Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Risiko Itu? Berikut Pengertian Risiko Menurut Kamus


Apa Risiko Itu? Berikut Pengertian Risiko Menurut Kamus


Mungkin dalam kegiatan sehari hari kita pernah mendengar kata risiko atau resiko. Baik saat kita berkomunikasi dengan orang lain atau dari media pemberitaan pada media cetak atau media penyiaran. Tetapi apa arti risiko? Dan apa pengertiannya?. Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian Risiko, penjelasan maknanya serta pembahasan berbagai istilah yang berkaitan dengan kata ini. Yuk kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Risiko.


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI, Pengertian risiko adalah “akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan”.

Antara kata Risiko atau Resiko, maka kata yang baku adalah kata Risiko, menggunakan huruf “I”. Kata yang tidak baku adalah Resiko dengan huruf “E” Kata Risiko adalah kata benda yang jika dilakukan pemenggalan kata akan menjadi Ri. Si. Ko.

Kata turunan dari kata risiko adalah berisiko. Pengertian berisiko adalah “mempunyai akibat yang kurang menyenangkan dari suatu perbuatan atau tindakan”. kata berisiko merupakan kata kerja atau kata verba.
pengertian risiko

Contoh kalimat


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian risiko adalah sebagai berikut :” Setiap Risiko harus diperhitungkan secara matang dan teliti”. Arti dari kalimat tersebut adalah bahwa setiap akibat yang kurang menyenangkan, merugikan, atau membahayakan dari suatu tindakan harus diperhitungkan secara matang dan teliti.

Contoh kalimat yang kedua adalah :” Dia siap menanggung semua risiko akibat dari perbuatannya itu”. Arti dari kalimat tersebut adalah, bahwa si “Dia” siap menanggung semua akibat yang merugikan atau membahayakan dari suatu tindakan olehnya.

Contoh kalimat yang ketiga dari pengertian Risiko adalah:” Sudah menjadi Risiko mengalami kerugian bagi setiap investor pemula”. Arti dari kalimat tersebut adalah setiap Investor pemula bisa  mengalami akibat kurang menyenangkan dari tindakan investasi yang dilakukannya.
contoh kalimat arti risiko

Istilah Gabungan Kata Risiko


Pengertian Risiko Bisnis adalah segala Risiko atau akibat yang kurang menyenangkan dihadapi perusahaan dalam menjalankan bisnis

Risiko Fisik Adalah sifat atau ciri akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan yang lepas dari pemilik atau pengelola yang bertalian dengan materi, struktur, atau operasi

Risiko Standar adalah akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan rata rata atau dibawah rata rata yang tidak perlu dibebani tarif khusus atau pembatasan khusus

Pengertian risiko modal adalah istilah dalam bidang hukum yang mempunyai arti tindakan kurang menyenangkan yang mungkin akan timbul akibat penurunan kualitas aset karena terdapat kredit macet, yang memaksa bank untuk menerbitkan saham baru, menambah setoran modal, atau mencari investor baru untuk memperbaiki kondisi permodalannya sehingga sesuai dengan ketentuan permodalan.

Dalam bidang keuangan, Risiko Pasar adalah risiko sekuritas atau harta lain karena tidak dapat dijual atau digadaikan dengan harga yang layak pada saat pemiliknya memerlukan uang

Risiko Pekerjaan adalah risiko atau akibat yang kurang menyenangkan yang ditimbulkan oleh pekerjaan tertanggung

Penutup


Demikianlah tadi artikel mengenai pengertian risiko, apa itu risiko, dan perbedaan antara risiko atau resiko. Mudah mudahan pembahasan diatas dapat menjadi informasi yang berguna bagi kita semua dan ilmu yang menambah wawasan serta pemahaman kita. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa Risiko Itu? Berikut Pengertian Risiko Menurut Kamus"