Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Privasi? Ini Makna Katanya


Apa Arti Privasi? Ini Makna Katanya


Mungkin kita pernah mendengar beberapa tokoh masyarakat atau selebritas yang merasa privasinya terganggu oleh beberapa ulah oknum pencari media. Atau kadang kala juga kita mungkin pernah mendengar istilah pelanggaran privasi di dunia maya. Tetapi apa sebenarnya arti kata privasi? Dalam artikel ini kita akan membahas arti privasi beserta penjelasan contohnya dan maknanya. Jadi simak terus yuk artikel ini sampai habis.

Pengertian Kata Privasi


Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau biasa disingkat KBBI, privasi artinya kebebasan atau keleluasaan pribadi.   Privasi merupakan kata benda atau nomina yang bahasa inggrisnya adalah privacy

Berikut ini contoh kalimatnya;” Oknum wartawan dari salah satu media massa itu kadang suka melanggar privasi seseorang untuk mendapatkan berita yang menarik”. Kalimat tersebut memiliki makna bahwa sang oknum wartawan suka melanggar kebebasan atau keleluasaan pribadi seseorang untuk mendapatkan berita yang menarik.

Contoh lainnya adalah sebagai berikut;” Pengguna media sosial facebook harus waspada terhadap ulah orang orang yang mencuri data privasi akun untuk tujuan yang tidak benar”. Kalimat tersebut memiliki arti bahwa sebagai Pengguna media sosial facebook harus waspada karena terdapat beberapa orang yang mencuri data kebebasan atau keleluasaan pribadi seseorang untuk tujuan yang tidak benar atau ilegal.

Pembahasan Lanjutan Tentang Privasi


Dalam arti dan makna yang luas privasi artinya adalah kemampuan seseorang atau sekelompok orang untuk mengasingkan atau mengisolasi atau menjaga diri mereka sendiri atau suatu informasi tentang diri mereka sehingga mereka melakukan tindakan secara terukur, terbatasi atau selektif.

Ketika suatu hal itu merupakan privasi dari seseorang maka hal tersebut berarti sesuatu yang dimaksud tersebut memiliki nilai yang khusus atau sensitif. Area privasi seseorang kadang tergerus oleh masalah keamanan yang menimbulkan konsep baru tentang penggunaan wajar data privasi seseorang atau penggunaan yang tepat. Walaupun data privasi tersebut diambil dari lembaga yang berwenang

Hak privasi artinya seseorang memiliki hak untuk tidak menjadi sasaran penbambilan informasi privasi secara tidak benar tanpa izin oleh seseorang atau sekelompok orang meskipun itu perusahaan atau bahkan pemerintah sehingga masalah ini menjadi bagian dari undang undang privasi di banyak negara.

Privasi Dalam Dunia Bisnis


Dalam lingkungan bisnis atau kegiatan ekonomi termasuk saling kerjasa sama antar individu atau kelompok seseorang mungkin secara sukarela memberikan informasi privasi pribadinya ditujukan untuk mendapatkan keuntungnan jasa atau produk.

Informasi yang secara sukarela dibagikan kepada suatu pihak terkadang memiliki perjanjian tertulis yang apabila disalah gunakan atau dicuri maka dapat menyebabkan kasus pelanggaran identitas atau pencurian data identitas.

Privasi Dalam Dunia Maya


Privasi internet adalah kebebasan atau keleluasaan pribadi terhadap datanya yang terdapat di internet yang bisa bersifat sensitif atau memiliki nilai khusus oleh penggunanya. sama artinya dengan privasi di dunia nyata hanya saja data yang digunakan dalam aktivitas internet sangat besar

Privasi Internet melibatkan hak seseorang atas penyimpanan data, dan penyediaan data kepada pihak ketiga dan menampilkan informasi yang berkaitan dengan data pribadi melalui internet

Sebagai contoh suatu perusahaan penyedia jasa aplikasi di internet mengambil data seseorang untuk digunakan melakukan pendaftaran sebagai syarat menggunakan fasilitas aplikasi. Kemudian data ini digunakan oleh penyedia jasa untuk meningkatkan layanan terhadap pengguna dengan melakukan analisis terhadap data informasi yang diberikan. Yang kadang kala tidak disadari pengguna.

Meskipun demikian para perusahaan yang mengambil data informasi tidak bisa disalahkan karena pengguna telah menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi dengan fasilitas yang ada. Tetapi jika kedapatan melanggar dan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disetujui kedua belah pihak, maka penyedia jasa dikatakan melanggar data informasi pribadi atau data privasi seseorang dan bisa dikenai jerat hukum.
kemanan privasi artinya menjaga data privasi agar tidak disalahgunakan

Penutup


Kadangkala masalah keamanan privasi ini berbeda beda untuk setiap negara. Jadi jika seseorang melakukan aktivitas apapun di negara asing maka alangkah baiknya memperlajari sekilas tentang hak privasi mereka. Demikian juga untuk privasi di dunia maya, mungkin ada perusahaan yang berbeda dalam memberlakukan keamanan data pribadi pengguna mereka, sehingga perlu ketelitian pengguna untuk juga waspada terhadap data privasi mereka di dunia maya.

Demikianlah artikel tentang pengertian arti privasi, makannya dan penjelasannya. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua dan menambah pemahaman kita terkait kata privasi itu sendiri. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon dimaafkan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa Arti Privasi? Ini Makna Katanya"