Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ambigu Menurut Kamus Beserta Contohnya


Pengertian Ambigu Menurut Kamus Beserta Contohnya


Dalam keseharian mungkin kita pernah mendengar kata Ambigu atau mungkin kita juga pernah menggunakan kata tersebut dalam kita berkomunikasi dengan orang lain. Penggunaan kata ambigu ini juga muncul dalam berbagai kesempatan di media pemberitaan. Tetapi apa sebenarnya arti kata ambigu?. Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian ambigu menurut kamus beserta contohnya. Yuk kita simak pembahasan berikut hingga selesai.

Pengertian Ambigu


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI, Pengertian Ambigu adalah “sesuatu yang bermakna lebih dari satu sehingga kadang kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan dan sebagainya, bermakna ganda atau taksa

Kata yang mirip artinya dengan kata ambigu adalah kata taksa yang berarti “mempunyai makna lebih dari satu, kabur, atau meragukan (tentang makna)”. Kata turunan taksa adalah ketaksaan yang berarti “perihal taksa; kekaburan; keraguan (tentang makna)”. Ketaksaan ini memiliki persamaan makna terhadap kata ambiguitas. 

Kata Ambigu adalah termasuk kata adjektiva atau kata sifat yang menjelaskan nomina atau pronomina. Jika dilakukan pemenggalan kata maka akan menjadi Am Bi Gu.

Contoh Kalimat dengan kata Ambigu


Contoh kalimat yang menggunakan kata ambigu adalah sebagai berikut:” Penjelasan terkait kebijakan pemerintah tentang ekonomi sebaiknya tidak ambigu agar pelaku usaha mampu memiliki rasa aman dalam menjalankan usahanya”. Arti dari kalimat tersebut adalah agar para pengusaha memiliki rasa aman dalam menjalankan usahanya, pemerintah seharusnya tidak menjelaskan kebijakan ekonomi nya yang memilki makna lebih dari satu dan memiliki ketidakjelasan.

Contoh kalimat kedua dengan kata ambigu adalah sebagai berikut :” Aturan baru yang disahkan tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan dikalangan masyarakat karena Ambigu”. Arti dari kalimat tersebut adalah Aturan baru yang disahkan tersebut memiliki makna lebih dari satu, bermakna ganda serta menimbulkan keraguan dan ketidakjelasan sehingga berpotensi membuat masyarakat gaduh.

Contoh kalimat yang ketiga dengan kata ambigu adalah sebagai berikut :” Dalam melakukan transaksi elektronik sebaiknya masyarakat waspada terhadap peraturan penyedia jasa layanan elektronik yang ambigu karena berpotensi melakukan penipuan”. Arti dari kalimat tersebut adalah Masyarakat diminta selalu waspada dalam melakukan transaksi elektronik terhadap para penyedia jasa layanan elektronik yang memiliki aturan yang tidak jelas, bermakna ganda dan menimbulkan keragu raguan karena berpotensi melakukan penipuan.

Penjelasan Lanjutan Mengenai Kata Ambigu


Kata ambigu dalam bahasa indonesia tidak sama dengan kata “ambigu” dalam bahasa asing. Beberapa kata Ambigu dalam bahasa asing bisa berarti permainan kartu, salah satu istilah makanan dalam istilah bahasa perancis.

Untuk arti bahasa inggris dari kata ambigu adalah “Ambiguous” bukan “ambigu seperti yang dijelaskan sebelumnya

Penggunaan kata ambigu ini biasanya dipakai untuk beberapa kalimat seperti aturan yang ambigu, kebijakan yang ambigu, tindakan yang ambigu, penjelasan yang ambigu dan lain sebagainya.

Penutup


Demikianlah artikel tentang pengertian ambigu menurut kamus beserta contoh dan penjelasannya. Ambigu adalah kata dalam bahasa indonesia yang artinya bermakna ganda dan memiliki persamaan makna dengan kata Taksa. Mudah mudahan artikel diatas dapat memberikan informasi yang berguna bagi kita semua dan menambah wawasan serta pemahaman kita. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Ambigu Menurut Kamus Beserta Contohnya"