Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pengertian Kata Dara? Ini Penjelasannya


Apa Pengertian Kata Dara? Ini Penjelasannya


Mungkin selama ini sering kita mendengar kata Dara, baik itu di televisi, media pemberitaan, atau penggunaannya dalam berkomunikasi sehari hari. Tetapi apa sebenarnya makna kata dara itu sendiri? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian dara, penjelasan maknanya dan contoh kalimatnya. Yuk kita simak sampai selesai

Apa itu Pengertian Dara?


Menurut Kamus besar bahasa indonesia atau yang biasa disingkat KBBI, kata dara memiliki banyak arti. Arti kata yang pertama dalam pengertian dara adalah “anak perempuan yang belum kawin , gadis, perawan” bisa juga diartikan “keperawanan”

Contoh kalimat yang menggunakan arti kata tersebut adalah:” Ia berencana menikah dengan seorang dara dari suku dayak”. Arti dari kalimat tersebut adalah si “ia” berencana untuk menikah dengan seorang anak perempuan gadis dari suku dayak”

Pengertian dara yang kedua adalah :”ternak betina yang berumur lebih dari satu tahun dan belum pernah beranak meskipun telah bunting”. pengertian ini digunakan biasanya dalam dunia peternakan. Dan termasuk dalam kata benda.

Contoh kalimat yang menggunakan pengertian dara yang kedua ini adalah ;” Para warga heran dara di peternakan miliknya habis tanpa sisa”. Arti kalimat tersebut adalah para warga heran karena hewan ternak betina mereka yang berumur lebih dari satu tahun dan belum pernah beranak tersebut habis tanpa sisa.

Pengertian Dara yang ketiga adalah “merpati”. merupakan salah satu jenis burung yang mungkin sering kita lihat.

Contoh Kalimat yang menggunakan pengertian yang ketiga tersebut adalah :” Para Peternak burung Dara merasa khawatir pemasaran ternak mereka karena krisis ekonomi”. Arti dari kalimat tersebut adalah para peternak burung merpati merasa khawatir pemasaran ternak merpati mereka karena krisis ekonomi yang terjadi.

Istilah yang Menggunakan Kata “Dara”


Pengertian Dara laut adalah istilah untuk burung camar. Sejenis burung yang sering ditemukan di daerah laut biasanya berwarna abu abu atau putih. Burung ini termasuk burung berjenis karnivora atau pemakan daging.

Hymen atau selaput dara adalah istilah organ pada wanita yang merujuk pada jaringan mukosa yang melingkupi atau menyelaputi sebagian pada jalan masuk ke organ vagina

Pengertian pendaraan adalah kata klasik untuk menunjuk pada “sekalian gadis dalam istana” atau dalam bidan kedokteran dan fisiologi adalah “perihal keadaan masih gadis”


Penutup


Demikianlah artikel mengenai pengertian dara beserta penjelasan maknanya. Perlu diingat bahwa kata dara memiliki beberapa arti dan maknanya akan juga berubah tergantung penggunaanya pada kalimat. Mudah mudahan informasi diatas menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Referensi

Posting Komentar untuk "Apa Pengertian Kata Dara? Ini Penjelasannya"