Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Monoton Adalah Apa? Ini Menurut Kamus Bahasa Indonesia


Arti Monoton Adalah Apa? Ini Menurut Kamus Bahasa Indonesia


Mungkin sehari hari kita sering mendengar orang mengucapkan kata monoton. Atau mungkin kita juga pernah menggunakan kata ini dalam pembicaraan kita ataupun dalam komunikasi kita sehari hari. Tetapi tahukah kita apa arti monoton itu sendiri? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas arti kata monoton, beserta penjelasan maknanya. Yuk kita simak penjelasan berikut sampai selesai

Pengertian Kata Monoton


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Monoton adalah “berulang-ulang selalu sama nada, bunyi, ragam, dan sebagainya”. Arti yang kedua adalah “selalu sama dengan yang dulu atau itu-itu saja, tidak ada ragamnya” dan arti yang ketiga biasanya dalam bidang kesenian memiliki adalah” jenis adegan dengan dinamika yang selalu sama”.

Contoh kalimat dengan menggunakan arti monoton yang pertama adalah:” Lagu tersebut membosankan karena monoton”. Arti dari kalimat tersebut adalah lagu tersebut berulang ulang sama nada, bunyi dan ragamnya sehingga membosankan.

Contoh kalimat yang menggunakan arti monoton yang kedua adalah sebagai berikut:” Acara televisi pada zaman sekarang ini menurut saya monoton dan tidak terlalu menghibur”. Arti dari kalimat tersebut adalah menurut “saya” acara televisi pada masa sekarang ini selalu sama dengan yang dulu atau itu itu saja, tidak ada ragamnya serta tidak menghibur.

Contoh Kalimat dengan arti yang ketiga adalah:” Pertunjukan kesenian tari tersebut tidak menarik wisatawan karena monoton”. Arti kalimat tersebut adalah pertunjukan kesenian tersebut memiliki jenis adegan dengan dinamika yang selalu sama sehingga tidak menarik wisatawan.

Monoton pada arti yang pertama dan arti yang kedua merupakan kata sifat atau adjektiva yang menjelaskan nomina atau pronomina. Kemudian arti monoton yang ketiga merupakan kata benda atau nomina. Kata monoton bila dipenggal katanya akan menjadi terdiri dari Mo.No.Ton

Penjelasan Lanjutan Terkait Kata Monoton


Menurut Kamus luar negeri cambridge, monoton adalah “tidak berubah sehingga / Karenanya membosankan. Menurut kamus merriam webster, Monoton adalah 1: diucapkan atau dibunyikan dalam satu nada yang tidak berubah: ditandai oleh kesamaan nada dan intensitas 2: seragam yang membosankan atau tidak bervariasi. Menurut kamus Collins, monoton dikatakan sangat membosankan karena memiliki pola biasa dan berulang yang tidak pernah berubah.
 

Penutup


Demikianlah pembahasan artikel ini mengenai arti kata monoton berdasarkan KBBI beserta contoh kalimatnya. Mudah mudahan artikel ini menjadi informasi yang berguna dan menambah wawasan kita. Jangan lupa untuk membagi artikel ini jika dirasa diperlukan yaa. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon dimaafkan dan terima kasih…

Posting Komentar untuk "Arti Monoton Adalah Apa? Ini Menurut Kamus Bahasa Indonesia"