Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu konkret? Berikut Pengertian konkret dan Arti konkret


Apa itu konkret? Berikut Pengertian konkret dan Arti konkret


Mungkin sering kita mendengar istilah konkret, baik dalam keseharian kita ataupun dalam pemberitaan di media massa. Tetapi apa sebenarnya arti kata konkret itu sendiri? Dan apa makna dari kata tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian konkret, arti konkret dan penjelasan maknanya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini:

Pengertian Konkret


Menurut Kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat dengan KBBI pengertian konkret adalah “nyata; benar-benar ada (berwujud, dapat dilihat, diraba, dan sebagainya)”

Contoh Kalimat yang pertama kata konkret adalah sebagai berikut :”Angin adalah peristiwa alam yang konkret walaupun tidak bisa dilihat, tetapi bisa dirasakan”. Arti dari kalimat tersebut adalah angin merupakan peristiwa alam yang nyata, benar benar ada walaupun tidak bisa dilihat tetapi bisa dirasakan.

Contoh kalimat kedua dari pengertian konkret adalah :” Seorang politikus yang hanya berbicara saja tanpa melakukan hal yang konkret mungkin akan dijauhi”. Arti dari kalimat tersebut adalah seorang politikus yang hanya berbicara saja tanpa melakukan sesuatu yang nyata atau benar benar melakukan sesuatu mungkin akan dijauhi oleh orang orang.

Contoh kalimat ketiga dari pengertian konkret adalah :”Seorang pemimpin yang memenuhi tugasnya adalah pemimpin yang melakukan pekerjaan secara konkret dan bermanfaat”. Arti dari kalimat tersebut adalah seorang pemimpin yang memenuhi tugasnya adalah pemimpin yang melakukan pekerjaan secara nyata dan benar benar ada hasilnya serta bermanfaat.

Kata konkret ini sendiri memiliki beberapa bentuk kata yang tidak baku, diantaranya kongkret (menggunakan huruf G), kongkrit (menggunakan hurug G dan I) serta konkrit (menggunakan huruf I). Kata konkret juga termasuk dalam kata adjektiva atau kata sifat


Penutup


Demikianlah artikel tentang pengertian konkret, penjelasannya serta arti konkret. Mudah mudahan informasi diatas dapat menjadi informasi yang berguna dan menambah wawasan terkait pengertian kata tumbuh. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "Apa itu konkret? Berikut Pengertian konkret dan Arti konkret"