Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Implementasi? Berikut Pengertian implementasi dan Arti Implementasi


Apa itu Implementasi? Berikut Pengertian implementasi dan Arti Implementasi


Mungkin kita pernah mendengar kata implementasi dalam keseharian kita. Baik itu diucapkan dari media massa, media pemberitaan ataupun saat kita berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi tahukah kita apa arti kata ini? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian implementasi , penjelasan dan arti kata implementasi menurut kamus indonesia. Yuk kita simak penjelasan dibawah ini:

Pengertian implementasi 


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat KBBI, yang pertama Pengertian implementasi adalah “Pelaksanaan atau penerapan.”. kemudian yang kedua adalah “pengembangan versi kerja sistem dari desain yang diberikan”. Arti yang kedua dari kata Implementasi biasanya digunakan pada ilmu komunikasi


Contoh Kalimat Kata implementasi 


Contoh kalimat yang pertama dari pengertian implementasi adalah:”Pertemuan antara kedua kelompok tersebut memiliki tujuan untuk mencari bentuk implementasi tentang hal yang disepakati dulu”. Arti dari kalimat tersebut adalah pertemuan antara kedua kelompok tersebut memiliki tujuan untuk mencari bentuk pelaksanaan atau penerapan mengenai hal hal yang disepakati dulu.

Contoh Kalimat yang kedua dari pengertian implementasi adalah :” Seorang siswa yang baik adalah siswa yang dapat melakukan implementasi mata pelajaran yang dipelajari dalam kehidupan”. Arti dari kalimat tersebut adalah seorang siswa dikatakan baik apabila ia mampu melakukan pelaksanaan atau penerapan mata pelajaran yang telah ia pelajari pada kehidupan sehari hari.

Contoh kalimat yang ketiga dari pengertian implementasi adalah :”Masyarakat khawatir apabila aturan baru tersebut tidak di implementasikan dengan baik akan menimbulkan potensi korupsi”. arti dari kalimat tersebut adalah Menurut Masyarakat penerapan atau pelaksanaan aturan baru tersebut dapat menimbulkan potensi korupsi apabila tidak apabila tidak dilakukan dengan baik / benar sehingga mereka menjadi khawatir.

Contoh kalimat yang keempat dari pengertian implementasi adalah :”Kualitas Para Wakil rakyat tersebut dipertanyakan karena tidak mampu melakukan implementasi aturan baru tersebut”. Arti dari kalimat tersebut adalah Wakil rakyat diragukan kualitasnya karena dianggap tidak mampu melakukan pelaksanaan atau penerapan aturan yang baru disahkan tersebut.

Kata Turunan dari Kata implementasi 


Mengimplementasikan memiliki makna melaksanakan atau menerapkan. Contoh kalimatnya:”Andi mampu mengimplementasikan pola hidup sehat dalam kesehariannya”

Mengimplementasi memilki arti melaksanakan. Contoh kalimatnya:” Guru mengimplementasi arahan Kementrian terkait proses belajar mengajar jarak jauh”

Pengimplementasi adalah orang yang mengimplementasi. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:” Guru adalah salah satu pengimplementasi nilai nilai pancasila di sekolah”

Pengimplementasian adalah suatu proses, cara, atau perbuatan mengimplementasikan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut :”Pengimplementasian proses belajar mengajar secara daring agak susah dilaksanakan di daerah terpencil”

Terimplementasi artinya adalah terlaksana atau terterapkan. Contoh kalimatnya adalah:” Sistem pendidikan melalui jaringan internet dirasa telah terimplementasi dengan baik di Jakarta”

Terimplementasikan memiliki makna dapat diimplementasikan. Contoh kalimatnya adalah :”Proses belajar mengajar secara tatap muka terimplementasikan dengan baik di sekolah ABC”.

Penutup


Sekian artikel tentang pengertian implementasi , Arti kata implementasi dan penjelasan tentang kata ini. Semoga informasi diatas dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.




Posting Komentar untuk "Apa itu Implementasi? Berikut Pengertian implementasi dan Arti Implementasi"