Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Analisis? Berikut Pengertian Analisis dan Arti Analisis



Apa itu Analisis? Berikut Pengertian Analisis dan Arti Analisis


Mungkin banyak yang masing bingung terkait arti kata analisis, mana yang benar apakah analisis atau analisa? karena kata ini mungkin sering kita dengar tetapi tanpa mengetahui makna sebenarnya kata ini. Maka dari itu, Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian analisis dan arti analisis serta berbagai istilah yang berkaitan dengan kata ini.

Pengertian Analisis


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI, kata analisis mempunyai berbagai macam arti. Sesuai konteks kalimatnya arti ini bisa menjadi makna lain. Berikut pembahasannya

Arti yang pertama pengertian analisis adalah “penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya).

Arti yang kedua adalah “penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan”. Untuk makna ini biasanya digunakan dalam konteks manajemen.

Arti yang Ketiga pengertian analisis adalah “penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya”. Makna kata ini biasanya digunakan dalam konteks ilmu kimia.

Arti yang keempat adalah “penjabaran sesudah dikaji sebaik baiknya”

Arti yang kelima adalah “pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya”

Diantara kata Analisis atau analisa, maka kata yang baku adalah kata analisis. Sedangkan analisa yang menggunakan huruf “a” adalah bentuk tidak baku dan tidak memiliki arti yang benar pada kamus besar bahasa indonesia.

pengertian analisis dan arti analisis

Penjelasan Kata Turunan Analisis


Turunan kata analisis ada empat, yaitu menganalisis; penganalisis; penganalisisan; teranalisis.

Menganalisis artinya adalah “melakukan analisis”. Contoh kalimatnya adalah:” Andi menganalisis terhadap kondisi ekonomi Indonesia”. Arti dari kalimat tersebut adalah Andi melakukan analisis atau penyelidikan terhadap kondisi ekonomi indonesia.

Penganalisis artinya adalah orang yang melakukan analisis. Tetapi dalam konteks ilmu komputer, penganalisis adalah peralatan tes elektronik yang menampilkan berbagai fitur sinyal.

Penganalisisan adalah proses atau metode atau cara perbuatan menganalisis. Contoh kalimatnya adalah :”Penganalisisan artikel oleh lembaga itu sangat terpercaya”. Arti kalimat tersebut adalah proses melakukan analisis terhadap artikel oleh lembaga itu sangat terpercaya.

Teranalisis artinya sudah dianalisis. Contoh kalimatnya adalah :” Cairan kimia tersebut sudah teranalisis oleh Ipan di laboratorium”. Arti dari kalimat tersebut adalah cairan kimia tersebut sudah dilakukan penyelidikan dengan sungguh sungguh oleh Ipan di Laboratorium.

Penjelasan Istilah Gabungan Kata Analisis


Pengertian analisis aktivasi neutron adalah istilah untuk metode atau cara yang dipakai untuk menganalisis komposisi atau susunan artefak yang bergantung pada perangsangan nukleus atom dari berbagai elemen sampel. Istilah ini biasanya terdapat dalam ilmu arkeologi.

Dalam bidang komputer pengertian analisis pangkalan data adalah seseorang yang menyediakan fungsi analitik yang dibutuhkan untuk merancang dan memelihara aplikasi yang membutuhkan pangkalan data.

Dalam bidang gizi, istilah analisis komposisi tubuh adalah suatu teknik melakukan pengambilan nilai proporsi dari jaringan lemak dan bukan lemak atau otot tubuh seseorang.

Pengertian analisis induktif adalah penetapan kebenaran suatu hal atau perumusan umum mengenai suatu gejala dengan mempelajari kasus atau kejadian khusus yang berhubungan dengan hal itu.

Analisis wacana adalah suatu metode menguraikan wacana atas bagian bagian yang berfungsi. Kata ini biasanya terdapat dalam konteks linguistik.

Dalam bidang meteorologi, pengertian analisis tekanan adalah suatu pengamatan atau penyelidikan yang sungguh sungguh yang berkaitan dengan data area atmosfer yang luas yang diperoleh secara hampir bersamaan yang menggambarkan distribusi ruang tekanan atmosfer dengan menggunakan isobar.

Penutup


Demikianlah pembahasan tentang pengertian analisis penjelasan makna dan arti analisis, serta penjelasan terkait kebenaran Analisis atau analisa. Mudah mudahan artikel diatas dapat menjadi ilmu yang berguna dan menambah wawasan kita. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.



Posting Komentar untuk "Apa itu Analisis? Berikut Pengertian Analisis dan Arti Analisis"