran” adalah “pintu”. contoh penggunaannya pada kalimat adalah sebagai berikut:” Sejak Keran Impor dibuka lebar, Setiap Pengusaha Lokal merasa keberatan akibat persaingan barang dengan harga murah”. Arti dari kalimat tersebut adalah “pintu” impor dibuka lebar (perizinan atau apapun yang menghalangi impor dipermudah) membuat pengusaha lokal merasa kalah bersaing.

Arti ketiga dari kata keran adalah "tempat menyalakan api untuk memasak, perapian, atau anglo". Dan Anglo sendiri menurut kamus besar bahasa indonesia memiliki arti “tungku kecil dengan arang sebagai bahan bakarnya” yang bisa disimpulkan bahwa keran dalam arti ini sebagai tempat memasak. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:” Warung itu memiliki kerang yang kecil untuk memasak”. Arti dari kalimat tersebut adalah Warung itu memasak dengan tempat menyalakan api untuk memasak yang kecil.

Mana yang benar “Keran” atau “kran”


Kata “keran” merupakan salah satu kata benda atau kata nomina. Dan mungkin ada yang masih bingung terkait bahasa baku yang benar antara keran dan kran. Menurut kamus besar bahasa indonesia versi Kemendikbud. Bahasa tidak baku adalah kran sedangkan bahasa yang baku adalah keran

Beberapa Istilah Menggunakan Kata Keran


Keran Bola yaitu kerang yang dipasang dengan bola yang dibuat berlubang dengan tujuan untuk mengatur aliran air atau suhunya.

Keran Kebakaran adalah keran yang terhubung dengan sumber air untuk mengisi air ke mobil pemadam kebakaran. Biasanya keran ini digunakan saat ada panggilan kebakaran atau kegiatan lain yang berhubungan. Berbeda dengan hidran yang memiliki arti alat pemadam kebakaran yang dipasang tetap dilengkapi selang untuk mengalirkan air dengan tekanan yang sangat kuat secara kontinu

Keran Piringan adalah keran yang dipasang dengan dua piringan yang dibuat berlubang dengan tujuan untuk mengatur aliran air serta suhunya

Keran putar adalah istilah untuk keran yang cara kerjanya atau cara penggunannya dengan diputar pada salah satu bagiannya.

Keran ungkit adalah kerang yang dipasang beserta dengan pengungkit yang dibuat berlubang dengan tujuan untuk mengatur aliran air serta suhunya.

Penutup


Penggunaan kata keran yang memiliki arti berbeda beda harus dipahami karena penempatan kata ini pada kalimat bisa menimbulkan perbedaan makna kalimat secara keseluruhan. Bisa jadi ada orang yang terbiasa menggunakan kata keran untuk menyebutnya sebagai tempat alat memasak dan orang yang lainnya lagi menganggap keran hanya sebagai tempat cerat pancuran air. Sehingga harus bisa saling memahami satu sama lain. Sekian artikel tentang pengertian dan penjelasan arti kata keran. Semoga informasi diatas bisa menjadi tambahan wawasan untuk kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terima kasih.

Referensi 

KBBI
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/keran

Posting Komentar untuk "Penjelasan Arti Kata Keran Dari KBBI"