Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frontal Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Frontal Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Media surat kabar maupun media massa lainnya kadang kali pernah memberitakan sesuatu dengan menggunakan kata frontal. Mungkin rasanya kita mengetahui arti kata tersebut tetapi bisa jadi kita tidak tahu makna sebenarnya dari kata frontal. Jadi sebenarnya apa arti kata tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang arti frontal beserta penjelasan makna dan contoh penggunaannya pada kalimat. Yuk kita simak penjelasan dibawah ini sampai habis.

Pengertian Arti Frontal


Menurut kamus besar bahasa indonesia frontal artinya secara terbuka atau berhadap hadapan yang merupakan kata adjektiva atau kata sifat (kata yang menjelaskan nomina kata benda atau pronomina). kata frontal ini penggunaannya dalam kalimat contohnya adalah sebagai berikut;” Para teroris itu menggunakan serangan frontal tetapi terhadap tentara indonesia tetapi masih bisa digagalkan”. Arti dari kalimat tersebut adalah teroris melakukan serangan secara terbuka atau berhadap hadapan dengan tentara nasional indonesia tetapi akhirnya bisa digagalkan.

Penjelasan Lanjutan Kata Frontal


Menurut kamus merriam-webster, kata frontal artinya yang pertama berkaitan dengan atau berdekatan dengan dahi yang kedua berkaitan dengan-atau terletak di depan yang ketiga frontal adalah diarahkan kedepan atau pada titik utama atau masalah. Yang keempat frontal adalah sejajar dengan sumbu utama tubuh dana pada sudur kanan ke bidan sagital dan terkahir yang keempat, frontal memiliki arti dari atau berkaitan dengan front meteorologi.

Dari kamus merriam-webster diatas, bisa disimpulkan bahwa kata frontal memiliki arti yang berbeda tergantung penggunaannya pada kalimat. Contoh penggunaannya pada kalimat adalah;” Orang orang sekitar tempat kejadian menyatakan bahwa mobil tersebut melaju dan terjadi tabrakan frontal” artinya mobil tersebut menabrak dengan sesuatu yang ada di depannya.

Menurut kamus ini Frontal berasal dari bahasa inggris abad pertengahan yaitu kata “frontel” yang kata tersebut berasal dari bahasa latin pertengahan yaitu frontellum, merupakan bentuk kecil dari latin untuk kata “front” yaitu frons

Menurut Kamus Cambridge frontal artinya adalah yang pertama berkaitan dengan bagian depan sesuatu. Kemudian arti yang kedua adalah di, dari atau ke depan. Dan arti frontal dalam bidang medis adalah sesuatu yang bergubungan dengan dahi. Contoh kalimatnya adalah;” Proses pembelajaran di bidang sagital dan frontal dilakukan secara bersamaan.”

Terakhir bisa dibedakan juga antara kata frontal dan kata front. Menurut kamus besar bahasa indonesia front artinya bagian terdepan atau garis depan yang kedua medan pertempuran dan arti kata yang ketiga adalah gerakan kesatuan atau gerakan bersama dalam mencapai suatu tujuan politik atau ideologi.

Penutup 


Jadi ada beberapa arti dari kata frontal yang bisa digunakan tergantung sumber kamus mana yang dipakai. Tetapi untuk bahasa indonesia dan menyesuaikan dengan cara berbahasa orang indonesia, maka kita bisa menggunakan pengertian yang pertama yaitu pengertian arti kata berdasarkan kamus besar bahasa indonesia atau KBBI. Kata frontal pun juga berbeda dengan kata front yang kadang bisa membuat kita menjadi bingung untuk membedakannya.

Demikianlah artikel tentang pengertian dan arti kata frontal dan penjelasannya berdasarkan kamus. Mudah mudahan bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang berguna bagi kita semua. Jangan lupa membagi tulisan ini jika dirasa diperlukan dan bisa berguna untuk orang lain. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf terima kasih.

Posting Komentar untuk "Frontal Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya"