Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa Itu Makzul? Ini Pengertian Makzul dan Arti Makzul


Apa Itu Makzul? Ini Pengertian Makzul dan Arti Makzul


Mungkin saja pernah kita mendengar kata ini yaitu kata makzul, baik dalam kehidupan sehari hari atau dalam kesempatan lainnya. Biasanya kata ini diucapkan pada berita dengan kata pemakzulan. Tetapi apa sebenarnya makna kata ini? Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas pengertian Makzul, penjelasan dan arti Makzul menurut kamus bahasa Indonesia. Yuk kita simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Makzul


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI, Pengertian Makzul adalah “berhenti memegang jabatan atau turun takhta”.

Kata ini bisa ditelusuri dari etimologi arab yaitu Ma’zul yang artinya “orang yang disingkirkan”.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah sebagai berikut:” Andi merupakan anggota DPR telah Makzul sejak tahun 2018 karena korupsi”. Arti dari kalimat tersebut adalah Andi merupakan anggota DPR yang telah berhenti memegang jabatannya sebagai anggota DPR sejak tahun 2018 karena korupsi.

Kata Turunan Makzul


Kata turunan untuk makzul ini menurut KBBI diantaranya adalah memakzulkan dan pemakzulan.

Pengertian memakzulkan adalah “menurunkan dari takhta atau memberhentikan dari jabatan” arti yang kedua adalah “ meletakkan jabatannya sendiri sebagai raja atau berhenti sebagai raja”

Contoh kalimat dengan menggunakan pengertian ini adalah:” Presiden Memakzulkan salah satu menterinya karena terbukti melakukan korupsi”. Arti dari kalimat tersebut adalah presiden memberhentikan dari jabatan salah satu menterinya karena terbukti melakukan korupsi.

Kemudian pengertian pemakzulan adalah “proses atau cara atau perbuatan memakzulkan”. 

Contoh kalimat yang menggunakan kata tersebut adalah “Pemakzulan yang terjadi kepada Anggota DPR yang terlibat korupsi dinilai sangat lambat”. Arti dari kalimat tersebut adalah proses atau cara memberhentikan anggota DPR dari jabatannya karena terlibat korupsi dinilai sangat lambat.

Penutup 


Itu tadi penjelasan artikel tentang pengertian Makzul, apa arti makzul dan penjelasannya menurut kamus bahasa Indonesia. Mudah mudahan penjelasan diatas dapat memberikan ilmu yang berguna bagi kita semua serta menambah pemahaman dan wawasan kita. Jangan lupa untuk menshare informasi ini jika diperlukan. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih. 


Posting Komentar untuk "Apa Itu Makzul? Ini Pengertian Makzul dan Arti Makzul"