Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Tahukah Kalian Arti Sinkron? Ini Penjelasannya


Tahukah Kalian Arti Sinkron? Ini Penjelasannya


Mungkin kita pernah mendegar beberapa orang menggunakan kata sinkron ini dalam kalimatnya, atau kita sendiri mungkin kita pernah menggunakannya dalam keseharian kita berkomunikasi. Tetapi tahukah kita apa sebenarnya arti dari kata sinkron? Dalam artikel kali ini kita akan mencoba membahas pengertian sinkron dan penjelasan maknanya. Yuk kita simak penjelasan berikut ini sampai habis.

Pengertian Sinkron


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sinkron memiliki dua arti. Arti yang pertama adalah “Terjadi atau berlaku pada waktu yang sama atau serentak” Arti yang kedua sinkron adalah “sejalan dengan… atau sejajar atau sesuai atau selaras”

Contoh penggunaanya pada kalimat adalah sebagai berikut:” Pertumbuhan ekonomi disetiap daerah di Indonesia tidak terjadi secara sinkron sehingga pemerataan ekonomi terlihat seperti tidak adil” dalam kalimat tersebut maknanya adalah pertumbuhan ekonomi disetiap daerah di Indonesia tidak berjalan pada waktu yang sama atau serentak sehingga pemerataan ekonomi terlihat tidak adil.

Contoh kedua pada kalimat adalah sebagai berikut:” Aplikasi kebijakan ekonomi pada masyarakat tidak sinkron dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang sesungguhnya”. Arti dari kalimat tersebut adalah Aplikasi kebijakan ekonomi pada masyarakat tidak sesuai atau tidak sejalan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang sesungguhnya.

Contoh kalimat ketiga adalah sebagai berikut:” Pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial berskala besar di daerah Kota Surabaya harus sinkron dengan kebijakan daerah penyangga lainnya”. Arti dari kalimat tersebut adalah, Pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial berskala besar di daerah kota Surabaya harus dilakukan pada waktu yang sama dengan kebijakan daerah penyangga lainnya.

Pembahasan Istilah Lainnya


Menyinkronkan adalah kata turunan kata sinkron yang artinya “menyejajarkan atau menyerentakan” contoh kalimatnya adalah “pemerintah menyinkronkan program sekolah dasar di seluruh daerah di Indonesia”

SInkronisasi adalah “perihal menyinkronkan atau penyerentakan” bisa juga “penyesuaian antara bunyi (suara) dengan sikap mulut atau mimik”. Contoh kalimat dengan kata ini adalah :”Dalam melaksanakan tugasnya setiap karyawan lembaga pemerintah haruslah menerapkan prinsip koordinasi intergrasi dan sinkronisasi”

Dalam ilmu komputer terdapat istilah sinkronisasi data yang artinya adalah proses pembentukan konsistensi diantara data dari sumber menuju penyimpanan data target dan sebaliknya secara kontinu dalam harmonisasi data sepanjang waktu

Penutup


Demikianlah artikel tentang penjelasan arti sinkron beserta pengertian makna dan contoh kalimatnya. Semoga informasi diatas dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua serta menambah wawasan dan pemahaman kita. Jangan lupa membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tahukah Kalian Arti Sinkron? Ini Penjelasannya"