Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Setek atau Stek Menurut Kamus Bahasa Indonesia? Berikut Penjelasannya


Apa itu Setek atau Stek Menurut Kamus Bahasa Indonesia? Berikut Penjelasannya

Mungkin kita sering mendengar kata setek pada dunia tanam menanam. Atau juga saat kita belajar di sekolah mungkin pernah mendengar kata ini. Tetapi apa itu setek? Dan mana kata yang benar setek atau stek? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian setek berdasarkan kamus besar indonesia. Yuk kita simak pembahasan berikut sampai selesai.


Pengertian Setek


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI, Kata ini memiliki dua arti, yang pertama pengertian Setek adalah “sepotong batang yang akan ditanam”. arti yang kedua Setek adalah “cara menanam pohon (jarak, singkong, dan sebagainya) dengan jalan memotong batang yang akan ditanam”.


Contoh kalimat yang menggunakan kata Setek diatas adalah “Para petani di Desa Sidomulyo sedang melakukan pembelajaran cara Setek tanaman yang benar”. Arti dari kalimat tersebut adalah, para petani di Desa Sidomulyo sedang mempelajari cara menanam pohon dengan jalan memotong batang yang akan ditanam dengan benar.


Kata ini termasuk kata benda atau nomina dan merupakan kata yang mungkin dapat kita temukan dalam bidang biologi, perkebunan, atau pertanian. Diantara penggunaan kata Setek atau stek, maka yang benar adalah kata “Setek”. sedangkan kata “stek” merupakan kata yang tidak baku. Pemenggalan kata setek ini dapat dibagi menjadi dua SE. TEK.


Kata turunan Setek adalah Setekan. Pengertian Setekan adalah “hasil menyetek (pohon, tanaman). contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah “Pak Tono sedang mengambil setekan bibit yang ada di pak Oton”. Arti dari kalimat tersebut adalah Pak Tono sedang mengambil hasil bibit yang telah di Setek atau telah dipotong pada bagian batang yang ada di pak Oton.


Penutup

Demikianlah pembahasan artikel ini mengenai pengertian setek menurut kamus besar indonesia. Mudah mudahan bermanfaat dan memberikan pemahaman bagi kita. Sekian dari kami kurang lebih nya mohon maaf dan terima kasih.


Referensi : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/setekan

Posting Komentar untuk "Apa itu Setek atau Stek Menurut Kamus Bahasa Indonesia? Berikut Penjelasannya"