Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Praktik? Berikut Pengertian Praktik Menurut Kamus


Apa itu Praktik? Berikut Pengertian Praktik Menurut Kamus


Mungkin kita sering mendengar kata praktik atau praktek di kehidupan kita. Baik itu dalam keseharian kita, saat kita berkomunikasi, ataupun mendengar orang lain menggunakan kata ini dalam berbagai kesempatan. Tetapi tahukah kita apa arti praktek itu? Kata mana yang benar praktik atau praktek? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian praktik menurut kamus bahasa indonesia beserta berbagai penjelasannya. Yuk kita simak pembahasan kali ini.

Pengertian Praktik


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI. Kata ini memiliki beberapa arti. Yang pertama pengertian praktik adalah “pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori”.

Arti Praktik yang kedua adalah “pelaksanaan pekerjaan (tentang dokter, pengacara, dan sebagainya)”

Dan pengertian praktik yang ketiga adalah “perbuatan menerapkan teori (keyakinan dan sebagainya); pelaksanaan“.

Diantara kata praktik atau praktek yang benar menurut kamus besar bahasa indonesia adalah PRAKTIK. Menggunakan huruf “I”. sedangkan kata yang TIDAK baku adalah praktek menggunakan huruf “e”. Kata praktik termasuk kata benda atau nomina.

Pengertian praktik adalah

Contoh Kalimat


Contoh kalimat yang menggunakan pengertian praktik adalah :” Teori pada pelajaran olahraga cukup mudah tetapi praktik teori tersebut sukar dilakukan”. Arti dari kalimat tersebut adalah Pelajaran olahraga memiliki pembelajaran teori yang mudah tetapi pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori ternyata sukar dilakukan.

Contoh kalimat yang kedua adalah :”Praktik dokter Andy dibuka pukul delapan pagi hingga pukul delapan malam”. Arti dari kalimat tersebut adalah Pelaksanaan pekerjaan sebagai dokter oleh Andy dibuka pukul delapan pagi hingga delapan malam.

Contoh ketiga kalimat dengan pengertian praktik adalah sebagai berikut :”Aturan yang baru dibuat oleh DPR itu sangat sukar dalam praktiknya”. Arti dari kalimat tersebut adalah Aturan yang dibuat oleh DPR itu sangat sukar dalam perbuatan menerapkan teori dalam aturan itu.

Contoh kalimat arti praktik

Penjelasan Kata Turunan Praktik (Berpraktik dan Mempraktikan)


Pengertian Berpraktik adalah melakukan (melaksanakan) pekerjaan (tentang dokter, pengacara, dan sebagainya). Contoh kalimatnya adalah “Para Dokter di Kawasan kota lama tidak berpraktik selama satu minggu”. Artinya Para dokter di kawasan kota lama tidak melakukan pekerjaan mereka sebagai dokter selama satu minggu.

Pengertian kata mempraktikan adalah melakukan (apa yang tersebut dalam teori, pelajaran, dan sebagainya); melaksanakan; menunaikan. Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah:” Seorang Dokter harus bisa mempraktikan segala teori yang wajib dikuasainya”. Artinya seorang dokter harus bisa melakukan atau melaksanakan segala teori yang wajib dimiliki seorang dokter.

Gabungan Kata dengan Kata Praktik


Dalam bahasan manajemen, Pengertian praktik baik adalah contoh prosedur, kebijakan, dan kegiatan operasional yang dianggap standar yang dapat diteladani dan harus ditiru oleh suatu entitas di sektor tertentu.

Istilah Praktik kandang mengacu pada kerja praktik yang tempat melaksanakannya berada di perusahaan yang bergerak di bidang peternakan mencakup pengelolaan perkandangan, pemberian makan dan sebagainya.

Istilah praktik sapi perah adalah kata kiasan untuk menunjukan suatu tindakan memanfaatkan kedudukan, kewenangan seseorang, atau jabatan di suatu organisasi dan sebagainya untuk mendapatkan keuntungan yang biasanya bersifat material.

Dalam bidang hukum, istilah praktik monopoli adalah suatu pemusatan kekuatan ekonomi oleh suatu pelaku usaha dalam jumlah satu atau lebih, yang menyebabkan penguasaan produksi atau pemasaran atas suatu barang atau jasa yang dimaksud sehingga dapat menimbulkan persaingan yang tidak adil.

Praktik Mafia hukum adalah istilah untuk suatu pelaksanaan tindakan permafiaan dibidang hukum atau peradilan. Sedangkan pengertian praktik mafia pajak adalah praktik permafiaan dibidang perpajakan.

Penutup


Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian praktik, arti praktik dan penjelasan maknanya. Semoga artikel diatas bisa menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua dan menambah wawasan kita. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.



Posting Komentar untuk "Apa itu Praktik? Berikut Pengertian Praktik Menurut Kamus"