Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa Arti Kata Riang? Berikut Penjelasannya


Apa Arti Kata Riang? Berikut Penjelasannya


Mungkin kita pernah mendengar kata riang atau membacanya disuatu tulisan dan mungkin juga kita juga pernah menggunakan kata ini. Tetapi apa sebenarnya arti kata riang? Dalam artikel kali ini kita akan membahas arti kata riang beserta penjelasannya dan makna katanya. Yuk kita simak sampai habis.

Pengertian Kata Riang


Menurut kamus besar bahasa indonesia Riang adalah suka hati atau girang sekali. Dan merupakan kata adjektiva atau kata sifat yang menjelaskan nomina atau promina.

Contoh penggunaan kata riang adalah;” Adi dengan riang menyambut kedatangan pamannya yang berasal dari luar negeri”. Arti dari kalimat tersebut adalah Adi dengan suka hati atau dengan girang sekali menyambut kedatangan pamannya yang berasal dari luar negeri.

Contoh yang kedua penggunaan kata ini pada kalimat adalah:” Para siswa melihat hasil kelulusan dengan riang karena semua nya dinyatakan lulus”. Arti dari kalimat tersebut adalah Para siswa melihat hasil kelulusan dengan suka hati atau dengan girang sekali karena semuanya dinyatakan lulus. 

Kata turunan riang yang pertama adalah Periang yang artinya adalah orang yang selalu bersuka hati atau bergembira. Termasuk kata benda atau nomina. Contoh kalimatnya adalah;” Andi merupakan orang yang periang” arti dari kalimat tersebut adalah Andi orang yang selalu bersuka hati.

Kata turunan riang yang kedua adalah Keriangan yang artinya adalah kesukaan atau kegembiraan. Termasuk kata benda atau nomina. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:” Keriangan suasana Ramadhan itu mereka nikmati dengan bersama sama” arti kalimat tersebut adalah kegembiraan suasanan ramadhan itu mereka nikmati dengan bersama sama.


Gabungan Kata Riang dan Artinya


  • Riang Gembira sama artinya dengan suka hati dan gembira, atau suka ria
  • Riang Hati sama artinya dengan suka cita
  • Riang-Riang artinya pohon yang kayunya keras
  • Riang-Riang yang kedua artinya gangsir ( serangga jangkrik yang suka mengorek tanah untuk membuat lubang sebagai tempat tinggalnya)


Bedanya dengan Meriang


Meriang juga berasal dari kata dasar riang. Tetapi riang dalam kata me riang bukanlah memiliki arti suka hati atau girang sekali melainkan berasa tidak enak badan karena kurang sehat atau juga bisa terasa agak demam karena suatu penyakit. 

Contoh penggunaan kata meriang ini adalah;” badannya meriang setelah bekerja setiap hari tanpa jeda selama satu minggu”. Arti dari kalimat tersebut adalah Badan seseorang tersebut terasa agak demam dan kurang sehat karena bekerja setiap hari tanpa jeda selama satu minggu.


Penutup


Demikianlah pembahasan mengenai penjelasan kata riang artinya dan maknanya. Perlu diingat bahwa terdapat dua arti kata dengan kata riang yang dipakai dalam kata me-riang, dengan riang yang artinya suka hati atau girang sekali. Mudah mudahan informasi diatas bisa berguna bagi kita semua dan bisa menambah wawasan kita. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf terima kasih.

Referensi

https://kbbi.web.id/

Posting Komentar untuk "Apa Arti Kata Riang? Berikut Penjelasannya"