Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Anak Emas? Berikut Pengertian Anak Emas dan Arti Anak Emas


Apa itu Anak Emas? Berikut Pengertian Anak Emas dan Arti Anak Emas


Mungkin sering kita mendengar istilah Anak Emas, baik dalam keseharian kita ataupun dalam pemberitaan di media massa. Tetapi apa sebenarnya arti kata Anak Emas itu sendiri? Dan apa makna dari kata tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian Anak Emas, arti Anak Emas dan penjelasan maknanya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini:

Pengertian Anak Emas


Menurut Kamus besar bahasa indonesia atau biasa disingkat dengan KBBI, ada beberapa makna dari kata ini.

Yang pertama pengertian Anak Emas adalah ”anak budak belian yang diambil anak oleh tuannya”

Contoh kalimat yang menggunakan makna ini adalah:” Istilah anak emas pada zaman dulu masih sering terdengar karena perbudakan masih dilegalkan”. arti dari kalimat tersebut adalah istilah untuk anak budak belian yang diambil anak oleh tuannya pada zaman dahulu masih sering terdengar karena perbudakan masih dilegalkan hukum saat itu.

Yang kedua, pengertian anak emas adalah “orang yang paling disayangi (disenangi) oleh atasannya (keluarganya, kepalanya, majikannya, tuannya, dan sebagainya)”

Makna kata kedua ini yang biasanya sering kita gunakan atau sering dimaknai oleh masyarakat luas

Contoh kalimat yang menggunakan makna kedua ini adalah:” Andi menjadi anak emas dikeluarganya karena ia berbakat dan berprestasi”. Arti dari kalimat tersebut adalah Andi menjadi orang yang paling disayangi (disenangi) oleh keluarganya karena ia berbakat dan berprestasi.

Yang ketiga, pengertian anak emas adalah “anak Indonesia yang diambil oleh bangsa lain”

Contoh kalimat yang menggunakan makna ketiga ini adalah :”Pada zaman penjajahan anak emas dari pedalaman mungkin sering diperdagangkan sebagai budak”. Arti dari kalimat tersebut adalah pada zaman penjajahan anak indonesia yang diambil oleh bangsa lain dari pedalaman mungkin sering diperdagangkan sebagai budak

Istilah menganakemaskan berarti “memperlakukan secara istimewa atau khusus, misalnya lebih disayangi dan sebagainya; mengistimewakan”

Kemudian istilah penganakemasan adalah “proses, cara, perbuatan menganakemaskan” 

Penutup


Demikianlah artikel tentang pengertian Anak Emas, penjelasannya serta arti Anak Emas. Mudah mudahan informasi diatas dapat menjadi informasi yang berguna dan menambah wawasan terkait pengertian kata tumbuh. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "Apa itu Anak Emas? Berikut Pengertian Anak Emas dan Arti Anak Emas"