Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Pengertian Kosakata Yang Benar Menurut Kamus Bahasa Indonesia


Pengertian Kosakata Yang Benar Menurut Kamus Bahasa Indonesia


Mungkin kita pernah mendengar penggunaan kata ini dalam berbagai kesempatan, baik itu pembelajaran saat sekolah atau dari media pemberitaan. Tetapi apa sebenarnya arti Kosakata itu sendiri? Dan apa pengertian kosakata tersebut? Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas pengertian makna kata kosakata dan penjelasannya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Kotakata


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI, pengertian kosakata adalah “perbendaharaan kata”.

Kata perbendaharaan sendiri memiliki arti yang pertama “tempat menyimpan harta benda (keuangan dan sebagainya)”, yang kedua “kekayaan”, dan yang ketiga “kumpulan barang berharga”.

Sedangkan Arti “kata” adalah “unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa” yang kedua artinya “ujar atau bicara”. arti yang ketiga adalah “morfem atau kombinasi morfem yang oleh bahasawan dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas”. dan yang keempat memiliki arti “satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, terjadi dari morfem tunggal (misalnya batu, rumah, datang) atau gabungan morfem (misalnya pejuang, pancasila, mahakuasa)”.

Dengan demikian jika kita mengambil arti kata yang cocok, pengertian kosakata adalah “banyaknya kata yang dimiliki” atau “kekayaan kata yang dimiliki”.

Seseorang yang mengetahui makna kata dalam bahasa indonesia yang cukup banyak maka bisa dibilang ia memiliki kekayaan kata atau pemahaman kata dalam bahasa indonesia.

“Kosakata” adalah penulisan kata yang benar, tidak dipisah. Kata yang tidak baku untuk kata ini adalah “kosa Kata” dengan pemisahan atau memberi jarak.

Pengertian Kosakata subteknis adalah “kata atau frasa dari kosakata dasar yang digunakan dalam konteks teknis dengan makna khusus”

Sedangkan pengertian kosakata teknis adalah “kata atau frasa yang digunakan sebagai istilah dalam bidang tertentu”

Penutup


Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pengertian kosakata dan penjelasan istilahnya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan ilmu yang berguna bagi kita semua dan mendapatkan wawasan atau pemahaman yang benar terkait kata ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kosakata Yang Benar Menurut Kamus Bahasa Indonesia"