Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hipokrit Menurut Kamus dan Contohnya


Pengertian Hipokrit Menurut Kamus dan Contohnya


Mungkin pernah kita mendengar istilah hipokrit dalam berbagai kesempatan, atau bahkan kita juga pernah menggunakannya. Tetapi tahukah kita apa arti hipokrit itu? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian hipokrit dan penjelasan maknanya pada contoh kalimat. Yuk kita simak sampai habis penjelasan berikut ini.

Pengertian Hipokrit


Menurut Kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI pengertian Hipokrit adalah “Munafik” untuk kata adjektivnya dan “orang yang suka berpura pura” untuk sebagai kata benda. Kata ini dapat dilakukan pemenggalan menjadi Hi- Po- Krit.

Sedangkan Arti Munafik sendiri adalah “berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak; suka (selalu) mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya; bermuka dua”. kata ini merupakan kata sifat dan berasal dari etimologi Arab yaitu kata “Munafiq” yang berarti orang yang berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Hipokrit


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian hipokrit adalah sebagai berikut :” Perusahaan besar harus berhati hati dalam menerima karyawan dengan tipe hipokrit”. Arti dari kalimat tersebut adalah perusahaan besar harus berhati hati jika menerima karyawan yang termasuk suka berpura pura.

Contoh kalimat yang kedua dari menggunakan pengertian hipokrit adalah sebagai berikut :” Seorang politisi yang korupsi biasanya memiliki sifat hipokrit sehingga tidak takut dalam melakukan perbuatannya”. Arti dari kalimat tersebut adalah seorang politisi yang terbukti korupsi biasanya memiliki sifat munafik sehingga perilaku korupsi itu tidak takut ia lakukan.

Contoh kalimat yang ketiga untuk pengertian hipokrit adalah:” Seorang sebaiknya menghindari diri dari sikap hipokrit karena bisa dijauhi banyak orang”. Arti dari kalimat tersebut adalah seseorang sebaiknya menghindari diri dari sikap suka berpura pura karena bisa saja dengan sikap tersebut ia dijauhi banyak orang

Pembahasan Lanjutan Pengertian Hipokrisi



Selain kata hipokrit, terdapat juga kata Hipokrisi (Hi- Po- Kri - Si) yang memiliki arti “kemunafikan”. Atau sama dengan “perihal munafik”. sikap hipokrisi atau kemunafikan ini memiliki perilaku yang tidak konsisten setelah ia berkata tentang akan melakukan sesuatu. Hipokrisi sendiri berasal dari kata Yunani (hypokrisis) yang artinya “Berpura - pura”, “Cemburu”, “pengecut”.

Sikap hipokrisi ini telah menjadi topik yang menarik perhatian berbagai kalangan. Seperti para pemerhati sosial atau ahli sosial dan psikologi sosial. Kadang sikap ini disebut penipuan referensial diri menurut peneliti Eva Kittay. Dan menurut pemikir Inggris Gilbert Ryle hipokrisi adalah sikap yang mencoba untuk tampak melakukan sesuatu dari motivasi lain daripada motivasi sesungguhnya.

Penutup


Itu tadi pembahasan artikel mengenai pengertian Hipokrit beserta penjelasan contohnya. Hipokrit memang memiliki persamaan dengan kata munafik pada Kamus BBI dan kedua kata tersebut bisa digunakan untuk makna yang sama.

Mudah mudahan informasi diatas menjadi informasi yang berguna, mampu menambah wawasan kita serta meningkatkan pemahaman kita. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain serta membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Referensi 

Posting Komentar untuk "Pengertian Hipokrit Menurut Kamus dan Contohnya"