Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Kata Estimasi? Ini Penjelasannya



Apa Arti Kata Estimasi? Ini Penjelasannya


Dalam kehidupan sehari hari kita mungkin pernah mendengar kata estimasi. Baik itu di surat kabar, berita radio atau media massa jenis lainnya. Tetapi apa sebenarnya arti estimasi? Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas arti kata estimasi penjelasan serta maknanya. Yuk simak pembahasan dibawah ini sampai habis

Pengertian Arti Estimasi


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI, Estimasi adalah perkiraan, penilaian atau pendapat. Estimasi merupakan kata nomina atau kata benda.

Contoh kalimat dengan menggunakan kata tersebut adalah sebagai berikut:”Pejabat Bank itu membuat estimasi terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia 5 tahun kedepan”. Arti dari kalimat tersebut adalah seorang pejabat bank membuat perkiraan terkait pertumbuhan ekonomi indonesia 5 tahun kedepan.

Contoh kalimat lainnya adalah:” Menurut estimasiku Piala Dunia tahun depan tidak mungkin dilaksanakan karena kondisi yang tidak memungkinkan”. Arti dari kalimat tersebut adalah “aku” menilai piala dunia tahun depan tidak dapat dilaksanakan karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Contoh kalimat terakhir adalah;”Pembicara memberikan estimasinya terkait kebijakan pemerintah yang dinilai tidak masuk akal”. Arti kalimat tersebut adalah pembicara tersebut memberika pendapatnya terkait kebijakan pemerintah yang dinilai tidak masuk akal.

Pembahasan Lanjutan Arti Estimasi


Menurut Kamus Cambridge, Estimate atau estimasi adalah sebuah penilaian atau perhitungan kira kira atas seberapa besar atau seberapa bagus/besar sesuatu tersebut. Menurut kata kerjanya estimasi ialah tindakan untuk menebak atau menghitung biaya tertentu, ukuran tertentu, nilai tertentu dan sebagainya atas sesuatu. Bisa juga sebagai ungkapan apa yang diyakini dari biaya, ukuran, nilai dan sebagainya dari suatu hal meskipun tidak diketahui secara pasti

Menurut kamus merriam webster, estimasi artinya adalah suatu perhitungan kasar atau perhitungan kira kira. Bisa juga nilai berupa angka yang didapatkan dari sampel statistik dan ditetapkan kepada suatu parameter populasi(bahasa matematis). arti yang kedua adalah pernyataan dari suatu pembiayaan atau anggaran kerja untuk dilakukan. Ketiga arti estimasi bisa juga sebuah opini atau penilaian dari alamiahnya, karakternya, atau kualitas dari seseorang atau dari sesuatu. Dan yang keempat, estimasi merupakan sebuah tindakan mengapresiasi atau menilai.

Bagaimana Estimasi Dilakukan 


Dalam Ilmu matematika Estimasi biasanya dilakukan dengan sampling atau pengambilan sample yang menghitung sebagian kecil angka dari suatu hal dan memproyeksikan angka tersebut dalam populasi yang lebih besar. 

Contoh estimasi adalah saat kita ingin menentukan berapa banyak permen yang ada dalam tempat tertentu dengan ukuran tertentu dalam suatu wadah. Karena distribusi dari permen tersebut didalam wadah tidak merata, maka pengamat bisa menghitung sejumlah permen yang terlihat, kemudian membayangkan ukuran wadah dan memperkirakan distribusi serupa yang mungkin saja bisa dilakukan pada bagian yang tidak terlihat.

Dalam membuat estimasi tujuan akhirnya lebih sering berguna untuk membuat rentan kemungkinan yang mungkin terjadi dan cukup presisi agar bisa digunakan tetapi tidak terlalu presisi karena ada kemungkinannya tidak akurat. 

Sebagai contoh saat kita mencoba untuk menebak jumlah permen dalam wadah. Jika 50 yang terlihat dan volume total dari wadah tersebut terlihat sekitar 20 kali lebih besar dari volume yang ada dibagian permen terlihat maka dengan proyeksi sederhana akan diperkirakan 1000 buah permen ada didalam wadah

Penutup 


Demikianlah artikel mengetai arti kata estimasi dan berbagai penjelasannya. Semoga informasi diatas dapat menjadi penambah wawasan dan pemahaman tentang arti kata ini. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

Referensi
https://kbbi.web.id/

Posting Komentar untuk "Apa Arti Kata Estimasi? Ini Penjelasannya"