Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Okulasi? Berikut Pengertian Okulasi Menurut Kamus


Apa Arti Okulasi? Berikut Pengertian Okulasi Menurut Kamus


Dalam pelajaran biologi, mungkin kita pernah mendengar kata okulasi. Dan mungkin juga selama ini kita pernah mendengar kata ini di berbagai kesempatan, baik media pemberitaan atau dalam kegiatan sehari hari. Tetapi apa itu okulasi? Dan apa pengertian okulasi tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian, penjelasan dan makna okulasi. Yuk kita simak pembahasan berikut ini sampai habis.

Pengertian Okulasi


Menurut kamus besar bahasa indonesia Pengertian Okulasi Adalah “cara meningkatkan mutu tumbuhan dengan menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata dari batang atas pada suatu irisan pada kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman baru”.

Contoh kalimat yang menggunakan kata Okulasi adalah:” Petani di kota batu provinsi Jawa TImur mencoba melakukan Okulasi bibit tanaman lokal dengan bibit tanaman unggul dari luar negeri”. Arti dari kalimat tersebut adalah Petani di kota batu provinsi jawa timur mencoba melakukan peningkatan mutu tumbuhan bibit tanaman lokal dengan menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata dari batang atas bibit tanaman unggul dari luar negeri sehingga menjadi kualitas lebih baik.

Kata Okulasi biasanya sering dipakai pada bidang tanaman, biologi, pertanian, perkebunan, agrikultur dan serupa dengannya. Okulasi merupakan kata benda dengan pemenggalan kata Oku. La. Si.
Pengertian Okulasi Adalah “cara meningkatkan mutu tumbuhan

Pembahasan Lanjutan Istilah Okulasi


Dalam bahasa inggris, terjemahan Okulasi adalah Shield Budding / Grafting. Pengertiannya okulasi adalah suatu teknik untuk mengubah varietas sebuah tanaman buah. Okulasi merupakan cara atau teknik perbuatan membiakkan tanaman yang dengan cara vegetatif.

Tujuan Okulasi adalah untuk mendapatkan keunggulan masing masing tanaman yang akan digabungkan sehingga nantinya tanaman varietas baru tersebut mempunyai sifat baik kedua tanaman yang digabungkan. 

Prinsip dasar teknik okulasi adalah melakukan penempelan atau menjadikan satu antara batang bawah dengan batang atas tanaman lain. Dan teknik ini tidak bisa asal digunakan atau dilakukan karena memiliki cara yang sedikit rumit dan perlu ketelitian.

Beberapa Peralatan untuk melakukan grafting atau okulasi adalah alat pemotong tanaman, cairan disinfektan sebagai penetral dari zat berbahaya, alat penyegel atau perekat okulasi, penyangga tanaman, dan beberapa mesin khusus untuk teknik okulasi yang lebih modern.

Jika berhasil melakukan okulasi ini maka beberapa manfaat yang bisa didapat adalah :

Precocity: Kemampuan untuk berbuah tanpa perlu menyelesaikan fase tahap remaja tanaman (langsung dalam tahapan reproduksi)

Dwarfing: Untuk mendorong tanaman menjadi kerdil atau lebih toleran dingin atau karakteristik lain pada batang atas. Contohnya pada tanaman apel hasil okulasi yang lebih pendek tempat berbuahnya tanaman sehingga mudah diambil.

Lebih Mudah diperbanyak: Karena batang atas sulit untuk diperbanyak secara vegetatif dengan cara lain, seperti dengan stek.

Hybrid breeding: untuk mempercepat pendewasaan tanaman dari program pembiakan tanaman buah hibrida

Mampu Tahan Penyakit : Menjadi lebih kuat terhadap serangan penyakit ataupun hama tanaman

Sumber Serbuk Sari : Beberapa manfaat pada beberapa hasil okulasi adalah tanaman hasil menjadi sumber serbuk sari atau pollenizer.
contoh kalimat arti okulasi

Penutup


Demikianlah tadi pembahasan mengenai pengertian okulasi, penjelasan makna serta apa arti okulasi. Mudah mudahan informasi diatas menjadi informasi yang berguna bagi kita semua dan menambah pemahaman kita. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Referensi : 

Posting Komentar untuk "Apa Arti Okulasi? Berikut Pengertian Okulasi Menurut Kamus"