Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kembang Biak? Berikut Pengertian Kembang Biak dan Artinya


Apa itu Kembang Biak? Berikut Pengertian Kembang Biak dan Artinya


Dalam pelajaran sekolah kita tentunya pernah mendengar kata kembang biak. Atau mungkin kita juga pernah mendengarnya dikesempatan yang lain seperti di media pemberitaan atau obrolan sehari hari. Tetapi apa pengertian kembang biak itu sendiri? Apakah ada hubungannya dengan bunga? Hehe.. Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian kembang biak, arti kembang biak dan penjelasannya. Yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Kembang biak


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI, pengertian kembang biak adalah tambah banyak”. Kata biak sendiri adalah “tumbuh atau kembang”. Kata kembang biak merupakan kata benda dan pemenggalan katanya adalah Kem. Bang. Bi. Ak

Contoh kalimat yang menggunakan pengertian Kembang Biak adalah sebagai berikut :” kembang biak pada tanaman berbeda dengan hewan, salah satu penyebabnya karena sel penyusun tubuh mereka berbeda”. Arti dari kalimat tersebut adalah Tambah banyak jumlahnya pada tanaman berbeda dengan hewan, salah satu penyebabnya karena sel penyusun tubuh mereka berbeda.

Contoh kalimat yang kedua pengertian kembang biak adalah :” Kembang Biak adalah salah satu cara agar suatu spesies hewan maupun tumbuhan mampu bertahan hidup melestarikan spesiesnya agar tidak punah”. Arti dari kalimat tersebut adalah Tambah banyak adalah salah satu cara agar suatu spesies hewan maupun tumbuhan mampu bertahan hidup melestarikan spesiesnya agar tidak punah.


Kata Turunan Kembang Biak


Berkembang biak adalah “bertambah banyak baik untuk tanaman, ternak piaraan, dan sebagainya.” Contoh kalimatnya adalah :” Hewan Ayam berkembang biak dengan cara bertelur”. arti dari kalimat tersebut adalah, Hewan jenis ayam bertambah banyak spesiesnya dengan cara bertelur.

Perkembang Biakan adalah “Hal hal yang berhubungan dengan berkembang biakan”. Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah:” Perkembang Biakan tanaman Buah naga di Kota Tropis sangat cepat karena kondisi alamnya yang sesuai”. Arti dari kalimat tersebut adalah Hal hal yang berhubungan dengan bertambah banyaknya tanaman buah naga menjadi sangat cepat di Kota Tropis karena kondisi alamnya yang sesuai.

Istilah Mengembang Biakan artinya “membuat menjadi berkembang biak.” kata ini merupakan kata kerja. Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah:” Para Peternak Sapi di Kota Batu mencoba mengembang biakan sapi penghasil susu berkualitas tinggi”. Arti dari kalimat tersebut adalah Peternak Sapi yang berada di Kota Batu mencoba untuk membuat menjadi bertambah banyak sapi penghasil sisi yang berkualitas tinggi.

Istilah Pengembang Biak adalah “orang yang mengembang biakan”. kata ini merupakan kata benda. Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah:” Pengembang biak sapi penghasil susu jenis baru tersebut berasal dari kota Batu, Jawa Timur”. Arti dari kalimat tersebut adalah Sapi penghasil susu jenis baru tersebut dijadikan bertambah banyak oleh seseorang yang berasal dari Kota Batu Jawa Timur.

Istilah Pengembang Biakan adalah “suatu proses, cara, perbuatan mengembang biakan”. Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah:” Pihak Pemerintah berupaya melakukan pengembang biakan ternak sapi penghasil susu yang berkualitas tinggi”. Arti dari kalimat tersebut adalah pemerintah berupaya melakukan proses membuat menjadi bertambah banyak sapi penghasil susu berkualitas tinggi.


Penutup

 
Demikianlah pembahasan artikel tentang pengertian Kembang Biak menurut KBBI beserta penjelasan makna dan arti kembang biak. Mudah mudahan bermanfaat sekian dan terima kasih.




Posting Komentar untuk "Apa itu Kembang Biak? Berikut Pengertian Kembang Biak dan Artinya"