Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Presensi Menurut Kamus Bahasa Indonesia


Pengertian Presensi Menurut Kamus Bahasa Indonesia


Mungkin kita sering mendengar kata presensi. Kata ini kadang sering kita gunakan sehari hari dalam berkomunikasi ataupun sering digunakan pada berbagai kesempatan baik formal seperti seminar atau sekolah atau acara non formal. Tetapi tahukah kita apa pengertian dari kata presensi ini? Maka dari itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian presensi menurut kamus bahasa indonesia. 

Pengertian Presensi


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau yang biasa disingkat KBBI, Pengertian Presensi adalah “Kehadiran”. Dan kata ini merupakan kata benda, Pemenggalan kata ini adalah tiga yaitu Pre- Sen- Si.

Pembahasan Lanjutan Kata


Sedangkan pengertian hadir adalah “ada, (ada) Datang”. penggunaannya pada kalimat contohnya “orang itu hadir dalam acara penyerahan hadiah Nobel”. yang berarti orang itu datang dan ada dalam acara penyerahan nobel. Kata hadir berasal dari bahasa arab yang berarti “orang yang datang”. Hadir merupakan kata Kerja

Kehadiran merupakan salah satu turunan kata Hadir. Pengertian Kehadiran sendiri adalah “perihal hadir, adanya seseorang atau sekumpulan orang pada suatu tempat”. contoh penggunaannya adalah “kehadiran Andi pada acara itu sangat berarti bagi panitia acara” yang artinya adanya andi pada tempat acara itu sangat berarti bagi panitia acara.

Kata turunan hadir yaitu Menghadiri memiliki arti “mengunjungi (pertemuan, rapat) atau mengikuti (ceramah, Upacara). Contoh kalimatnya adalah “mereka menghadiri upacara wisuda anaknya” yang artinya “mereka” mengunjungi atau mengikuti upacara wisuda anaknya.

Kata turunan hadir berikutnya adalah menghadirkan yang memiliki arti “membuat supaya hadir (datang pada suatu tempat” contoh kalimatnya adalah “penyelenggara acara menghadirkan bintang tamu dari luar negeri” yang artinya adalah Penyelenggara acara membuat supaya hadir dari luar negeri bintang tamu ke tempat acara.

Kata turunan Hadir yang lainnya adalah Berhadir yang memiliki “ada Bersedia”. merupakan kata kerja dengan termasuk kata klasik dalam bahasa indonesia

Dalam bidang seni terdapat istilah Kehadiran Fisik yang berarti “keberadaan analisis untuk tujuan estetika maupun praktik dan penggunaan kehadiran aktor secara fisik”

Contoh Kalimat dengan Kata Presensi


Contoh kalimat dengan menggunakan pengertian presensi adalah sebagai berikut :”Bagi yang tidak mengisi daftar kehadiran tidak diperbolehkan mengisi Ujian”. Arti dari kalimat tersebut adalah bagi yang tidak mengisi daftar kehadiran tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

Contoh kalimat dengan menggunakan pengertian presensi yang kedua adalah “Seorang mahasiswa tertangkap tangan sedang mengisi daftar presensi bagi teman nya yang tidak ikut perkuliahan karena membolos”. Arti dari kalimat tersebut adalah seorang mahasiswa tertangkap tangan sedang mengisi daftar kehadiran bagi temannya yang sengaja membolos.

Contoh kalimat yang ketiga dengan pengertian presensi adalah “Sebaiknya pembuatan daftar presensi dilakukan jauh hari sebelum acara dimulai”. Arti dari kalimat tersebut adalah sebaiknya pembuatan daftar kehadiran dilakukan jauh hari sebelum acara dimulai.

Penutup


Demikianlah artikel tentang pengertian kata presensi ini. Semoga pembahasan diatas dapat menjadi informasi yang berguna dan menambah pemahaman kita terkait kata presensi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa diperlukan. Cukup sekian dari kami, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Presensi Menurut Kamus Bahasa Indonesia"