Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kata Daring Menurut Kamus Beserta Contohnya


Pengertian Kata Daring Menurut Kamus Beserta Contohnya


Pada zaman dewasa ini mungkin kita sering mendengar kata daring dalam berbagai kesempatan. Baik obrolan sehari hari dalam berkomunikasi atau dalam media lainnya. Tak heran karena daring merupakan salah satu istilah yang populer karena kita sekarang telah memasuki era industri yang katanya 4.0. tetapi tahukah kita apa arti daring? Maka dari itu dalam artikel ini kita akan coba membahas pengertian daring beserta berbagai contoh penggunaannya pada kalimat. Yuk disimak sampai selesai.

Pengertian Daring


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI, daring adalah “kata akronim atau gabungan dari dua kata yaitu dalam dan jaringan memiliki makna terhubung melalui jejaring komputer atau internet dan sebagainya.

Contoh kalimat yang menggunakan kata daring adalah:” Pada masa darurat seperti sekarang ini, kebanyakan pembelajaran dilakukan secara daring”. Arti dari kalimat tersebut adalah Hampir sebagian besar pembelajaran dilakukan dengan terhubung melalui jejaring internet pada masa darurat seperti sekarang ini.

Contoh kalimat berikutnya adalah :”Seminar yang digelar di Kota Malang tersebut dapat disaksikan melalui situs daring resminya secara langsung”. arti dari kalimat tersebut adalah Seminar yang digelar di kota Malang tersebut dapat disaksikan secara langsung melalui situs jejaring komputer atau jejaring internet resminya.

Contoh kalimat yang ketiga adalah :”Metode pembelajaran jarak jauh umumnya menggunakan aplikasi daring yang bisa didapat secara gratis”. Arti kalimat tersebut adalah Aplikasi yang terhubung dalam jaringan internet atau jejaring komputer dapat digunakan untuk metode pembelajaran jarak jauh yang umum serta bisa didapatkan secara gratis.

Pengertian Daring adalah?

Pembahasan Lanjutan Istilah Daring


Mungkin banyak yang belum mengetahui pengertian daring merupakan kata gabungan yang berasal dari dua kata sebagaimana penjelasan diatas. Lawan kata daring adalah luring. Kata luring sendiri adalah gabungan dari dua kata yaitu LUAR dan JARINGAN.

Bagi yang belum terbiasa dan masih asing menggunakan kata Daring dan Luring, mungkin lebih cocok menggunakan kata Online untuk Daring dan Offline untuk Luring. Tetapi perlu diingat bahwa kedua kata Online dan Offline merupakan kata bahasa asing dan tidak bisa digunakan untuk kepenulisan formal dalam bahasa indonesia yang baik dan benar.

Perluasan makna kata daring adalah suatu proses atau keadaan dari komputer untuk bisa saling bertukar data atau informasi satu sama lain karena sudah terhubung dalam jaringan komunikasi elektronik.

Kadang dalam penggunaan kata ini pada bidang komputer. Beberapa kata pengganti kata daring adalah Terhubung atau Tersambung. Yang jika terdapat istilah suatu komputer Terhubung atau Tersambung. Berarti yang dimaksud adalah komputer tersebut terhubung / tersambung ke jaringan komunikasi elektronik atau internet. 

Dalam perkembangannya, penggunaan kata ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti Online Games atau permainan daring adalah permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komunikasi elektronik komputer untuk bermain dengan pengguna internet lain. Aktivitas lainnya adalah seminar daring, pembelajaran daring, kuliah daring, penyiaran pemberitaan daring dan lain sebagainya.

Contoh kalimat arti Daring

Penutup


Sekian pembahasan artikel ini tentang pengertian daring, semoga informasi diatas dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua serta dapat menambah wawasan kita terkait kata daring. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika diperlukan. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Referensi : KBBI

Posting Komentar untuk "Pengertian Kata Daring Menurut Kamus Beserta Contohnya"