Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa itu Rangkum dan Merangkum? Berikut Pengertian Rangkum


Apa itu Rangkum dan Merangkum? Berikut Pengertian Rangkum


Mungkin kita sering mendengar kata kata rangkum atau merangkum, apalagi saat kita sekolah dan diberi tugas untuk merangkum sesuatu. Tetapi apa sebenarnya makna kata tersebut menurut kamus Indonesia? Dan apa penjelasan dari kalimat tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian rangkum, contohnya, dan penjelasan berbagai istilahnya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini

Pengertian Rangkum


Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau biasa disingkat KBBI, Pengertian rangkum adalah “merangkai”. 

Merangkai sendiri merupakan kata turunan dari “rangkai”. Arti rangkai adalah “hubungan (kaitan, gandengan, dan sebagainya) beberapa benda”. Sehingga kata merangkai memiliki arti “menyusun (mengatur) menjadi berangkai-rangkai”

Pengertian Merangkum


Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian merangkum adalah sebagai berikut:

Arti yang pertama “membawa dalam pelukan”

Contoh kalimatnya adalah “Andi merangkum bunga bunga itu dan menaruhnya di halaman”. Arti dari kalimat tersebut adalah Andi membawa bunga bunga itu dalam pelukannya dan menaruhnya di halaman.

Arti yang kedua dari kata merangkum adalah “meliputi; melingkungi”.

Contoh kalimat dengan menggunakan makna tersebut adalah “Perasaan gelisah selalu merangkum hatinya”. Arti dari kalimat tersebut adalah rasa cemas selalu meliputi atau melingkungi hatinya.

Arti yang ketiga dari kata merangkum adalah “menyatukan (merangkai) pokok-pokok pembicaraan (uraian, dan sebagainya) yang terpencar; meringkas (uraian, dan sebagainya) dalam bentuk pokok-pokok saja”

Contoh kalimat yang menggunakan pengertian Rangkum adalah sebagai berikut:” Para siswa di sekolah dasar mendapatkan tugas merangkum karya tulis bertema pendidikan”. Arti dari kalimat tersebut adalah para siswa di sekolah dasar mendapat kan tugas untuk menyatukan (merangkai) pokok-pokok pembicaraan (uraian, dan sebagainya) yang terpencar; meringkas (uraian, dan sebagainya) dalam bentuk pokok-pokok saja.

Arti yang keempat adalah arti kiasan dari merangkum yaitu “Memeluk”.

Contoh kalimat yang menggunakan makna diatas adalah “Nenek itu merangkum cucu cucunya yang telah tiba di rumahnya”. Arti dari kalimat tersebut adalah nenek itu memeluk cucu cucunya yang telah tiba di rumahnya.

Pengertian Rangkuman


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Pengertian rangkuman adalah yang pertama “pelukan” dan arti yang kedua adalah “ringkasan; ikhtisar (dari uraian) dan sebagainya”

Contoh kalimatnya adalah “Budi menyelesaikan tugas rangkuman itu dan mengumpulkannya tepat waktu”. Arti dari kalimat tersebut adalah budi menyelesaikan tugas ringkasan itu dan mengumpulkannya tepat waktu. Makna kata yang digunakan adalah makna kata yang kedua yaitu “ringkasan atau ikhtisar”

Pengertian Perangkum, Merangkumkan, Perangkuman dan Terangkum


Arti kata perangkum adalah “orang yang merangkum atau orang yang melakukan rangkum”

Arti Merangkumkan adalah yang pertama “merangkum sesuatu untuk (atau merangkum sesuatu dengan)” arti yang kedua “mengumpulkan menjadi satu; memasukkan ke dalam lingkungan” dan arti yang ketiga adalah “meringkaskan (uraian dan sebagainya); mengikhtisarkan”.

Arti perangkuman adalah “proses perbuatan melakukan rangkum atau merangkum”

Arti terangkum adalah “sudah dirangkum atau sudah dilakukan rangkum terhadap sesuatu itu”

Penutup


Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pengertian rangkum, dan apa rangkum itu menurut kamus besar bahasa Indonesia. Mudah mudahan informasi diatas dapat menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua dan menambah wawasan serta pemahaman kita terkait kata ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu Rangkum dan Merangkum? Berikut Pengertian Rangkum"