Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Jogging artinya apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Jogging artinya apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Jogging selama ini mungkin sering terdengar di telinga kita dari pemberitaan maupun dari obrolan teman teman kita tetapi apa sebenarnya arti jogging maka untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian jogging beserta penjelasan lengkapnya yang berkaitan dengan istilah jogging. 

Pengertian Kata Joging


Menurut Kamus besar bahasa indonesia atau KBBI joging atau jogging artinya berlari pelan antara lain lari dan berjalan untuk kesehatan. Joging merupakan kata kerja, dan penggunaannya pada kalimat contohnya adalah sebagai berikut;”Sekarang ini joging merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak digemari”. Arti dari kalimat tersebut adalah kegiatan berlari pelan sekarang ini banyak peminatnya.

Jadi arti Jogging adalah bentuk aktifitas lari yang larinya itu berada dalam kecepatan lambat atau lari dalam keadaan santai. Maksud tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kebugaran jasmani tubuh kita tetapi dengan mengeluarkan sedikit tekanan dibanding dengan olahraga berlari dan juga sedikit lebih berat dibandingkan berjalan. Dengan demikian bisa mempertahankan kecepatan yang tetap atau ritme yang tetap untuk waktu yang lebih lama. Dan saat dilakukan dalam jarak jauh maka pelatihan ini termasuk menjaga ketahanan aerobik.

Sejarah Jogging


Arti kata “Jog” berasal dari Inggris pada abad pertengahan. Walaupun demikian makna kata awalnya masih belum diketahui. Meskipun demikian beberapa teori menyatakan kata ini berasal dari kata “shog” yang artinya goyang atau tersentak.

Kata Jog secara sering digunakan di Inggris dan Amerika Utara untuk mendeskripsikan pergerakan yang cepat baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja. Di amerika serikat jogging disebut “roadwork” ketika atlet sedang dalam pelatihan. Di selandia baru pada tahun 1960an hingga 1970an kata “roadwork” kemudian ditambahkan katanya menjadi kata “jogging” yang di promosikan oleh pelatih olahraga Arthut Lydiard yang juga sebagai salah satu orang yang mempopulerkan jogging.

Ide Jogging dijadikan aktifitas yang terorganisir dimulai dari artikel pada halaman olahraga media massa di selandia batu pada februari 1962. isi dari artikel itu mengatakan sekelompok mantan atlet dan pegiat fitnes yang bertemu sekali dalam seminggu untuk berlari untuk “fitnes dan bersosialisasi”. semenjak mereka melakukan jogging, media cetak menyatakan kelompok itu sebagai Auckland Jogger Club yang bisa dianggap bahwa penggunaan kata Jogger. 

Seorang pelatih University of Oregon bernama Bill Bowerman setelah jogging dengan Lydiard di selandia baru pada tahun 1962 memulai klub Jogger di Eugene pada tahun 1963 awal dan kemudian mengeluarkan buku tentang jogging pada tahun 1966 dan mempopulerkan jogging di Amerika Serikat.

Bentuk Olahraga Jogging


Jogging merupakan salah satu bentuk olahraga yang digunakan untuk pemanasan sebelum olahraga inti atau lari atau digunakan untuk melakukan pendinginan setelah melakukan lari. Jogging juga digunakan untuk orang yang ahli dalam olahraga lari untuk penyembuhan aktif pada latihan interval. Sebagai contoh pelari yang melakukan lari dengan cepat dalam jarak 400 meter pengulangan dalam jeda 3 menit km dimungkinkan untuk mengurangi pada jeda jogging 5 menit km untuk lap relaksasi atau penyembuhan

Manfaat Jogging


Menurut penelitian dari Universitas Stanford Jogging adalah olahraga yang efektig untuk meningkatkan masa hidup seorang manusia dan mengurangi edek dari penuaan dengan bermanfaat untuk sistem kardiovaskular. Selain itu jogging juga berguna untuk melawan obesitas dan tetap menjaga kesehatan.

Penutup


Demikianlah Pembahasan kita terkait arti jogging beserta penjelasan yang terkait dengan olahraga ini. Mudah mudahan menjadi informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf sekian terima kasih…

Posting Komentar untuk "Jogging artinya apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya"