Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu integritas? Berikut Pengertian integritas dan Arti integritas


Apa itu integritas? Berikut Pengertian integritas dan Arti integritas 


Mungkin kita sering mendengar kata integritas dalam keseharian kita. Baik itu diucapkan dari perkataan orang di dekat kita ataupun saat kita sendiri menggunakan kata ini untuk berbicara dengan orang lain.. Tetapi tahukah kita apa arti kata ini? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian integritas , penjelasan dan arti kata integritas menurut kamus indonesia. Yuk kita simak penjelasan dibawah ini:

Pengertian integritas  


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI, Pengertian integritas adalah “mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran

Kata ini merupakan kata benda atau nomina dan jika dilakukan pemenggalan kata maka akan menjadi In. Teg. Ri. Tas.

Dalam makna yang lebih luas pengertian integritas adalah suatu tindakan bersikap jujur dan menunjukan dirinya patuh dengan konsisten tanpa kompromi apapun terhadap prinsip dan nilai moral serta etika yang benar.

Contoh Kalimat Kata integritas  


Contoh kalimat yang pertama dari pengertian integritas adalah:”Seorang pemimpin haruslah memiliki integritas yang tinggi sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada ditengah masyarakat”. Arti dari kalimat tersebut adalah untuk mampu menyelesaikan masalah yang ada ditengah masyarakat, seorang pemimpin haruslah memiliki mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan.

Contoh Kalimat yang kedua dari pengertian integritas adalah :” Integritas seorang Guru bisa rusak apabila ia mencontohkan sesuatu yang tidak baik kepada para siswa nya”. Arti dari kalimat tersebut adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan seorang guru bisa saja rusak apabila ia mencontohkan sesuatu yang tidak baik kepada para siswa nya.

Contoh kalimat yang ketiga dari pengertian integritas adalah :”Seorang pejabat haruslah memiliki rasa integritas yang tinggi”. Arti dari kalimat tersebut adalah, seorang pejabat haruslah memiliki rasa mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan yang tinggi

Contoh kalimat yang keempat dari pengertian integritas adalah :”Andi tidak pernah berbohong di depan orang tuanya ataupun teman temannya karena ia memiliki integritas yang dimilikinya”. Arti dari kalimat tersebut adalah Andi tidak pernah berbohong di depan orang tuanya atau teman temannya karena ia memiliki kejujuran.

Kata Turunan dari Kata integritas


Kata turunan dari kata integritas adalah berintegritas. Pengertian berintegritas sendiri adalah “memiliki integritas” dan merupakan kata kerja. Contoh kalimatnya adalah :” Polisi yang berintegritas tidak akan menerima suap” artinya polisi yang memiliki integritas tidak akan menerima suap.

Istilah Lain yang Berhubungan


Pengertian Integritas nasional adalah wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dalam kehidupan bernegara.

Dalam bidang meteorologi, terdapat istilah integritas pembekuan yang berarti besar massa es yang mengendap pada tiap satuan luas.

Penutup


Sekian artikel tentang pengertian integritas , Arti kata integritas dan penjelasan tentang kata ini. Semoga informasi diatas dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.


pengertian integritas adalah berikut ini

Posting Komentar untuk "Apa itu integritas? Berikut Pengertian integritas dan Arti integritas "