Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Objek? Berikut Pengertian Objek Menurut Kamus


Apa itu Objek? Berikut Pengertian Objek Menurut Kamus


Mungkin kita sering mendengar kata Objek, baik dalam keseharian berkomunikasi atau dari media lainnya. Tetapi tahukah kita apa arti objek itu sendiri? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian Objek, Arti Objek dan penjelasan berbagai istilahnya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini

Pengertian Objek


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI kata ini memiliki beberapa makna. 

Yang pertama pengertian Objek adalah “hal, perkara, atau orang yang menjadi pokok pembicaraan”

Yang Kedua adalah “benda, hal, dan sebagainya yang dijadikan sasaran untuk diteliti, diperhatikan, dan sebagainya”. Makna Kata ini biasanya digunakan pada bidang keilmuan.

Yang ketiga “nomina yang melengkapi verba transitif dalam klausa”. Contohnya adalah kata kopi pahit dalam kalimat Kukuh minum kopi pahit

Yang keempat pengertian objek adalah “hal atau benda yang menjadi sasaran usaha sambilan”

Yang kelima adalah “titik atau himpunan yang bertindak sebagai sumber cahaya bagi suatu lensa, cermin, atau bagi suatu sistem lensa”. Makna ini biasanya digunakan pada bidang ilmu fisika.

Penjelasan Istilah Gabungan Kata 


Istilah Objek Afektif mengacu pada objek langsung yang dikenai oleh perbuatan yang terdapat dalam predikat verbal, tetapi tidak merupakan hasil perbuatan itu (berlainan dengan objek efektif).

Makna dari Pengertian Objek alam adalah “objek wisata yang daya tariknya bersumber pada keindahan dan kekayaan alam”

Pengertian Objek Budaya adalah objek wisata yang daya tariknya bersumber pada objek kebudayaan, seperti peninggalan sejarah, museum, atau atraksi kesenian 

Istilah Objek Material adalah “benda atau hal yang menjadi objek atau bidang ilmu”

Dalam bidang ekonomi pengertian Objek pajak adalah “segala sesuatu yang menurut undang-undang dapat dijadikan dasar atau sasaran pemungutan pajak”.

Istilah Objek wisata berarti “perwujudan ciptaan manusia, tata hidup, seni budaya, sejarah bangsa, dan keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi wisatawan”

Makna Objek Langsung adalah “nomina atau kelompok nominal yang melengkapi verba transitif dalam frasa verbal dan yang sifatnya sangat erat dengan verba tersebut, dalam beberapa bahasa tertentu ditandai dengan kasus akusatif”

Makna Objek Hukum adalah “objek atau kepentingan yang dilindungi dalam hukum”


Penutup


Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pengertian objek, dan apa objek itu menurut kamus besar bahasa Indonesia. Mudah mudahan informasi diatas dapat menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua dan menambah wawasan serta pemahaman kita terkait kata ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu Objek? Berikut Pengertian Objek Menurut Kamus"