Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pengertian Rekonsiliasi? Berikut Penjelasannya


Apa Pengertian Rekonsiliasi? Berikut Penjelasannya


Mungkin sering kita mendengar kata rekonsiliasi dari berbagai media massa baik itu radio, televisi atau jenis media lainnya. Tetapi apakah pernah kita bertanya apa itu rekonsiliasi? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian rekonsiliasi beserta artinya dan penjelasannya. Yuk disimak sampai selesai.

Pengertian Kata Rekonsiliasi


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau biasa disingkat KBBI Rekonsiliasi memiliki tiga arti. Arti yang pertama, Rekonsiliasi adalah perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula atau perbuatan menyelesaikan perbedaan. Arti yang kedua, rekonsiliasi artinya penepatan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lain. Dan arti yang ketiga, rekonsiliasi berarti ikhtisar yang membuat rincian perbedaan antara dua akun atau lebih

Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah sebagai berikut:”kedua partai politik itu melakukan rekonsiliasi setelah pemilihan umum selesai”. Arti dari kalimat tersebut adalah kedua partai politik tersebut melakukan pemulihan hubungan persahabatan ke keadaan semula dan menyelesaikan perbedaan setelah pemilihan umum selesai.

Contoh kalimat lainnya adalah:” Kedua kelompok masyarakat tersebut setuju untuk melakukan rekonsiliasi setelah pertikaian yang berlangsung satu bulan”. arti dari kalimat tersebut adalah kelompok masyarakat dari kedua belah pihak setuju untuk melakukan pemulihan hubungan persahabatan pada keadaan semula atau perbuatan menyelesaikan perbedaan setelah sebulan bertikai satu sama lain


Penjelasan Arti Kedua Rekonsiliasi


Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa rekonsiliasi memilki lebih dari satu arti. Arti yang pertama mungkin kita mudah memahaminya karena penggunaan media massa juga dirasa memberikan contoh yang cukup. Tetapi Arti kedua dan ketiga tampaknya masih asing di telinga kita. Arti kedua dan ketiga dari rekonsiliasi adalah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan dan merupakan kata benda atau nomina. 

Istilah Rekonsiliasi Bank misalnya, memiliki arti sebuah proses suatu saldo akun bank pada buku akun telah tecatat dengan baik sesuai persetujuan awal dengan saldo yang dilaporkan pada institusi keuangan pada pernyataan bank. Jika ditemukan masalah atau perbedaan angka diantara keduanya maka akan diteliti ulang dan kalau dimungkinkan diperbaiki.

Contoh penggunaan pada kalimat yang kedua adalah :” Bank Milik Negara tersebut melakukan rekonsiliasi agar dana yang terdapat pada bank dan nasabah tidak berbeda”. Arti kalimat tersebut adalah Bank Milik negara tersebut melakukan pencocokan saldo masing masing dari dua akun yaitu milik bank dan nasabah agar dana keduanya tidak berbeda.


Penutup


Demikianlah artikel mengenai pengertian rekonsiliasi, mudah mudahan informasi diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pemahaman kita mengenai arti kata tersebut. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf terima kasih.




Posting Komentar untuk "Apa Pengertian Rekonsiliasi? Berikut Penjelasannya"