Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Batu Menurut Kamus Indonesia


Pengertian Batu Menurut Kamus Indonesia


Mungkin kita sering mendengar orang orang menggunakan kata ini dalam keseharian berkomunikasi. Tetapi apakah kita mengetahui arti kata batu itu sendiri? Jika belum, maka dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian batu beserta penjelasan maknanya menurut kamus bahasa indonesia. Yuk kita simak pembahasan berikut sampai selesai.

Pengertian batu


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI. Pengertian batu memiliki beberapa arti dan makna yang berbeda beda. Sehingga penggunaannya dalam konteks kalimat yang berbeda dapat mengubah artinya. Berikut beberapa arti dari kata batu:

Pengertian Batu yang pertama adalah benda keras dan padat yang berasal dari bumi atau planet lain, tetapi bukan logam. Contoh kalimatnya adalah :” para ahli geologi tersebut meneliti proses pembentukan batu itu”

Arti kedua kata batu adalah akik (untuk mata cincin dan sebagainya). Contoh kalimatnya “Ayah membeli batu untuk diolah dan digunakan sebagai hiasan cincin”

Pengertian Batu yang ketiga adalah intan buatan (untuk melicinkan poros-poros pada arloji). “Kakek membeli jam tangan mewah dengan dua puluh batu didalamnya”

Arti keempat kata batu adalah baja kecil sebagai pencetus api (pada geretan dan sebagainya. Contoh kalimatnya adalah :” Nenek membeli geretan baru karena geretan yang lama telah habis batunya”

Pengertian Batu yang kelima adalah baterai (pada lampu senter dan sebagainya). contoh kalimat dengan menggunakan arti tersebut adalah :” Perangkat elektronik tersebut membutuhkan empat buah batu agar bisa menyala”

Arti batu yang keenam adalah buah (dalam permainan catur dan sebagainya) contoh kalimatnya adalah “Paman tidak bisa memainkan caturnya karena beberapa buah catur dihilangkan oleh adik”

Makna ketujuh pengertian batu adalah kata penggolong bagi gigi: contoh kalimatnya adalah gigi dua batu

Arti batu yang ketujuh adalah tonggak (pal, mil): contoh kalimatnya adalah :” jarak dari rumah ini ke rumahmu adalah 4 batu”

Makna kesembilan pengertian batu adalah kata kiasan untuk keras seperti batu. Contoh kalimatnya adalah :” pria itu memiliki hati yang keras seperti batu.

Berbagai Istilah dalam Kata batu


Batu akik adalah batu yang berwarna yang biasanya dijadikan untuk permata cincin atau sebagainya. Batuan ini dalam ilmu geologi termasuk batuan kalsedon yang tersusun berlapis lapis dan terdiri dari berbagai warna.

Batu alam adalah batu yang dapat ditemukan di alam dan bukan merupakan buatan manusia yang biasanya dapat dipakai sebagai bahan bangunan dengan sedikit pengolahan sebelum siap digunakan.

Pengertian batu bata adalah batu yang memiliki bentuk segi empat dan biasanya terbuat dari tanah liat yang cara pembuatannya dengan cara dibakar. Batu ini biasanya digunakan sebagai material membuat bangunan.

Batu bersurat sama artinya dengan batu bertulis adalah batu yang berisi tulisan kuno atau disebut juga dengan prasasti.

Istilah batu nisan adalah batu sebagai tanda pada kuburan.

Batu api adalah batu yang digunakan untuk membuat api atau bagian baja pada geretan sebagai pencetus api. Kata ini biasanya juga dapat dijadikan kata kiasan yang berarti Penghasut.


Penutup


Demikianlah artikel tentang Pengertian batu beserta penjelasan berbagai maknanya. Mudah mudahan informasi diatas bisa menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa diperlukan. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Batu Menurut Kamus Indonesia"