Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa Itu Congkak? Ini Pengertian Congkak dan Arti Congkak


Apa Itu Congkak? Ini Pengertian Congkak dan Arti Congkak


Pernahkah kita mendengar orang mengatakan kata ini kepada orang lain? Mungkin saja pernah, baik dalam kehidupan sehari hari atau dalam kesempatan lainnya. Tetapi apa sebenarnya makna kata ini? Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas pengertian Congkak, penjelasan dan arti congkak menurut kamus bahasa Indonesia. Yuk kita simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Congkak


Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau biasa disingkat KBBI kata ini memiliki dua makna. 

Yang pertama menurut KBBI Pengertian congkak adalah “merasa dan bertindak dengan memperlihatkan diri sangat mulia (pandai, kaya, dan sebagainya); sombong; pongah; angkuh; jemawa

Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:”Sifat dan tingkah lakunya yang congkak itu membuatnya dijauhi oleh semua orang”. Arti dari kalimat tersebut adalah Sifat dan tingkah lakunya yang merasa dan bertindak dengan memperlihatkan diri sangat mulia membuatnya dijauhi oleh semua orang.

Berdasarkan kata turunannya congkak bisa menjadi diantaranya kata kecongkakan dan secongkak. Kecongkakan memiliki arti ketinggian hati; kesombongan; atau keponggahan. Sedangkan secongkak memiliki arti sama congkak atau sama sombong.

Arti yang kedua pengertian congkak adalah “kulit lokan yang dipakai dalam permainan atau permainan dengan kulit lokan (biji-bijian dan sebagainya) dan kayu yang bentuknya seperti perahu yang berlubang-lubang (di Jawa disebut dakon)

Untuk makna kata yang kedua ini tidak berhubungan sama sekali dengan yang pertama, jadi walaupun sama kata dan penyebutannya maknanya berbeda tergantung apa yang dibicarakan pada kalimat.

Contoh kalimat dengan menggunakan pengertian congkak yang kedua adalah sebagai berikut :” Budi memainkan congkak di halaman belakang rumah bersama teman temannya”. Arti dari kalimat tersebut adalah Budi sedang bermain permainan yang dinamakan permainan congkak bersama teman temannya di halaman belakang rumah.

Penutup 


Itu tadi penjelasan artikel tentang pengertian Congkak, apa arti congkak dan penjelasannya menurut kamus bahasa Indonesia. Mudah mudahan penjelasan diatas dapat memberikan ilmu yang berguna bagi kita semua serta menambah pemahaman dan wawasan kita. Jangan lupa untuk menshare informasi ini jika diperlukan. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih. 


Posting Komentar untuk "Apa Itu Congkak? Ini Pengertian Congkak dan Arti Congkak"