Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Mentor Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Arti Mentor Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Mungkin sering kita menjumpai pada promosi seminar offline maupun online kata kata “mentor Ternama” atau “mentor nasional” pada poster mereka. Tak heran kata kata tersebut menjadi salah satu kata kunci utama pada sebuah acara seminar bisnis atau yang menyerupainya. Tetapi apakah kita mengetahui apa arti mentor sebenarnya? Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas pengertian mentor dan beberapa penjelasan yang terkait dengan kata tersebut. Yuk disimak hingga selesai.

Pengertian Mentor


Menurut kamus besar bahasa indonesia mentor artinya pembimbing atau pengasuh yang biasanya ditujukan untuk mahasiswa. Walaupun sebenarnya mentor ini juga tidak terbatas pada mahasiswa. Mentor merupakan kata benda atau nomina.

Contoh penggunaan kata mentor pada kalimat adalah:” Setiap mahasiswa yang diterima di universitas brawijaya akan diberi mentor” arti dari kalimat tersebut adalah mahasiswa universitas Brawijaya yang telah diterima maka kesemuanya akan diberikan pendamping atau pengasuh.

Contoh kalimat berikutnya adalah :” seseorang dalam menjalankan bisnisnya haruslah memiliki mentor agar bisnisnya tidak salah jalan” arti kalimat tersebut adalah seseorang  pengusaha harus memiliki pembimbing atau pengasuh agar usahanya atau bisnisnya tidak salah jalan.

Penjelasan Lebih Lanjut Tentang Mentor


Proses pembimbingan oleh mentor adalah mentoring, atau dalam bahasa awamnya pembimbing adalah orang yang melakukan pembimbingan. Dengan demikian mentoring bisa dikatakan sebagai hubungan sosial manusia yang seseorang lebih berpengalaman atau lebih berpengetahuan membantu seseorang yang memiliki pengetahuan lebih sedikit atau kurang berpengalaman atau tidak berpengalaman dengan maksud untuk membimbingnya.

Seseorang disebut mentor tidak harus lebih tua dari yang dibimbing, bahkan bisa juga mentor itu merupakan seseorang yang lebih muda dari yang dibimbing. Walaupun demikian mentor muda harus memiliki pengetahuan dan keahlian yang benar dan mumpuni dalam suatu area pembahasan mentoring.

Interaksi dengan seseorang yang ahli juga dibutuhkan utnuk mendapatkan penmbahan kualitas. Mentor lebih dikedepankan memberikan pengalaman dan hubungan terstruktur atau terorganisir yang memberikan bantuan psikologis, pengarahan karir, pemodelan karakter seseorang yang melibatkan sang anak didik. Seseorang yang disebut anak didik atau yang dibimbing oleh mentor dinamakan mentee.

Teknik yang bisa digunakan seorang mentor ada beberapa menurut buku “Working Wisdom: Timeless Skills and Vanguard Strategies for Learning Organizations”. 

1.Pendampingan : membuat komitmen untuk peduli termasuk didalamnya melibatkan diri untuk mengambil bagian dalam proses pembelajaran berdampingan dengan pelajar

2.Menabur : Latar belakang Teknik ini seseorang mentor sering dihadapkan dalam kesulitan mempersiapkan pelajar sebelum mentee benar benar bisa. Maka Menabur memiliki arti apapun yang terjadi mentor tetap memberikan pelajarannya meskipun pada awalnya seseorang tidak mengerti. Namun pada akhirnya mentee dipercaya akan mendapatkan maksud pengajaran itu saat pengalaman nyata terjadi

3.Katalisasi : Teknik ini menggunakan tekanan kritis dalam berpikir untuk meningkatkan pembelajaran. Penanaman pelajaran dilakukan dingan memprovokasi cara berpikir yang berbeda

4.Menunjukan : Teknik ini menggunakan mentor sendiri sebagai contoh, menunjukan pengalaman, aktivitas atau hasil manfaat pembelajaran dari mentor langsung.

5.Memanen : Teknik ini menggunakan pengetahuan atau pengalaman dasar seorang anak didik sebelumnya, kemudian menciptakan kesadaran baru atau menarik kesimpulan dari berbagai pengalaman atau pengetahuan tadi

Pembahasan Istilah Mentor yang Lain


Profession Mentor adalah seseorang yang mengetahui arah, tren, hal hal yang penting lainnya dari suatu profesi dalam perusahaan dan mengajarkan pengetahuannya kepada seseorang yang baru memasuki profesi tersebut dalam suatu perusahaan.

Industry Mentor adalah seseorang yang tidak hanya fokus pada profesi tetapi seluk beluk suatu industri secara utuh. Pengajarannya biasanya termasuk hal hal paling penting dalam suatu industri yang bersangkutan

Organization mentor adalah mentor dalam suatu organisasi yang memberikan penjelasan misi dan strategi sejelas jelasnya kepada mentee dalam organisasi tersebut agar sesuai jalur karena lingkungan organisasi yang sering berubah

Work Process Mentor adalah mentor yang bisa menjelaskan rangkaian projek suatu pekerjaan dengan baik mengenai mana yang penting atau tidak, mana yang didahulukan terlebih dahulu dan mana yang bisa disingkirkan dan sebagainya. Mentor tipe ini cenderung menolong pekerja untuk menyelesaikan tugas secara cepat dan efisien.

Selain tipe tipe dan istilah mentor diatas, terdapat beberapa istilah tipe mentor lain yang ada dan bisa dipelajari.

Penutup


Demikianlah artikel tentang pengertian mentor ini beserta penjelasan maknanya. Semoga informasi diatas bisa memberikan pengetahuan dan wawasan baru. Jangan lupa untuk membagi informasi ini jika dirasa diperlukan. Kurang lebihnya mohon maaf sekian terima kasih.

referensi:
www.kbbi.web.id
www.wikipedia.com

Posting Komentar untuk "Arti Mentor Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya"