Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Tumbuh? Berikut Pengertian Tumbuh dan Arti Tumbuh


Apa itu Tumbuh? Berikut Pengertian Tumbuh dan Arti Tumbuh


Mungkin sering kita mendengar istilah Tumbuh, baik dalam keseharian kita ataupun dalam pemberitaan di media massa. Tetapi apa sebenarnya arti kata tumbuh itu sendiri? Dan apa makna dari kata tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian tumbuh, arti tumbuh dan penjelasan maknanya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini:

Pengertian Tumbuh


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata tumbuh memiliki beberapa arti. 

Yang pertama, Pengertian Tumbuh adalah “timbul (hidup) dan bertambah besar atau sempurna (tentang benih tanaman; bagian tubuh seperti rambut, gigi, tentang penyakit kulit seperti bisul, jerawat)”.

Arti Yang kedua adalah “sedang berkembang (menjadi besar, sempurna, dan sebagainya)

Arti Yang ketiga adalah “timbul; terbit; terjadi (sesuatu)

Tumbuh merupakan kata kerja dan jika dilakukan pemenggalan kata maka akan menjadi dua bagian Tum. Buh.

Penjelasan Kata Turunan Tumbuh


Istilah Menumbuhkan menurut KBBI dapat dibagi menjadi tiga. Arti yang pertama menumbuhkan adalah “menjadikan (menyebabkan) tumbuh”. Arti yang kedua adalah “memelihara dan sebagainya supaya tumbuh (bertambah besar, sempurna, dan sebagainya) atau memperkembangkan” dan yang ketiga adalah “menimbulkan (kebencian, perselisihan, dan sebagainya)”.

Istilah Pertumbuhan adalah “hal (keadaan) tumbuh; perkembangan (kemajuan dan sebagainya)”

Pengertian Tumbuh Tumbuhan adalah “segala yang hidup dan berbatang, berdaun, berakar, dan sebagainya (seperti rumput, bambu)”

Istilah kata Tumbuhan menurut KBBI terdapat tiga buah makna. Makna yang pertama tumbuhan adalah “sesuatu yang tumbuh”. makna yang kedua adalah “tumbuh tumbuhan”. dan makna yang ketiga adalah “makhluk hidup yang berinti sel mengandung klorofil”. Tumbuh tumbuhan dan Tetumbuhan serta Tumbuhan memiliki makna yang sama.

Istilah penumbuh adalah “sesuatu yang dapat menjadikan atau menyebabkan tumbuh sehingga dapat diambil hasilnya”.

Istilah bertumbuhan adalah “banyak tumbuh di mana mana”. Contoh Kalimatnya seperti ”Rumput bertumbuhan di daerah yang banyak unsur nutrisinya”


Contoh Kalimat Menggunakan Kata Tumbuh


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian Tumbuh adalah sebagai berikut:”Tanaman yang disiram terus menerus setiap hari maka akan tumbuh menjadi tanaman yang sehat”. Arti dari kalimat tersebut adalah Tanaman akan hidup dan bertambah besar dan makin sempurna dan menjadi sehat jika setiap hari disiram secara terus menerus.

Contoh kalimat kedua yang menggunakan pengertian Tumbuh adalah :”Hewan yang masih kecil dapat tumbuh dengan baik apabila mendapatkan nutrisi yang cukup”. arti dari kalimat tersebut adalah Hewan yang masih kecil dapat menjadi besar atau sedang berkembang dengan baik apabila mendapat nutrisi yang mencukupi.

Contoh kalimat ketiga yang menggunakan pengertian Tumbuh adalah :”Saat pertama kali melihatnya tumbuh rasa cinta ku terhadap nya”. Arti dari kalimat tersebut adalah Saat pertama kali “aku” melihat seseorang yang dimaksud terjadi rasa cinta si “aku” terhadap yang dilihatnya.


Penutup


Demikianlah artikel tentang pengertian tumbuh, penjelasannya serta arti tumbuh. Mudah mudahan informasi diatas dapat menjadi informasi yang berguna dan menambah wawasan terkait pengertian kata tumbuh. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.




Posting Komentar untuk "Apa itu Tumbuh? Berikut Pengertian Tumbuh dan Arti Tumbuh"