Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Jemu, Maknanya dan Penggunaan Kata Pada Kalimat


Arti Kata Jemu, Maknanya dan Penggunaan Kata Pada Kalimat


Dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian dari kata jemu. Mungkin beberapa dari kita ada yang sudah sering menggunakan kata ini dan juga sering mendengarnya, jari apa sebenarnya arti katanya? yuk kita simak penjelasannya

Pengertian Kata Jemu


Menurut kamus besar bahasa indonesia, arti kata jemu adalah sudah tidak suka lagi (makan, melihat, dan sebagainya) karena terlalu sering dan sebagainya; bosan. Jadi kalau kita simpulkan dari penjelasan kamus besar bahasa indonesia diatas, maka jemu adalah kata untuk menunjukan perasaan diri tidak suka lagi terhadap sesuatu seperti tidak suka lagi pada makanan, pada suatu benda, suatu kondisi tertentu, apa yang dilihat, apa yang dirasakan, apa yang dilakukan, dan lain sebagainya karena terlalu sering melakukan, merasakan dan lain sebagainya. 

Jemu adalah kata yang juga memiliki arti bosan. Yang keduanya sebenarnya memiliki arti kata dan makna yang sama. Dengan demikian saat penggunaannya dalam kalimat atau percakapan, tidak mengapa mengganti kata jemu tersebut dengan kata bosan. Contoh penggunaan kata jemu adalah; “Malin jemu karena dia disuruh melakukan pekerjaan rumah seharian tanpa bermain bersama teman temannya”. Arti kalimat tersebut adalah, Malin merasa bosan karena dia merasa tidak suka lagi dan terlalu sering melakukan pekerjaan rumah seharian sedangkan ia ingin bermain bersama teman temannya.

Contoh kalimat lainnya dari kata jemu adalah;”Pecakapan yang panjang lebar itu membuatku merasa jemu”. arti dari kalimat diatas adakah “aku” merasa bosan akibat percakapan yang dilakukan dengan panjang lebar.

Turunan Kata Jemu Adalah?


Kata jemu merupakan kata adjektif atau kata sifat yang memiliki turunan diantaranya: Jemuan, kejemuan, menjemukan.

Jemu-an adalah kata benda atau nomina yang memiliki dua arti yang pertama jemuan memiliki arti hal hal yang menjemukan, arti kata yang kedua jemuan adalah cepat jemu. Contoh kalimatnya adalah;” Putra adalah anak yang jemuan jika di sekolah ia tidak mendapatkan tugas untuk dikerjakan di rumah”. arti dari kata tersebut adalah putra orangnya cepat bosan apabila disekolah tidak diberi pekerjaan rumah. Contoh kalimat lainnya adalah; “melakukan tugas jaga piket bisa saja membuat orang jemuan”. arti dari kalimat tersebut adalah orang bisa saja menjadi cepat bosan saat diberi tugas atau melakukan tugas jaga piket.

Ke-Jemu-an adalah kata benda yang memiliki arti perasaan bosan atau kebosanan. Contoh kalimat yang menggunakan kata kejemuan adalah;” Selalu bekerja setiap hari tanpa hari libur tentu saja akan menimbulkan kejemuan pada karyawan”. arti kata tersebut adalah karyawan akan memiliki perasaan bosan apabila ia terus menerus bekerja setiap hari tanpa hari libur.

Men-jemu-kan adalah kata benda yang berarti menyebabkan jemu atau membosankan. Contoh kalimat yang menggunakan kata kejemuan adalah;” Seorang guru mengajar murid muridnya dengan cara yang menjemukan”. Arti kalimat tersebut adalah tindakan memberikan pelajaran oleh sang guru membosankan atau menyebabkan jemu dikalangan murid muridnya.

Penutup


Demikian lah artikel mengenai arti kata jemu beserta penjelasan makna dan contoh kalimatnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan menambah serta wawasan bahasa kita. Jangan lupa membagi artikel ini jika dirasa dibutuhkan atau berguna. Sekian kurang lebihnya mohon maaf terimakasih.



Posting Komentar untuk "Arti Kata Jemu, Maknanya dan Penggunaan Kata Pada Kalimat"