Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti FATAMORGANA menurut Kamus Indonesia


Arti FATAMORGANA menurut Kamus Indonesia


Dalam kehidupan sehari hari mungkin kita pernah mendengar kata fatamorgana di media massa atau media lainnya baik berupa berita, karya dokumenter, dan sebagainya. Mungkin juga kita pernah menggunakan kata ini tanpa kita sadari. Tetapi tahukah kita apa arti sebenarnya dari kata fatamorgana? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas arti fatamorgana, penjelasan maknanya dan contoh kalimatnya. Yuk kita simak sampai habis penjelasan berikut

Pengertian Fatamorgana


Menurut kamus besar bahasa indonesia kemendikbud atau biasa disingkat dengan KBBI. Fatamorgana adalah gejala optis yang tampak pada permukaan yang panas yang kelihatan seperti genangan air, arti yang kedua adalah hal yang bersifat khayal dan tidak mungkin dicapai. 

Contoh kalimat yang menggunakan kata fatamorgana adalah sebagai berikut:” Pada saat dipandang pasir yang panas, saya melihat fatamorgana”. Arti dari kalimat tersebut adalah “saya” dalam kalimat tersebut melihat gejala optis yang kelihatan seperti genangan air pada saat berada di padang pasir yang panas.

Contoh kalimat yang menggunakan kata fatamorgana yang kedua adalah sebagai berikut :” Sebuah kota yang dibangun di planet Mars mungkin hanya fatamorgana saja”. Arti dari kalimat tersebut adalah Sebuah kota yang dibangun di Mars mungkin hanya hal yang bersifat khayal dan tidak mungkin dicapai.

Kata fatamorgana adalah kata benda atau nomina dan memiliki pemenggalan Fa.Ta.Mor.Ga.Na dan merupakan kata yang memiliki dua arti.

Pembahasan Lanjutan Mengenai Fatamorgana


Fatamorgana dalam bahasa inggris disebut juga Fata Morgana, demikian juga dengan bahasa Itali yaitu Fatamorgana adalah sebuah bentuk kompleks dari fenomena pembelokan cahaya yang luar biasa disebabkan karena refraksi untuk memproduksi sebuah tampilan pencitraan dari objek jauh atau objek langit yang terlihat di area kecil bagian bawah cakrawala.

Sejarahnya istilah ini dikatakan oleh orang orang italia yang mempercayai bayangan ini sering terlihat di selat Messina berupa pandangan daratan palsu atau bangunan kastil yang dibuat atas sihir Morgan le Fay untuk menggiring pelaut menuju kematiannya

Fatamorgana seringnya memperlihatkan objek yang kurang jelas dan fenomena ini bisa terjadi di darat maupun laut, baik itu di daerah kutub maupun di daerah padang pasir yang tandus.

Kejadian Optis ini terjadi karena sinar cahaya ter bengkok kan saat melewati lapisan udara dengan suhu yang berbeda dengan perubahan suhu yang sangat drastis bertempat di saluran atmosfir yang terbentuk. Pada saat cuaca tenang, lapisan udara yang lebih hangat akan menuju pada bagian atas udara yang lebih padat dang dingin membentuk saluran atmosfir yang berperan mirip seperti lensa bias menghasilkan serangkaian citra atau gambaran terbalik dan tegak.

Sebuah fenomena fata morgana membutuhkan saluran atmosfir tadi untuk terbentuk dengan hanya perubahan kondisi suhu udara saja tidaklah cukup untuk memproduksinya. Walaupun pembalikan suhu (thermal Inversion) dapat terjadi tanpa adanya saluran atmosfir yang terbentuk (atmospheric duct) tetapi saluran atmosfir tidak dapat sebaliknya yaitu terbentuk tanpa adanya pembalikan suhu.

Kejadian fatamorgana ini pada masa lampau dimana teori ini belum ditemukan, beberapa peristiwa dianggap sebagai mistis ataupun menipu para pengamat yang melihatnya tanpa tahu apa yang terjadi. Salah satu contoh adalah teori asal usul munculnya legenda The Flying Dutchman, atau pulau misterius yang tidak bisa dipijak seperti Phantom Island (abad ke 19), Sannikov Land (1800 san), Croker Land (1906) dan peristiwa lainnya.

Penutup


Sekian Pembahasan mengenai artikel penjelasan, arti fatamorgana dan contoh kalimatnya, semoga pembahasan diatas dapat menjadi tambahan informasi bagi kita dan mampu membuka wawasan kita semua. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf terima kasih.

Referensi:
KBBI 
Kemendikbud

Posting Komentar untuk "Arti FATAMORGANA menurut Kamus Indonesia"