Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Arti Intensif Adalah? Berikut Penjelasannya


Arti Intensif Adalah? Berikut Penjelasannya


Mungkin sering kita mendengar kata kata intensif dalam berbagai kesempatan. Baik itu dalam media pemberitaan ataupun dalam obrolan sehari hari. Tetapi apakah kita mengetahui apa arti sebenarnya kata tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian dari kata intensif, penjelasan maknanya serta contoh soalnya. Yuk kita simak penjelasan berikut hingga selesai.

Pengertian Intensif


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau bias disingkat KBBI, arti intensif adalah :”secara sungguh sungguh dan terus menerus dalam mengerjakan sesuatu hingga memperoleh hasil yang optimal.”. Kata intensif merupakan kata adjektif atau termasuk kata sifat yang menjelaskan nomina atau pronomina. Jika dilakukan pemenggalan kata maka akan menjadi In Ten Sif.

Contoh Kalimat dengan kata INTENSIF


Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah sebagai berikut :”Agar dapat lulus ujian siswa harus belajar secara insentif tetapi tetap tidak berlebihan”. Arti dari kalimat tersebut adalah, siswa harus belajar secara terus menerus dan bersungguh sungguh agar bisa lulus tetapi tidak berlebihan dalam melakukannya.

Contoh Kalimat berikutnya adalah :” Pengawasan perbatasan negara harus dilakukan secara intensif agar peredaran narkoba bisa dihentikan”. Arti dari kalimat tersebut adalah pengawasan perbatasan negara harus dilakukan secara sungguh sungguh dan terus menerus agar peredaran narkoba bisa dihentikan dengan hasil yang optimal.

Turunan Kata Intensif


Menurut kamus besar bahasa indonesia turunan kata intensif adalah “mengintensifkan” dan “pengintensifan”. Mengintensifkan memiliki arti membuat atau menjadi intensif atau mempergiat atau memperhebat. Sedangkan arti pengintensifan adalah proses atau cara atau perbuatan mengintensifkan.

Contoh Kalimat Turunan Kata Intensif


Contoh penggunaan kata “mengintensifkan” adalah sebagai berikut:” Sekolah swasta dan sekolah negeri harus mengintensifkan metode pembelajaran daring mereka pada masa darurat seperti sekarang ini”. Arti dari kalimat tersebut adalah sekolah swasta dan sekolah negeri harus menjadi lebih bersungguh sungguh atu mempergiat metode pembelajaran daring saat masa darurat seperti sekarang ini.

Contoh penggunaan kata “pengintensifan” pada kalimat adalah sebagai berikut :”Kemendikbud mengapresiasi upaya pengintensifan metode pembelajaran daring yang dilakukan oleh sekolah swasta maupun sekolah negeri”. Arti dalam kalimat tersebut adalah Kemendikbud memberi apresiasi kepada sekolah swasta maupun sekolah negeri atas upaya melakukan proses memperhebat atau menjadikan metode pembelajaran daring mereka menjadi intensif.

Beberapa Istilah Yang Menggunakan Kata Intensif


Dalam ilmu ekonomi pertanian, istilah pertanian intensif adalah suatu sistem pengembangan/ pembudidayaan tanaman maupun hewan yang memerlukan sumber tenaga dalam jumlah banyak (seperti modal, karyawan dan lainnya) relatif jika dibandingkan terhadap luas lahan yang tersedia untuk semaksimal mungkin memperoleh keuntungan.

Dalam ilmu fisika termodinamika, sifat intensif adalah sifat suatu objek yang tidak dipengaruhi oleh seberapa besar suatu sistem dalam hal ukuran yang merupakan fungsi yang berubah terhadap waktu.

Dalam dunia pembelajaran, Membaca intensif adalah metode untuk mempelajari sesuatu dengan seksama, menelaah, meneliti dan memerinci suatu bacaan yang pendek kurang lebih dua sampai empat halaman.

Dalam dunia kesehatan, istilah instalasi rawat intensif adalah bagian atau ruangan khusus pada area fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang melakukan perawatan secara terus menerus untuk menangani pasien yang memiliki kondisi kritis serta dilakukan pemantauan secara langsung.

Penutup


Demikianlah artikel mengenai arti kata intensif. Beserta penjelasan makna dan contoh kalimatnya. Mudah mudahan informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita tentang kalimat ini. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih

Referensi : KBBI

Posting Komentar untuk "Arti Intensif Adalah? Berikut Penjelasannya"