Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Makhluk? Berikut Pengertian Makhluk dan Arti Makhluk


Apa itu Makhluk? Berikut Pengertian Makhluk dan Arti Makhluk


Mungkin kita pernah mendengar kata makhluk dalam keseharian kita. Baik itu diucapkan dari pemberitaan ataupun saat kita berinteraksi dengan orang lain. Tetapi tahukah kita apa arti kata ini? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian makhluk, penjelasan dan arti kata makhluk menurut kamus indonesia. Yuk kita simak penjelasan dibawah ini:

Pengertian makhluk


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI, Pengertian makhluk adalah “Sesuatu yang dijadikan atau diciptakan oleh tuhan seperti manusia, binatang, dan tumbuh tumbuhan. "

Bentuk tidak baku dari kata makhluk adalah mahluk. Kata ini merupakan kata benda, dan dalam etimologi bahasa arab makhluk adalah “ciptaan” jika dilihat dari kata benda. Dan Kata kerja Khalaqa yang artinya “ menjadikan untuk yang pertama kali: menakdirkan."

Contoh Kalimat Kata Makhluk


Contoh kalimat yang pertama dari pengertian makhluk adalah:” Gajah Afrika merupakan Makhluk darat terbesar di dunia mengalahkan jerapah dan badak dari segi berat badannya”. Arti dari kalimat tersebut adalah Gajah Afrika Merupakan Binatang darat Ciptaan tuhan terbesar di dunia mengalahkan jerapah dan badak dari segi berat badannya.

Contoh Kalimat yang kedua dari pengertian makhluk adalah :” Paus Biru merupakan Makhluk laut terbesar di dunia dan lebih besar dari gajah afrika apalagi manusia”. Arti dari contoh kalimat tersebut adalah Paus Biru merupakan jenis binatang laut ciptaan Tuhan yang memiliki ukuran badan yang terbesar di dunia mengalahkan gajah afrika apalagi manusia.

Contoh kalimat yang ketiga dari pengertian makhluk adalah :” Pohon redwoods (Sequoia sempervirens) yang ada di California merupakan makhluk tertinggi di dunia dengan tinggi pohon mencapai 115,7 meter”. Arti dari contoh kalimat tersebut adalah, Pohon redwoods (Sequoia sempervirens) yang ada di California merupakan Tanaman Ciptaan Tuhan yang paling tinggi di dunia dengan ketinggian 115,7 meter.

Istilah Lain Dengan Kata Makhluk


Apa itu makhluk sosial? Pengertian makhluk sosial adalah manusia sebagai ciptaan tuhan yang berhubungan secara timbal balik dengan manusia lain. Contoh kalimatnya adalah:” Sebagai makhluk sosial, manusia tidak lepas dari membutuhkan keberadaan orang lain disekitarnya untuk bertahan hidup”

Apa itu makhluk Rohaniah? Pengertian makhluk rohaniah adalah sesuatu ciptaan tuhan yang tidak mempunyai nafsu, tidak memerlukan makan dan minum, bukan merupakan laki laki ataupun perempuan. Kata ini merujuk pada ciptaan tuhan yaitu Malaikat. Contoh kalimatnya adalah :” Ia bermimpi bertemu dengan makhluk Rohaniah dengan sayap berjumlah empat buah”

Apa arti Makhluk Ijtimaiah? Pengertian makhluk ijtimaiah adalah sama dengan istilah makhluk Sosial. Contoh kalimatnya:” Sebagai seorang makhluk ijtimaiah, kita harus membantu sesama siapapun orangnya saat ditimpa musibah”

Apa arti Makhluk Halus? Pengertian makhluk halus menurut KBBI adalah sesuatu ciptaan tuhan yang dianggap hidup di alam gaib yang berada di luar alam fisik. Kata ini mengarah pada makhluk golongan jin, malaikat, dan arwah manusia yang telah meninggal. Contoh kalimatnya adalah :” Orang itu berpura pura dapat melihat makhluk halus yang ada disekitarnya.

Apa arti Makhluk Syahsiah? Pengertian makhluk Syahsiah adalah ciptaan tuhan sebagai seorang individu. Atau sama dengan istilah Makhluk Individu. Contoh kalimat adalah :”Setiap manusia sebagai makhluk Syahsiah mempunyai kewajiban terhadap tuhannya”

Istilah Makhluk dini adalah sesuatu ciptaan tuhan yang beragama atau yang religius. Contoh kalimat menggunakan istilah ini adalah:” Manusia dalam ajaran agama Islam harus menjadi makhluk dini yang taat kepada Tuhannya dan tidak menyekutukannya”

Penutup


Sekian artikel tentang pengertian Makhluk, Arti kata makhluk dan penjelasan tentang kata ini. Semoga informasi diatas dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.




Posting Komentar untuk "Apa itu Makhluk? Berikut Pengertian Makhluk dan Arti Makhluk"