Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa Itu Perspektif? Berikut Pengertian Perspektif dan Arti Perspektif


Apa Itu Perspektif? Berikut Pengertian Perspektif dan Arti Perspektif


Mungkin kita sering mendengar kata ini dalam keseharian kita. Baik itu dalam kegiatan formal maupun informal. Mungkin bahkan kita sendiri juga sering menggunakannya. Tetapi apakah kita mengetahui pengertian Perspektif itu sendiri? Dan apa arti Perspektif? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan mencoba membahas apa itu Perspektif dan berbagai penjelasan yang berkaitan dengan kata tersebut. Yuk kita simak pembahasan berikut ini sampai habis.

Pengertian Perspektif


Menurut kamus besar bahasa indonesia Perspektif memiliki dua arti. 

Yang pertama pengertian Perspektif adalah “cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi (panjang, lebar, dan tingginya)”.

Yang kedua pengertian Perspektif adalah “sudut pandang; pandangan”.

Perspektif jika diartikan dalam bahasa inggris adalah Perspective dan merupakan kata dari bahasa latin “persipecere” yang artinya “melihat melalui/ untuk melihat”.

pengertian perspektif dan arti perspektif

Contoh Kalimat 


Contoh kalimat yang menggunakan kata perspektif ini adalah sebagai berikut:” Menurut perspektif saya, tindakan yang dilakukan para koruptor itu tidak bisa dibenarkan”. Arti dari kalimat tersebut adalah, Menurut sudut pandang atau pandangan si “saya” tindakan yang dilakukan koruptor itu tidak bisa dibenarkan.

Contoh kalimat kedua dengan pengertian perspektif adalah :”Lukisan perspektif karya Budi sangat detail sekali dan tampak hidup”. Arti dari kalimat tersebut adalah bahwa lukisan Budi yang dibuat dengan cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi sangat detail dan tampak hidup.

Contoh kalimat yang ketiga adalah:” Aturan yang ambigu sangat berbahaya karena dari perspektif pelaku kejahatan, bisa jadi ia tidak merasa melakukan pelanggaran terhadap peraturan tersebut”. Arti dari kalimat tersebut adalah bahwa aturan yang tidak jelas dan menimbulkan keraguan dapat berbahaya karena dari sudut pandang pelaku kejahatan bisa jadi mereka merasa tidak melakukan perbuatan yang melanggar aturan tersebut.

Penjelasan Terkait Gabungan Kata Perspektif


Dalam bidang linguistik, pengertian perspektif gelombang adalah suatu pandangan dari sudut satuan kompleks bahasa sebagai wujud yang bergerak, yang mempunyai bagian awal, inti, dan bagian akhir; pandangan dinamis.

Pengertian perspektif partikel adalah pandangan dari sudut satuan bahasa sebagai unsur yang lepas atau pandangan statis.

Selain itu, dalam bidang linguistik juga terdapat pengertian perspektif medan yang berarti pandangan dari sudut satuan bahasa sebagaimana satuan itu berhubungan dengan yang lain dalam suatu sistem atau jaringan; pandangan relasional.

Dalam bidang visual, Pengertian perspektif linear adalah suatu istilah untuk menggambarkan kondisi ketika objek bergerak menjauh atau dijauhi maka objek tersebut seakan akan menjadi lebih kecil karena kemampuan melihat berkurang (sudut penglihatan berkurang). 

Selain itu terdapat istilah perspektif aerial yang berarti suatu pandangan objek yang lebih jauh terlihat samar atau tidak terlihat jelas oleh penglihatan karena faktor faktor alam seperti atmosfer, dan terlihat lebih cerah saat matahari menyinari atau terlihat lebih hitam saat malam tiba.

Penutup


Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pengertian perspektif dan apa itu perspektif menurut kamus besar bahasa indonesia. Mudah mudahan artikel diatas dapat menjadi referensi ilmu yang bermanfaat, berguna dan dapat menambah wawasan kita. Jangan lupa untuk membagikan artikel diatas jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Perspektif? Berikut Pengertian Perspektif dan Arti Perspektif"