Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa arti peribahasa lempar batu sembunyi tangan? Ini Penjelasannya


Apa arti peribahasa lempar batu sembunyi tangan? Ini Penjelasannya


Bagi yang sudah beranjak dewasa, kadangkala kita melupakan beberapa pelajaran yang telah kita pelajari sewaktu belajar di sekolah dasar. Mungkin salah satunya adalah apa arti dari peribahasa lempar batu sembunyi tangan? Karena mungkin di berbagai kesempatan kita mendengarnya. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang arti dan makna dari peribahasa lempar batu sembunyi tangan. Yuk kita sama sama simak penjelasan dibawah ini

Pengertian Peribahasa “Lempar Batu Sembunyi Tangan”


Menurut Kamus besar bahasa indonesia atau yang biasa disingkat dengan nama KBBI, arti peribahasa lempar batu sembunyi tangan adalah yang pertama “Melakukan sesuatu (kegiatan dan sebagainya), tetapi kemudian berdiam diri seolah-olah tidak tahu-menahu”. Yang kedua memiliki arti “Berbuat kurang baik kepada orang, lalu berpura-pura tidak tahu”

Bisa dilihat dari penjelasan pada paragraf diatas bahwa lempar batu sembunyi tangan maknanya adalah seseorang yang melakukan sesuatu yang bisa saja buruk kepada orang lain atau sekitarnya lalu kemudian tidak bertanggung jawab atau seolah olah merasa dirinya tidak melakukannya, sehingga apapun akibat perbuatannya dia tidak akan mau tahu.

Saat kita memaknainya dan berimajinasi, jika ada seseorang melempar batu kemudian menyembunyikan tangannya apa yang kita lihat? Jika kita hanya melihat arah jatuhnya batu kemudian melihat orang yang melempar, tentu saja kita tidak bisa melihat siapa yang seolah olah melemparnya karena orang tersebut menyembunyikan tangannya. Sehingga kesimpulan jika dimaknai dalam perbuatan apapun maka sama dengan penjelasan paragraf kedua tadi.

Contoh Kalimat dengan Peribahasa 


Contoh penggunaan peribahasa ini pada kalimat adalah sebagai berikut;”Orang asing yang teriak maling itu ternyata setelah diselidiki merupakan pencuri yang sesungguhnya, bagaikan lempar batu sembunyi tangan”. Dalam Kalimat Tersebut perilaku orang asing yang mencuri dan teriak maling itu cocok dengan peribahasa karena ia yang mencuri tetapi seolah olah tidak melakukannya bahkan ia ikut meneriaki maling yang kemungkinan dilakukan untuk mengelabuhi warga atau korban.

Pada kalimat diatas istilah “lempar Batu” mengarah pada perbuatan orang tersebut yang melakukan pencurian. Kemudian selanjutnya istilah “sembunyi tangan” pada kalimat diatas mengarah kepada orang tersebut yang seolah olah tidak tahu dan malah berusaha mencoba meneriaki maling kepada orang lain.

Contoh kalimat berikutnya adalah;”Pejabat yang ditangkap KPK itu merasa dirinya tidak menerima korupsi dana bantuan sosial padahal bukti sudah sangat kuat, mulai dari bukti CCTV hingga bukti transfer rekening, Bagai Lempar Batu sembunyi tangan”. Arti dari kalimat tersebut adalah pejabat itu seolah olah tidak tahu menahu dan pura pura tidak tahu setelah dia melakukan perbuatan korupsi dan telah jelas terbukti. 

Pada contoh kalimat kedua diatas istilah “Lempar batu” mengarah pada pejabat yang telah melakukan perbuatan korupsi dana bantuan sosial. Kemudian selanjutnya istilah “sembunyi tangan” pada kalimat diatas adalah saat ia merasa tidak menerima atau tidak melakukan perbuatan korupsi dana bantuan sosial tersebut padahal bukti yang ada sudah sangat kuat.

Penutup


Demikianlah tadi artikel tentang makna dan arti peribahasa lempar batu sembunyi tangan beserta penjelasannya. Mudah mudahan informasi diatas bisa berguna dan menambah pemahaman serta wawasan kita. Sekian kurang lebihnya mohon dimaafkan terimakasih…




Posting Komentar untuk "Apa arti peribahasa lempar batu sembunyi tangan? Ini Penjelasannya"