Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian baju Menurut Kamus Indonesia


Pengertian baju Menurut Kamus Indonesia


Mungkin kita sering mendengar orang orang menggunakan kata ini dalam keseharian berkomunikasi. Tetapi apakah kita mengetahui arti kata baju itu sendiri? Jika belum, maka dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian baju beserta penjelasan maknanya menurut kamus bahasa indonesia. Yuk kita simak pembahasan berikut sampai selesai.

Pengertian baju


Menurut Kamus besar bahasa indonesia atau biasanya disingkat KBBI, pengertian baju adalah “pakaian penutup badan bagian atas dengan banyak ragam dan namanya”. kata ini termasuk kata benda dengan pemenggalan katanya yaitu Ba- Ju.

Contoh kalimat yang menggunakan kata baju adalah :” Indonesia memiliki banyak jenis baju khas untuk masing masing daerah, karena bangsa indonesia terdiri dari berbagai macam suku dengan budayanya yang berbeda beda”

Kata turunan untuk kata baju ada beberapa. Kata turunan yang pertama adalah berbaju yang memiliki arti “ memakai baju”. Contoh kalimatnya adalah “Andi sedang berbaju dengan baju yang bagus untuk menyambut kedatangan saudaranya dari luar kota”

Kata turunan yang kedua adalah membajui yang berarti “Mengenakan baju kepada …. “. contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah “Ibu itu sedangan membajui anak balitanya dengan baju yang baru, karena baju sebelumnya kotor”

kata turunan yang ketiga adalah sebaju yang berarti “satu baju”. contoh kalimat dengan kata ini adalah sebagai berikut :” Penjahit asal Malang, Jawa timur itu bisa memproduksi sebaju dalam waktu satu hari.

Berbagai Istilah dalam Kata baju


Pengertian Baju (belah) Benian adalah baju yang halus buatannya dan lubang kancingnya diberi tali.

Baju (kemeja) Buntung adalah baju berjenis kemeja yang tidak memiliki lengan.

Baju alang adalah istilah untuk baju kurung yang memiliki lengan baju pendek.

Baju Anggerka adalah baju dalam yang panjang dan berkancing biasanya bermodel india digunakan untuk pria.

Pengertian Baju antakusuma adalah baju yang dipakai oleh gatotkaca dalam cerita wayang yang digunakan untuk terbang. Kata baju antakusuma ini adalah termasuk kata klasik dalam bahasa indonesia

Baju antari adalah istilah untuk baju dalam berbentuk panjang yang dibagian luarnya dikenakan lagi jubah model arab yang bentuknya seperti baju Anggerka. Dan arti yang kedua adalah baju panjang yang biasanya dipakai oleh orang yang naik haji.

Istilah Baju bajang adalah baju yang bagian bawahnya menyerupai ekor burung layang layang.

Baju bodo adalah baju khas atau pakaian adat untuk wanita suku Bugis dan Makassar

Bajur renang adaah baju khusus yang dipakai oleh perempuan untuk mandi di kolam renang atau pemandian.

Baju Terusan adalah pakaian yang hanya memiliki satu bagian dengan bagian atas dan bagian bawah menjadi satu.

Baju Tidur adalah baju yang didesain khusus untuk keperluan tidur

Baju rompi adalah jenis baju yang tidak berlengan dan baju ini biasanya dipakai pada bagian luar sebagai pelindung atau pelapis.

Baju zirah atau Zirah adalah baju yang terbuat dari besi atau baju dari rantai yang digunakan untuk berperang pada zaman dahulu.

Pengertian Baju mandi adalah baju yang dibuat khusus untuk dipakai mandi di pemandian. Kata ini juga memiliki persamaan arti dengan baju renang.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Pengertian baju beserta penjelasan berbagai maknanya. Mudah mudahan informasi diatas bisa menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa diperlukan. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian baju Menurut Kamus Indonesia"